Adam Zeng Xuezhong, Bos ZTE yang Membuat Perusahaan Itu Mendunia

1189

Adam Zeng Xuezhong Executive Vice President ZTE Corporation

Adam-Zeng-Xuezhong-Bos-ZTE

LebahMaster.Com – ZTE Corporation saat ini telah menjadi perusahaan penyedia perangkat telekomunikasi terkemuka di dunia. Pamornya kini bisa disejajarkan dengan perusahaan serupa seperti Samsung, Apple dan lainnya. Tentu keberhasilan itu, tak langsung turun dari langit. Ini hasil dari kerja keras yang berasal dari budaya kerja yang dibangun di perusahaan tersebut.

 

Dan salah satu sosok yang punya andil besar membuat ZTE kini mendunia adalah Adam Zeng Xuezhong. Ya, Adam Zeng kini menjadi Executive Vice President ZTE Corporation. Adam Zeng sejak bulan Januari 2014, dipercaya untuk menjadi CEO ZTE Mobile Devices.

 

Sebagai CEO, Adam Zeng bertanggung jawab dalam pengoperasian dan manajemen ZTE Mobile Devices secara global.

 

Naiknya Adam Zeng ke posisi puncak bukan serta merta. Ia merintis karir tahap demi tahap. Sejak bergabung dengan ZTE Corporation di tahun 1996, Adam Zeng memiliki pengalaman di berbagai posisi manajerial dan eksekutif, termasuk menjadi Chief Representative ZTE Guiyang, General Manager Nomor 2 Sales Division, Vice President, dan Senior Vice President.

 

Lalu mulai tahun 2006 sampai tahun 2013, Adam Zeng menjadi Chief Executive di ZTE China dan bertanggung jawab dalam mengawasi operasional perusahaan dalam bisnis solusi untuk operator sampai perangkat mobile.

 

Siapa Adam Zeng? Adam Zeng adalah lulusan Tsinghua University. Di universitas itu, ia mendapat gelar sarjana tekniknya yang diraih pada 1996. Lalu pada tahun 2007, Adam Zeng mendapatkan gelar master dari program EMBA di universitas yang sama.

 

Dalam sebuah wawancara, Adam Zeng mengungkapkan rahasia keberhasilan ZTE Mobile Device. Menurutnya, kemajuan serta keberhasilan yang sekaran diraih ZTE tak lepas dari budaya kerja yang dibangun.  Di ZTE Mobile Devices, budaya perusahaan tidak hanya sebatas kualitas, atribut-atribut yang mewakili kondisi kerja perusahaan, ataupun apa yang menginspirasi cita-cita. Budaya bukanlah sesuatu yang bisa dipaksakan oleh manajemen senior pada karyawan kami. Kata Adam Zeng, budaya kerja di ZTE unik, dibentuk oleh ide-ide dan nilai-nilai dari karyawan di semua level, di setiap bagian dari perusahaan.

 

Menjadi perusahaan yang beroperasi di lebih dari 160 pasar di seluruh dunia, membuat budaya di ZTE semakin beragam. Namun berbicara secara lebih luas, konsensus di ZTE Mobile Devices adalah budaya yang dibangun di atas fondasi dedikasi. Budaya perusahaan ini dapat dilihat dari hampir semua hal yang dilakukan, terutama pada nilai inti perusahaan yaitu:  berorientasi terhadap sumber daya manusia, berkomitmen pada kolaborasi dan transpirasi oleh inovasi.

 

Nilai-nilai inti tersebut adalah dasar dari kesuksesan jangka panjang kami. Inilah yang membuat ZTE Mobile Devices menjadi tempat yang benar-benar unik untuk bekerja, dan menjadi alasan mengapa beberapa karyawan kami bertahan bekerja dengan kami sepanjang kariernya,”tuturnya.

 

Lalu bagaimana ZTE Mobile Devices mendukung para pegawainya? Adam Zeng menerangkan, Sumber daya manusia adalah jantung dari sebuah bisnis. Secara global, ZTE Mobile Devices telah menciptakan lingkungan yang terbuka dan memperhatikan setiap individu. Sehingga karyawan merasa dipercaya, dihargai dan dipicu untuk membuat perbedaan.
Ia ingin karyawan ZTE tumbuh berkembang bersama, dari mulai staff junior dan karyawan baru, hingga manajemen senior. Secara singkat, ‘Reverse Mentor Program’ ZTE adalah sebuah inisiatif dimana staff junior membimbing manajemen senior.

