Anak Presiden Dalam Keberkahan

Berkah Anak Presiden
Berkah Anak ‘Presiden’

LebahMaster.Com – Berkah Anak Presiden, – Menjadi Presiden, mungkin impian paling tinggi dari semua orang. Karena dengan jadi Presiden, ia akan jadi orang nomor satu di sebuah negara. Di Indonesia, sudah tujuh orang yang jadi Presiden. Ketujuh orang itu adalah, Soekarno, Soeharto, Habibie, Gus Dur (Abdurahman Wahid), Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono dan terakhir yang sekarang sedang menjabat adalah Joko Widodo (Jokowi).

Namun yang tak kalah bahagia, adalah anak-anak Presiden. Siapa sih yang tak bangga bila ayah atau ibunya menjadi orang nomor satu di Indonesia. Bapak atau ayah jadi Presiden, sang anak akan ikut naik derajat. Akan sama di hormatinya. Pun, jika ibu atau mamah yang jadi kepala negara, sang anak juga akan sama bangganya. Jadi, status sebagai anak Presiden, status yang sangat istimewa.

Orang bilang, jadi anak Presiden sangat enak. Bahkan ada yang nyinyir mengatakan, dengan jadi anak Presiden, bukan hanya penghormatan yang didapat, tapi fasilitas nomor wahid pun akan dinikmati. Ada juga yang mengatakan, jadi anak kepala negara, adalah jalan paling mudah untuk jadi pejabat. Ibaratnya sang anak mewarisi tuah yang diturunkan bapak atau ibunya yang jadi Presiden. Anggapan itu, bisa benar, tapi bisa juga keliru. Namun memang, dari sekian banyak Presiden di Indonesia, ada beberapa putra dan putrinya yang kemudian mewarisi ‘ tuah’ sang orang tua, menjadi penjabat penting di negeri ini.

Siapa mereka, anak Presiden yang dapat ‘tuah’ dari orang tuanya? Megawati Soekarnoputri adalah salah satunya. Megawati tak lain adalah putri kandung Soekarno, Presiden RI pertama. Mega seperti mewarisi ‘tuah politik’ dari sang ayah. Karena kemudian Megawati mengikuti jejak sang ayah, menjadi Presiden RI kelima.

Lalu siapa lagi, anak Presiden yang seakan dapat ‘tuah’ dari orangnya? Siti Hardiyanti Rukmana atau yang biasa dipanggil Mbak Tutut, adalah anak Presiden yang pernah jadi pejabat penting di Indonesia. Perempuan kelahiran 23 Januari 1949 ini pernah jadi Menteri Sosial Republik Indonesia. Bahkan Mbak Tutut jadi Menteri Sosial di era ayahnya masih jadi Presiden. Jadi, Mbak Tutut diangkat menjadi menteri oleh ayahandanya sendiri, Soeharto. Mbak Tutut menjadi Menteri Sosial dari tanggal 14 Maret 1998 – 21 Mei 1998. Cukup singkat memang, karena sang ayah mengundurkan diri jadi Presiden di tahun 1998. Sang ayah lengser, Mbak Tutut pun kehilangan jabatan.

Ketika Mbak Tutut diangkat Soeharto yang notabene ayahnya sendiri menjadi Menteri Sosial, kritikan ramai ditujukan kepada putri tertua sang Presiden. Pengangkatan Mbak Tutut dianggap bentuk nepotisme. Namun meski banyak menuai kritik Soeharto jalan terus, Mbak Tutut tetap jadi menteri.

Mbak Puan Maharani, adalah putri Presiden berikutnya yang kemudian jadi orang penting di negeri ini, masuk jajaran kabinet. Mbak Puan, adalah putri kandung Megawati Soekarnoputri, Presiden RI yang kelima. Mbak Puan diangkat jadi Menteri oleh Presiden RI ketujuh, Joko Widodo atau Jokowi. Oleh Presiden Jokowi, putri mantan Presiden Megawati itu diangkat menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Nama Penulis : Agus Supriyatna
(Wartawan Media Cetak di Jakarta)

Alamat KTP : Jl. Haji Jian No. 22 RT/RW 004/007, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Alamat tinggal sekarang : Perumahan Sawangan Regensi, Blok K Nomor 19, Bedahan, Sawangan, Depok, Jawa Barat

No HP : 083814705656

Email : agusupriyatna@gmail.com

Twitter : @rakeyanpalasara