Anak Anda Alami Mimisan? Jangan Khawatir ! Ini Sebab Dan Cara Mengatasinya

61


Ketika anak anda berada pada kisaran 3 sampai dengan 10 tahun, mimisan adalah masalah kesehatan yang biasa terjadi. Setidaknya mimisan akan terjadi satu sampai 2 kali ketika anak berusia sekitar 3 sampai 10 tahun.

Akan tetapi, mimisan juga bisa menjadi indikasi bahwa anak sedang sakit. Namun tenang saja bunda karena ketika anak berusia sekitar 3 sampai 10 tahun jarang ada kasus mimisan pada anak yang berujung pada akibat yang fatal. Jadi, jika anak anda mengalami mimisan anda tidak perlu buru – buru panik bunda. Kenali penyebabnya dan segera atasi.

Sehubungan dengan hal tersebut disini kami akan berikan untuk anda penyebab dan cara mengatasinya. Yuk simak bunda!

Penyebab Mimisan Dan Cara Mengatasinya

Pertama, kita akan bahas dulu mengenai apa saja yang menjadi penyebab mimisan pada anak. Salah satu penyebab mimisan pada anak diantaranya…

Penyebab Mimisan Pada Anak

  • Polusi : Polusi udara yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti kendaraan bermotor dan asap rokok ini dapat menimbulkan iritasi pada selaput lendir anak sehingga hal ini bisa mempengaruhi kesehatannya dan salah satunya juga menimbulkan mimisan.
  • Udara dingin : Pada anak yang sangat sensitif dengan udara dingin, udara dingin ini dapat menyebabkan mimisan. Untuk mencegahnya anak dapat mengenakan pakaian tebal agar udara dingin tidak terasa.

Lantas, setelah anda tahu beberapa hal yang menyebabkan mimisan, bagaimana cara untuk mengatasinya?

Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak

  • Gunakan Daun Sirih

Langkah pertama anda tempatkan si kecil pada posisi yang tepat, selanjutnya anda kenakan daun sirih untuk menghentikan aliran darah saat anak mimisan. Ambil daun sirih yang telah dicuci bersih kemudian anda gulung menjadi seukuran lubang hidung anak anda dan sumpalkan di lubang hidung anak anda sampai mimisan berhenti.

  • Gunakan Es Batu

Selain menggunakan daun sirih, cara selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu menggunakan es batu. Caranya letakkan es batu dalam kantung kompres kemudian letakkan kantung kompres tersebut diantara hidung dan kening anak anda. Es batu yang dingin ini dapat mengecilkan pembuluh darah sehingga mimisan akan berhenti.

Nah, demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami sampaikan kepada anda. Semoga informasi diatas mengenai Penyebab Mimisan Dan Cara Mengatasinya bermanfaat.