Belajar Keteladanan Dari Kapolda Kalbar, Brigjen Polisi Arif Sulistyanto

2630

Teladan Kapolda Kalbar, Saat Makan, Lebih Senang Membayari Daripada Dibayari Anggota

 

Kapolda Kalbar Brigjen Polisi Arief Sulistyanto
Kapolda Kalbar Brigjen Polisi Arief Sulistyanto

LebahMaster.Com – Keteladanan Kapolda Kalimantan Barat, Brigjen Polisi Arief Sulistyanto patut dicontoh. Suatu waktu saya menerima broadcast dari pakar komunikasi dan motivator, Mas Aqua Dwipayana. Dalam broadcast-nya, Mas Aqua menceritakan kisah perjalanannya saat mengunjungi Kalimantan Barat.

Kata Mas Aqua dalam broadcast messengernya, Selama tiga hari, sejak Jumat siang 13 Maret sampai Minggu pagi, 15 Maret 2015, ia bersama wartawan senior dan penulis banyak buku, Nurcholis MA Basyari, berada di Kalimantan Barat. Tujuan utamanya adalah silaturahim, diskusi, dan melihat langsung aktivitas Kapolda Kalbar, Brigjen Polisi Arief Sulistyanto. Selain itu membicarakan rencana peluncuran buku tentang Arief berjudul “Salam Zero: Revolusi Mental Mencetak Polisi Profesional Antikorupsi,” karya Kompol Sumarni Guntur Rahayu dengan editor Nurcholis.

Mas Aqua pun menyorot sikap Brigjen Arief. Kata Mas Aqua, kelihatannya sederhana namun sangat mendasar dan pelajaran cukup berharga. Arief selama ini saat makan lebih senang membayari daripada dibayari anggotanya. Itu adalah keteladanan dari seorang pemimpin. Saat di Singkawang seusai mendaki bukit Roban, memenuhi permintaan sebagian anggota rombongan terutama Ibu-ibu, Arief menyetujui makan di resto Bakso 68 di Jalan Diponegoro.

Itu sama sekali tidak ada dijadwal. Konon katanya bakso itu paling enak di Singkawang, di samping Kopi Pangkunya,“kata Mas Aqua dalam broadcast messengernya.

Seperti biasanya, kata Mas Aqua, semua anggota rombongan bebas memesan makanan yang disukainya. Begitu selesai makan, ajudan Arief atau ajudan istrinya yang menyelesaikan seluruh pembayarannya. Umumnya anggota Polda Kalbar sudah paham bahwa Arief tak mau dibayari saat makan bareng. Hal yang sama dilakukannya ketika makan malam di Resto Aliong.

“Hal ini sangat langka dilakukan seorang pemimpin. Biasanya urusan bayar-membayar diserahkan ke anggotanya terutama yang wilayah tugasnya ‘basah’. Arief dengan caranya telah menunjukkan keteladanan. Alhamdulillah,” kata Mas Aqua. By : Agus Supriyatna/@rakeyanpalasara

Baca :

Inilah, Tiga Komjen Polisi Dalam Pusaran Kasus