Tips Agar Rajin Menabung Di Usia Muda

Tips Menabung Di Usia Muda
LebahMaster.Com – Rajin menabung di usia muda pada jaman yang sudah modern seperti sekarang ini merupakan hal yang sangat penting sekali untuk dibiasakan terutama bagi anak muda, belajarlah untuk mulai bagaimana cara mengelola keuangan dengan bijak, jangan sampai sudah kepepet di timpa ember karena terlilit hutang hanya karena keinginan yang tidak ada manfaatnya bagi masa depan anda.

Menabung selain akan bermanfaat untuk masa muda anda juga akan sangat bermanfaat sekali jika kebiasaan menabung bisa terbawa sampai ketika nanti anda sudah berumah tangga, dengan begitu anda akan lebih mudah mendapatkan hal – hal yang anda inginkan karena sudah memiliki tabungan yang bisa anda keluarkan disaat benar – benar dalam keadaan kepepet. Berbeda kalau sekarang anda malah punya banyak hutang apalagi sampai terbawa ke berumah tangga akan semakin sulit nantinya bagi anda untuk melunasinya, karena tanggung jawabnya sudah double.

Sebagian orang mengaku menabung itu sangat sulit untuk dilakukan, sebenarnya tidak sulit asal anda mempelajari tipsnya, berikut beberapa tips agar bisa menabung di usia muda sebagaimana di lansir pada LifeHack.org, Selasa ( 27/1/2015):

Cara menabung di usia muda:

1. Mulai Menyusun Anggaran dan mematuhinya
Biasakan diri anda untuk selalu menuliskan semua pengeluaran dan pemasukan yang anda miliki, tuliskan juga mana yang lebih prioritas harus di dahulukan untuk anda beli.

Buatlah laporan keuangan sederhana, sekarang mudah dilakukan bisa pake Microsoft exel atau jika tidak lakukan pencatatan secara manual semua transaksi yang anda lakukan. Hal ini kan membuat anda bisa menahan diri dari mengeluarkan uang untuk hal yang tidak terlalu penting, berusahalah untuk mematuhi apa yang telah anda rencanakan tersebut, jadilah jujur pada diri sendiri.

2.Membuat rekening di bank
Peran menabung selain untuk keperluan prioritas juga sangat membantu apabila suatu saat anda berhenti atau keluar dari pekerjaan anda saat ini, menabung juga bisa menyelamatkan hidup anda ketika sudah tidak ada pemasukan dari pekerjaan karena PHK atau yang lainnya. Anda bisa membuat rekening bank sebagai media penyimpanan uang tabungan anda.

3. Belilah barang yang benar – benar sesuai kebutuhan anda
Musuh anak muda sekarang tidak bisa menabung karena mudah tergiur iklan menarik yang menawarkan barang baru, padahal sebenarnya dia tidak terlalu membutuhkan hal itu atau hanya sekedar ingin saja, cobalah sekarang anda berusaha menahan nafsu sendiri ketika terbesit dihati ingin membeli hal – hal yang sebenarnya tidak terlalu anda butuhkan, dengan begitu uang anda akan bisa masuk tabungan.

4. Ikut asuransi dan berinvestasi
Ikut asuransi jangan hanya dikira penting bagi orang tua saja, anak muda juga penting untuk mulai memikirkan hal ini, misalkan ikut asuransi kesehatan, pendidikan yang benar – benar terpercaya , dengan begitu anda akan meminimalisir biaya untuk berobat ketika sakit dan juga saat ingin melanjutkan pendidikan lebih tinggi.

Ikut berinvestasi yang terpercaya seperti Properti dll. dengan begitu uang anda tidak hilang namun akan bertambah seiring berkembangnya bisnis yang anda ikut menanam odal didalamnya, ingat pilihlah investasi yang benar – benar terpercaya, waspadai juga penipuan berkedok investasi dengan iming – imning keuntungan besar sebelum anda tahu persis bisnisnya.

5. Kurangi kebiasaan berlebihan sebelumnya
Jika biasanya anda sekali jajan sampai 100 ribu perhari, sekarang belajarlah untuk mengurangi jatah misalkan dengan mengurangi 20 % dari uang jajan anda untuk ditabungkan, nanti anda akan kaget setelah lama waktu berlalu uang tabungan anda sangat banyak meskipun hanya dari menyisihkan uang jajan.

Itulah 5 Tips agar bisa menabung di usia muda, semoga dengan rajin menabung anda beruntung dan cepat jadi anak muda yang kaya dan sukses diusia muda. Aamiin.

Related :

14 Cara Menjadi Orang Sukses Di Usia Muda