Bank Di Atas Laut Teras BRI
Teras BRI Kapal di Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke di resmikan Oleh Presiden Joko Widodo Jakarta Utara, Selasa (4/8/2015). PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan Teras BRI Kapal yakni unit kerja operasional lengkap di atas sebuah kapal yaitu Bahtera Seva I yang akan menyediakan layanan perbankan bagi masyarakat pesisir di Kepulauan Seribu.

Anda tahu kantor bank? So pasti, tahu. Bank, tak terpisahkan dari kehidupan manusia modern, terlebih di perkotaan. Ya, bank adalah institusi atau lembaga, tempat orang menyimpan uang. Bank pula, adalah tempat orang meminjam dana.

Orang yang simpan uang di bank disebut nasabah. Lewat bank pula, kirim atau tarik uang kian mudah. Cukup via mesin anjungan tunai mandiri atau biasa disebut ATM, orang atau nasabah bank bisa kirim atau menarik uang. Bahkan kini, setor uang ke rekening pun bisa via ATM. Beberapa bank besar, sudah menyediakan ATM yang dilengkapi fasilitas setor tunai.

Nah, selama ini yang kita tahu, bank kantornya selalu di darat. Ternyata, ada juga bank yang kantornya mengapung alias ada di atas air. Adalah Bank Rakyat Indonesia atau BRI, yang pertama kali punya kantor di atas air. Bahkan BRI mengklaim sebagai bank yang punya kantor di atas air.

Kisah kantor bank di atas air itu saya baca di situs Setneg.go.id. Situs tersebut adalah website resmi Kementerian Sekretariat Negara pimpinan Pak Pratikno.

Di situs tersebut, ada berita berjudul “Pertama di Dunia, Bank Diatas Air Milik BRI Diapresiasi Presiden Jokowi,” yang diposting pada 4 Agustus 2015.

Seperti apa kantor bank di atas air milik BRI tersebut? Dalam berita tersebut diuraikan bentuk kantor bank di atas air. Bentuknya sebuah kapal. Tapi kapal tersebut difungsikan jadi kantor bank. Pemiliknya BRI.

Kantor bank atas air milik BRI itu tak diam saja di satu tempat. Tapi, bersifat mobile alias hilir mudik melayani nasabahnya. Rute layanan sendiri adalah pulau-pulau utama di Kepulauan Seribu, gugusan pulau yang masuk wilayah DKI Jakarta. Kantor bank tersebut ada di teras kapal Bahtera Seva I. Kapal ini, punya rute perjalanan melayani warga yang berdiam di pulau-pulau sekitar kepulauan Seribu.

Saya kira, langkah BRI tersebut patut diapresiasi. Ini sebagai bentuk terobosan brilian menjawab kebutuhan para warga yang tinggal di pulau-pulau terpencil. Jadi, warga yang tinggal di pulau-pulau terpencil, tak lagi kesulitan dalam mengakses layanan perbankan. Dengan adanya bank di atas kapal, mereka dijemput bola.

Dalam berita tersebut, Presiden Jokowi mengapresiasi terobosan BRI tersebut, seperti yang dikatakan Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki dalam siaran persnya yang dikutip situs Setneg.go.id. Menurut Pak Presiden, apa yang dilakukan BRI, adalah kreativitas dan inovasi brilian. Ini harus jadi contoh bagi bank-bank lain.

Layanan bank terapung dengan pola kerja jemput bola, menurut Pak Presiden sangat cocok dengan kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Jadi warga yang diam di pulau yang belum ada kantor bank, bisa merasakan manfaatnya. Mereka tak perlu lagi harus pergi ke pulau yang ada kantor bank, yang tentunya perlu ongkos.

Bank sendiri yang akan menjemput kebutuhan nasabah. Bahkan pihak BRI menyatakan Teras BRI yang ada di kapal, tak hanya melayani pulau-pulau di sekitar Kepulauan Seribu. Pihak BRI pun akan mengadakan kapal serupa untuk wilayah Ternate, Baubau, dan Tanjung Selor.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Cek Dan Giro