Meraih gelar Doktor setelah Sang Nenek Berusia 102 Tahun

Nenek Berusia 102 Tahun Raih Gelar Doktor

Lebahmaster.com – Nenek berusia 102 tahun ini bernama Ingeborg Rapoport asal berlin, jerman, ia mengabdikan diri selama 77 tahun hingga akhirnya berhasil meraih gelar doctor sekaligus penggalan cap Nazi dari dirinya. Rapoport yang juga memiliki nama lain yaitu Syllm mulai mengisahkan perjalanannya meraih gelar doctor pada 1938 silam. Saat itu ia berusia 25 tahun , namun sayangnya pada waktu usianya yang masih muda itu ia belum sempat dinobatkan sebagai seorang doctor karena waktu itu negaranya sedang dalam kondisi gawat akibat serangan nazi yang dipimpin oleh Adolf Hitler ke negaranya.
Lataran masuknya Nazi ke negaranya membuat usaha Rapoport dalam meraih gelar gagal dan musnah alasannya karena ibu kandung Rapoport merupakan penganut yahudi, walaupun dirinya sendiri pemeluk Kristen protestan pihak nazi tetap tidak memberikan izin kepadanya untuk mendapat gelar doctor karena dia dicap sebagai keturunan Yahudi oleh nazi.
Keberadaan ilmu medis saya berubah menjadi puing-puing,” kenang Rapoport. Ia ingat betul bagaimana pada waktu itu dirinya diberikan cap gagal dalam pengujian meraih gelar doctor dan tidak dapat lagi kesempatan untuk melanjutkan studynya.
Itu memalukan bagi ilmu pengetahuan dan tentu saja rasa malu bagi Jerman,” ujar Rapoport, seperti dilansir pada laman Independent.
Kemudian setelah terjadinya pelarangan tersebut, Rapoport muda memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat tanpa membawa bekal uang sepeser pun. Setelah samapi di Amerika untuk Rapoport mengabdikan dirinya dengan menjadi pengajar di bidang Ilmu pengetahuan Kodekteran, ia magang di sebuah Rumah Sakit di daerah Brooklyn, Baltimore dan Ohino.
Berkat kegigihannya Rapoport mampu menarik simpati banyak sekolah, iapun akhirnya ditempatkan di 48 sekolah berbasis kedokteran yang akhirnya mengantarkan dirinya sebagai sosok yang aktif berkiprah di Medical College Of Pennsylvania di Philadelphia.
Sepanjang usianya Rapoport sangat setia mengabdikan dirinya sebagai pengajar ilmu kodekteran dan memperjuangkan pendidikan selama berpuluh tahun lamanya, akhirnya ia berhasil membuat pihak University Of Hamburg yang akhirnya memutuskan untuk memberikan penghargaan kepada Sang Nenek Inspiratif ini.
Pihak Universitas Of Hamburg datang langsung kerumah Rapoport di berlin Timur untuk melakukan pengujian lisan terhadap Si Nenek. Hasilnya, sang nenek berhasil meraih gelar doctor dan turut mengikuti upacara khusus menyerahan gelar doctor di university of Hamburg.
Rapoport menyampaikan kegembiraan yang teramat dalam atas keberhasilan dirinya meraih gelar doctor yang sudah sejak lama ia perjuangkan dan semua keberhasilanya itu ia dedikasikan untuk semua korban kekejaman Nazi.

 

Saya tidak ingin mempertahankan tesis saya untuk kepentingan saya sendiri. Setelah semua yang terjadi, di usia 102 tahun, semua ini tidak mudah bagi saya. Saya melakukannya untuk para korban,” Ujar Nenek berusia 102 Tahun ini.
Demikianlah sekilas kisah perjuangan Nenek berusia 102 tahun dalam memperjuangkan pendidikan yang akhirnya berdampak pada keberhasilan beliau meraih impian mendapatkan gelar doctor walau diterimanya setelah lanjut usia. Semoga perjalanan sang nenek bisa menginspirasi kita semua tentang bagaimana perjuangan dalam mewujudkan impian itu tidak memandang usia, selama kita memiliki tekad yang kuat dan iklas menjalani apa yang kita perjuangkan yakinlah selalu ada jalan kemudahan terbuka lebar.

 

Baca Juga : Ilmuan Indonesia Kelas Dunia Yang Tak Kalah Cerdas Dengan Bj Habibie