Berkutat Dengan Komputer Setiap Hari? Awas! Ini Bahayanya Bagi Kesehatan Anda

38

Mahasiswa, karyawan sampai dengan pebisnis atau penulis setiap harinya berkutat dengan komputer untuk menunjang produktivitas yang dimilikinya karena memang komputer saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan.

Namun satu hal yang harus anda tahu bahwa anda yang berkutat dengan komputer punya bahaya kesehatan lho! Aktivitas mengetik dengan komputer yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan tekanan pada tangan dan menempatkan anda pada resiko carpel tunnel syndrome.

Seperti yang dilansir dari mayoklinik.com, carpel tunnel syndrome ini merupakan kondisi dimana tangan dan lengan terasa seperti mati rasa, kesemutan dan gejala lainnya. Carpel tunnel syndrome ini juga disebabkan oleh saraf di pergelangan tangan yang terjepit.

Dilansir dari thehealthsite.com, ada beberapa gejala carpel tunnel syndrome yang bahaya bagi kesehatan. Mengenai informasinya, yuk langsung saja simak informasi berikut ini!

Bahaya Berkutat Dengan Komputer Bagi Kesehatan

Ada beberapa bahaya yang bisa anda terima jika secara rutin berkutat dengan komputer. Bahaya ini biasanya menampakkan gejala carpel tunnel syndrome seperti yang telah kita uraikan dimuka. Salah satu bahaya carpel tunnel syndrome bagi kesehatan diantaranya :

Nyeri Pada Jari

Ketika anda sering mengetik di keyboard koloni mikroba tendonitis di pergelangan tangan dan ibu jari akan terjadi. Hal ini kemudian dapat menyebabkan rasa nyeri di jari. Dalam beberapa kasus rasa nyeri ini kemudian bisa menyebar hingga menyebabkan nyeri pada leher dan pundak.

Pembengkakan

Sebagian besar orang seringkali menyepelekan yang namanya pembengkakan di tangan. Ini mungkin saja karena pembengkakan bisa hilang dalam waktu beberapa hari.

Akan tetapi jika anda mengalami pembengkakan atau menyebabkan muncul benjolan di tangan setelah bekerja dengan komputer dalam waktu yang cukup lama ini bisa menunjukkan gejala carpel tunnel syndrome yang tentu saja harus ditangani supaya efeknya tidak menyebar.

Kesulitan Menggenggam

Mungkin anda pernah mengalami kesulitan menggenggam sesuatu setelah berlama – lama bekerja dengan komputer? Hal ini memang reaksi karena otot lengan telah dipaksa berkutat dengan komputer dalam waktu yang lama. Dengan kekakuan pada lengan ini kemudian jari akan menjadi lemah. Tak jarang akhirnya anda akan sering menjatuhkan benda yang anda pegang. Jika kondisi ini berlangsung lama tentu anda harus konsultasikan ke dokter.

Semoga informasi yang kami berikan kali ini mengenai Bahaya Berkutat Dengan Komputer Bagi Kesehatan bermanfaat. Yuk pahami gejalanya dan jaga selalu kesehatan anda sejak dini.