Akibat Kurang Serat Di Dalam Tubuh

1823

Akibat kurang Serat Bagi Kesehatan

Makanan Mengandung Serat, Akibat Kurang Serat
Akibat kurang serat bagi kesehatan tubuh akan menimbulkan berbagai penyakit yang berbahaya bagi kesehatan kita, karena serat merupakan salah satu dari sekian unsure yang di perlukan untuk menunjang kesehatan tubuh manusia.

Akibat kurang serat bagi kesehatan seringkali tidak begitu di perdulikan oleh sebagian manusia di karenakan mereka lebih suka mengkonsumsi makanan yang serba instan, lebih suka membeli jajanan yang tidak terdapat kandungan serat, terlebih bagi sebagian anak – anak mereka sangat suka sekali jajan ketimbang harus mengkonsumsi makanan yang berserat seperti buah – buahan dan sayuran. Padahal jika sedikit saja kita memberikan perhatian akan pentingnya asupan serat kedalam tubuh maka tentunya kita akan mengetahui banyak sekali akibat negative yang di timbulkan akibat kurang serat yang masuk kedalam tubuh.

Akibat dari kekurangan serat di dalam tubuh para peneliti dan ahli kesehatan telah banyak sekali memaparkan bahayanya, diantara penyakit yang akan timbul akibat kurang serat adalah sebagai berikut:

Kurang serat mengakibatkan timbulnya penyakit Diabetes
Kurangnya serat yang di konsumsi oleh kita dapat memicu timbulnya penyakit diabetes, tahukah anda bahwa serat berperan penting dalam pencegahan diabetes, mengkonsumsi makanan yang mengandung serat mampu mengurangi resiko terserang diabetes sampai 28%. Bagi wanita yang kurang asupan serat kedalam tubuhnya beresiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Seimbangkan tubuh anda dengan mengkonsumsi makanan yang berserat.
Pada anak kecil yang masih perlu di haluskan makanannya cara ini menyebabkan mereka kekurangan asupan serat yang masuk kedalam tubuhnya.

Kurang serat menjadi pemicu terkena Kanker
Penyakit kanker tidak hanya disebabkan oleh hal lain, melainkan juga bias di karenakan kurangnya serat yang masuk kedalam tubuh, kurang serat akan membentuk sel – sel kanker di dalam tubuh. Selain itu juga bias menyebkan adanya luka pada bagian usus besar kita. Berdasarkan hasil penelitian dari cancer institute terdapat 1/3 manusia meninggal dunia di akibatkan penyakit kanker yang salah satu penyebabnya akibat kurang serat.

Kurang serat pemicu naiknya kadar gula
Kurang serat juga menjadi pemicu naiknya kolesterol atau kadar gula dalam tubuh manusia, hal ini seperti yang telah disebutkan diatas akan menjadi penyebab timbulnya penyakit diabetes yang berbahaya bagi kesehatan.

Selain akibat diatas yang ditimbulkan oleh akibat kurang serat yang masuk kedalam tubuh juga akan menjadi penyebab beberapa penyakit berikut: obesitas, hiperlipidemia, kencing manis, kanker usus besar, hipertensi, wasir, penyakit divertikulosis, aterosklerosis, batu empedu, hernia, sakit gigi, penyekit sembelit susah buang air besar, menyebabkan barat badan menjadi naik di luar kewajaran, kurangnya serat juga akan menjadi penyebab terkena penyakit jantung yang sangat berbahaya bahkan mengancam nyawa bagi penderitanya.

Itulah diantara akibat kurang serat yang masuk kedalam tubuh kita, sebaiknya mulailah untuk memaksimalkan asupan serat yang cukup kedalam tubuh kita masing – masing agar kesehatan terus terjaga dan hidup bias selalu bahagia karena sehat akibat asupan serat selalu terpenuhi.

Waspadalah akan akibat kurang serat di dalam tubuh sejak dini sebelum sakit datang menyapa.

Baca Juga :

7 Makanan Sehat Untuk Jantung