Anggawira - Ketua Hipmi - Anak Muda Harus Menjadi Penggerak Ekonomi Pedesaan

Lebahmaster.com , Jakarta, anak muda penggerak ekonomi pedesaan – Indonesia diramalkan menjadi raksasa ekonomi  di Asia dan dunia.  Tapi disisi lain, pertumbuhan ekonomi yang terjadi  justru melahirkan kesenjangan ekonomi dan sosial. Ini terlihat dari gini ratio yang semakin melebar. Hal ini harus menjadi perhatian  pemerintah, dunia usaha  dan menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk anak muda. Anak muda, harus menjadi penggerak ekonomi, terutama di pedesaan.

 

Anak muda, harus menjadi penggerak ekonomi. Menjadi bagian dari upaya mencari strategi dan cara untuk menciptakan pertumbuhan yang berkualitas, pertumbuhan yang adil dan mensejahterakan,” kata AnggaWira, Ketua Organisasi dan Forum Dialog Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi).

 

 

Apalagi, setiap tahunnya, terdapat  1,2 juta angkatan kerja baru yang muncul. Dari jumlah itu, hanya sekitar 500 ribu orang yang mendapatkan pekerjaan disektor formal. Sisanya harus menunggu terserap di dunia kerja. Menurut Angga, persoalan ini lambat laun bakal jadi bom waktu yang sewaktu-waktu dapat meledak. 

 

 

Ini juga berpotensi menciptakan permasahan sosial yang kompleks, “ kata Angga.

 

Untuk itu kata dia, Hipmi, bersama segenap stakeholder generasi muda yang aktif di dunia usaha mengajak semua elemen bangsa yang peduli untuk berkontribusi aktif, terutama membuka dan mendorong pertunbuhan ekonomi yang berkeadilan. Serta ikut mendorong terciptanya lapangan pekerjaan disemua wilayah.

 

Sehingga bisa tumbuh pusat-pusat ekonomi baru di pedesaan, diberbagai wilayah diseluruh Indonesia,” kata dia.

 

Pertumbuhan yang berkeadilan kata Angga, bisa tercapai jika kebijakan, program dan anggaran pemeritah tepat sasaran. Selain memang regulasi yang ada memberikan kemudahan bagi tumbuhnya sektor usaha, dan memberikan insentif bagi pengusaha pemula, terutama wirausahawan muda.

 

Baca Juga : Dari Tembakau, Petani Bisa Bangun Rumah

 

Pemerintah juga harus  mendorong perbankan agar bisa memberikan akses kemudahan khususnya untuk sektor-sektor usaha yang memenuhi hajat hidup orang banyak seperti pangan dan energi, “ ujarnya.

 

 

Ia yakin, dengan potensi sumber daya alam serta letaknya  yang strategis,  Indonesia bisa menjadi Negara yang maju. Tentu yang tak kalah penting, hadirnya kepemipinan yang ada mampu mengarahkan, serta memberikan empowering kepada masyarakatnya. Hipmi, sebagai wadah wirausahawan muda,  ingin menjadi bagian dari terwujudnya pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan.

 

Hipmi, bersama para anggotanya telah menghimpun dana sebesar 500 milyar rupiah yang kami berinama Hipmi Fund, untuk mengerakan sektor perekonomian bidang infrastruktur, pertanian dan energi. Kami harapkan dana ini sebagai inisiasi awal dan dapat didukung oleh perbankan sehingga percepatan pembangunan khususnya di pedesaan bisa tercapai dengan cepat,” tuturnya.