Apakah Menjadi Smartphone Paling Tipis Berarti Segalanya?

2467

Smartphone Paling Tipis Seperti Apa sebenarnya…

Smartphone Paling Tipis Sedunia Vvo X3
Smartphone Paling Tipis Sedunia Vvo X3

Smartphone Paling Tipis – Semua vendor android tengah berlomba-lomba untuk mendapatkan gelar smartphone paling tipis sedunia. Baru saja Oppo R5 memperoleh gelar smartphone paling tipis, selang beberapa bulan vivo mengambil gelar itu dari Oppo dengan lahirnya vivo x5max (http://vivoglobal.id/product/x5pro/). Belum lama juga, Ivvi mulai mengabarkan bahwa mereka akan meluncurkan smartphone yang lebih tipis lagi. Namun, sejauh ini smartphone yang paling tipis masih dipegang oleh vivo x5max dengan ketebalan hanya 4.8 mm saja.

Pertanyaannya adalah kenapa harus berlomba-lomba menjadi smartphone paling tipis? Apa menjadi brand penghasil smartphone paling tipis berarti menjadi brand yang lebih baik? Dan apa aja yang dikorbankan oleh vendor smartphone untuk membuat produknya lebih tipis daripada smartphone milik kompetitor? Terakhir, di mata pengguna apakah smartphone tipis menjadi salah satu hal yang menjadi pertimbangan mereka saat memutuskan untuk membeli smartphone?

Jika dilihat dari kacamata industri, smartphone yang lebih tipis berarti kemampuan desain industri dari brand yang lebih bagus. Bayangkan, ada puluhan komponen yang harus disusun sedemikian rupa dalam sebuah smartphone yang terhubung dengan baik dan dapat menghasilkan produk yang lebih tipis dari produk sebelumnya.

Smartphone Paling Tipis

Sebagian besar orang berpikir bahwa smartphone yang lebih tipis berarti penggunaan baterai yang berkapasitas lebih kecil karena semakin minimnya ruangan smartphone yang dapat dimanfaatkan. Dari dua smartphone yang mendapatkan gelar smartphone paling tipis, vivo x5max dan oppo R5. Vivo x5max hadir dengan kapasitas 2300mAh, sementara Oppo R5 hadir dengan kapasitas 2000 mAh. Dengan selisih 0,1 mm lebih tipis, Vivo x5max terbukti mampu mengungguli Oppo dengan selisih 300 mAh. Selain itu, vivo x5max juga dilengkapi dengan 3.5mm jack yang tidak mampu didukung oleh oppo R5. Dari spesifikasi yang ditawarkan oleh vivo x5max, vivo dapat berbangga akan kemampuan timnya dalam memproduksi sebuah smartphone yang apik dan terencana dengan baik.

Sebuah penelitian sederhana yang dilakukan oleh idownloadblog.com untuk melihat apakah pengguna smartphone mementingkan iPhone yang lebih tipis atau memilih baterai dengan kapasitas yang lebih besar. Dari 3.095 total vote yang terkumpul, 85% memilih kapasitas baterai yang lebih besar. Sementara baru 15% sisanya yang memilih iPhone yang lebih tipis. Jadi, dari sudut pandang pengguna berarti tipis tidaknya sebuah smartphone menjadi pertimbangan saat kebutuhan mereka akan kapasitas baterai.

Smartphone Paling Tipis Sedunia

Well, vivo memperlihatkan bahwa body yang lebih tipis tidak serta merta menunjukkan kapasitas baterai yang lebih kecil juga. Sekali lagi, kemampuan tim desain diuji dan ditantang untuk memperoleh smartphone yang lebih tipis dan dalam waktu yang bersamaan juga lebih bagus spesifikasinya. Sepertinya pernyataan smartphone yang lebih tipis menunjukkan spesifikasi yang berkurang sudah tidak relevan, kan?

Menjawab pertanyaan paling awal, apakah menjadi brand penghasil smartphone paling tipis berarti segalanya? Dengan syarat bahwa spesifikasi yang ditawarkan sama atau lebih baik, smartphone yang lebih tipis tentu menunjukkan kemampuan tim yang lebih bagus jika ditinjau dari segala aspek. Dan menunjukkan kemajuan teknologi. Terlepas apakah pengguna menginginkan smartphone yang lebih tipis ataupun tidak, kemampuan produksi smartphone paling tipis layak diapresiasi.

Penulis : Alfi Ramadhatillah

Baca Juga : Ini Dia, Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S6 Mini