 

Karena kami percaya bahwa karyawan yang lebih muda memiliki banyak hal yang bisa dibagi,” ujarnya.

 

Adam Zeng melanjutkan, bekerja untuk perusahaan teknologi besar manapun akan dihadapkan pada alur kerja yang cepat, dan sewaktu-waktu penuh tekanan tinggi. Karena itu, untuk menciptakan sebuah lingkungan kerja yang sehat dan menyenangkan, ZTE secara reguler mengadakan kegiatan olahraga, acara-acara team building dan kegiatan outdoor untuk mengganjar kerja keras dengan kegiatan yang santai dan menyenangkan. Di ZTE Mobile Devices, porsi kerja dan sesuatu yang fun itu sejajar.

 

Dan kami mendorong satu sama lain untuk menemukan kesenangan dalam pekerjaan yang kami lakukan,” katanya.

 

Keberagaman kata Adam Zeng Xuezhong, adalah satu hal yang sangat penting bagi perusahaan. Dan semua berdedikasi untuk memastikan kesetaraan di semua departemen dan di setiap negara operasional ZTE.

 

Kantor ZTE Mobile Devices yang berjumlah 10.000 dan tersebar di seluruh dunia merepresentasikan keberagaman latar belakang dan bentuk kehidupan,” ujarnya.

 

Saat ditanya bagaimana dukungan ZTE Mobile Devices untuk pegawai wanita? Adam Zeng menjawab, semua bekerja tanpa henti untuk mempromosikan kesempatan yang sama bagi wanita di semua level bisnis. Dan ZTE Mobile Devices, secara aktif mendorong mereka untuk menduduki peran di posisi manajemen maupun teknis.

 

Dan faktor penting di balik kesuksesan ZTE Mobile Devices kata Adam Zeng, adalah komitmen pada kolaborasi. Secara eksternal, semua karyawan memiliki hubungan kuat dengan mitra-mitra ZTE di seluruh penjuru dunia, dari mulai operator telekomunikasi, hingga tim olahraga dan kanal e-commerce. Secara internal, seperti halnya perusahaan sukses lainnya, ia mengetahui bahwa ZTE tidak akan bisa sukses tanpa tim yang mampu bekerja bersama-sama secara efisien. Langkah besar yang di terapkan untuk meningkatkan kolaborasi internal di seluruh jaringan operasional global ZTE adalah pengenalan program kolaborasi internal baru.

Ia mencontohkan ‘One ZTE’. Diluncurkan pada tahun lalu, ‘One ZTE’ adalah program yang bertujuan untuk menghubungkan karyawan-karyawan ZTE yang berbeda lokasi dengan lebih baik. Sebagai bagian dari program ini, ZTE Mobile Devices menciptakan platform internal baru bernama ‘Share’, yang didesain dengan tujuan memberi kesempatan kepada semua orang untuk bersuara di perusahaan dan saluran untuk berinteraksi.

 

Kami tidak akan menjadi seperti sekarang ini tanpa mempertahankan upaya tanpa henti untuk berinovasi. Kami berusaha keras menciptakan sebuah atmosfer yang memungkinkan tumbuh kembangnya inovasi di tiap sudut tempat kerja kami,” tuturnya.
ZTE Mobile Devices melakukannya dengan cara mempromosikan lingkungan yang terbuka dan bebas bagi karyawan untuk berkreasi serta menginspirasi. Tujuannya adalah menjadi pemimpin global untuk brand elektronik konsumen. Tanpa inspirasi untuk berinovasi, ZTE Mobile Devices tidak akan mampu meraih tujuan tersebut. Di ZTE Mobile Devices, tidak ada seorangpun yang ‘hanya sebatas karyawan’.

 

Kami adalah para penemu, pemecah masalah dan visioner di perusahaan. Kami terinspirasi oleh kerja keras masing-masing dari kami dan piranti yang kami ciptakan untuk para konsumen. Dan justru budaya kami yang dibangun di atas dedikasilah yang memungkinkan kami untuk mempertahankan pekerjaan luar biasa ini,” ujar Adam Zeng.

Sumber tulisan: fortunepr.com

 

Baca Juga : Ini Keunggulan Jaringan 4G Hybrid Smartfren