SBY Usung Putranya Sebagai Penantang Ahok

SBY Majukan Anaknya Menantang Ahok

LebahMaster.com – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau biasa disapa Ahok, sudah resmi bakal maju lagi berpasangan dengan wakilnya sekarang, Djarot Saiful Hidayat. Pasangan ini, diusung oleh beberapa partai yaitu PDIP, NasDem, Hanura dan Golkar. Beberapa hari yang lalu, duet Ahok-Djarot sudah mendaftar secara resmi ke KPUD DKI Jakarta. Bahkan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDIP ikut mengantar ke komisi pemilihan Jakarta.

Publik pun menunggu siapa yang jadi penantang Ahok. Sampai Kamis malam, belum ada kejelasan siapa penantang Ahok. Partai Gerindra yang berkoalisi dengan PKS memang sudah memunculkan nama Sandiaga Uno sebagai calon gubernur. Tapi, siapa kawan duetnya, belum jelas juga.

Sempat muncul spekulasi Sandi bakal dipasangkan dengan Yusril. Isyarat keduanya bakal berduet terlihat saat Yusril dan Sandi menghadap Prabowo Subianto, Ketua Umum Gerindra di kediamannya, di Jakarta Selatan. Ternyata, sampai pertemuan usai, duet Sandi-Yusril tak kunjung diumumkan.

Kemudian muncul skenario baru, Sandi kabarnya akan dipasangkan dengan Anies Baswedan, mantan Menteri Pendidikan Jokowi. Sandi kabarnya rela turun pangkat jadi calon wakil gubernur, jika Anies mau maju jadi calon gubernur. Tapi skenario paket Anies-Sandi juga tak kunjung jelas. Belum ada pengumuman dari kubu Gerindra dan PKS, mengenai siapa yang diusungnya.

Namun memang dinamika politik jelang pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta cukup tinggi. Awalnya peta kekuatan terbagi dua. Tapi, setelah PDIP resmi mencalonkan Ahok dan Djarot, kekuatan partai terbelah jadi tiga kubu. Satu kubu dimotori PDIP bersama dengan Nasdem, Hanura dan Golkar. Kubu kedua, Gerindra yang menggandeng PKS.

Kubu terakhir, adalah kubu koalisi kekeluargaan yang diinisiasi oleh SBY, Ketua Umum Partai Demokrat. Kubu ini beranggotakan Demokrat, PAN, PKB dan PPP. Kamis malam, para petinggi partai tersebut bertemu di kediaman SBY di Cikeas untuk menggodog siapa yang bakal diusungnya. Menjelang Jumat dini hari, beredar isu dikalangan wartawan, koalisi kekeluargaan bakal mengusung Agus Harimurti Yudhoyono, putra sulung SBY. Pasangannya Sylvia Murni, salah seorang deputi Gubernur Ahok.

Hingga pukul 01.00 dini hari belum ada kejelasan siapa yang jadi penantang Ahok. Hingga kemudian pagi hari, media-media online mulai gencar memberitakan pencalonan Agus Harimurti sebagai calon gubernur. Para petinggi partai di koalisi ‘Cikeas’ membenarkan jika Agus yang akan diusung berduet dengan Sylvia Murni. Ketua Umum PPP, Romahurmuziy, membenarkan jika kubunya sudah memutuskan bakal menggadang Agus untuk maju ke pertempuran pemilihan gubernur.

Agus sendiri saat ini masih tercatat sebagai tentara aktif dengan pangkat Mayor. Jabatan Agus di TNI adalah Komandan Batalyon 203/Arya Kamuning, batalyon dibawah naungan Kodam Jaya. Maka dengan pencalonan itu, Agus harus mundur dari TNI. Aturan Pilkada memang mewajibkan bagi anggota TNI dan Polri yang maju ke pemilihan untuk mundur dari institusinya.

Publik pun kini tinggal menunggu siapa pasangan yang diusung koalisi Gerindra-PKS. Apakah Sandi tetap jadi cagub? Atau justru jadi cawagub? Apakah Anies Baswedan jadi maju? Atau justru Yusril yang bertarung? Semua belum jelas.