Apakah Mentega Baik Bagi Penderita jantung? Ini Jawabannya

1042

Penderita JantungKonsumsi Mentega

Lebahmaster.com – Penderita Jantung sangat tidak dibenarkan sembrangan mengkonsumsi mentega, terlebih sebagaimana kita tahu mentega dikenal sebagai makanan yang mengandung tinggi kolesterol jahat dan lemak jenuh. Selain itu mentega juga dapat memperburuk kondisi dalam jangka panjang bagi penderita penyakit jantung.

 

 

Menurut Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia Prof Dr Ir H Hardinsyah MS menjelaskan, untuk menjalani program diet bagi penderita jantung harus spesifik, harus menyesuikan apakah penderita jantung memiliki kondisi tubuh gemuk atau kurus.

 

 

Kalau orang nomal ada anjuran dari Kementerian Kesehatan soal asupan gula, garam dan lemak (GGL). Untuk pasien jantung harus konsultasi dengan dokternya agar tak berlebihan,” ujar Prof Hardin saat ditemui di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan, Selasa (10/11/2015).

 

 

Bagi orang normal, asupan GGL normal dianjurkan untuk mengonsumsi gula sebanyak empat sendok makan (50 gram), garam satu sendok teh (5 gram), dan lemak lima sendok makan minyak (67 gram) setiap harinya.

 

Tips Agar Jantung tetap Sehat Di Usia 30 Tahun

 

Sementara bagi pasien penderita jantung, tambah Prof Hardin, asupan kolesterol dan lemak tentu dibatasi. Apalagi kalau trans fat dapat membahayakan kondisi penderita jantung.

 

 

Pasien jantung harus hindari trans fat karena membahayakan. Umumnya trans fat banyak ditemukan di dalam kue ulang tahun,” pungkas dia.

 

7 MAKANAN SEHAT UNTUK JANTUNG

 

Untuk itulah bagi penderita jantung hendaklah berhati – hati dalam mengkonsumsi mentega, jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak atau berkolesterol tinggi. Jika keadaan atau jumlah asupan mentega tidak diperhatikan maka akan membawa dampak buruk bagi penderita jantung.