BERLEBIHAN DALAM HIDANGAN BUKA PUASA, BOLEHKAH?

1733

Bolehkah, Berlebihan Dalam Hidangan Buka Puasa

Hidangan Buka Puasa
Hidangan Dalam Berbuka Puasa

Puasa Sebentar Lagi akan tiba, dimana setiap muslim dan muslimah memiliki kewajiban untuk melaksanakan ibadah puasa yang telah diperintahkan oleh Allah Ta’ala langsung dalam Al Qur’an Karim.

Sering banyak terjadi pertanyaan pada sebagian kaum muslimin terkait hal – hal yang berkenaan dengan bulan puasa baik amalan dan hokum lainnya.

Berikut kami bagikan pendapat atau Fatwa ulama Saudi Arabia mengenai Hukum apakah boleh berbuka puasa dengan hidangan yang berlebihan?…kami hadirkan dalam bentuk Tanya Jawab yang memang pernah ditayakan langsung kepada Syeikh yang bersangkutan :

Pertanyaan Kepada  Syeikh Ibnu Utsaimin Rahimahullah Ta’ala:
Syeikh .. Apakah membanyakkan makanan dalam menyiapkan berbuka mengurangi pahala puasa?

Jawaban:
Itu tidak mengurangi pahala puasanya, karena perbuatan haram setelah selesai puasa tidak mengurangi pahalanya. Hanya saja itu termasuk dalam cakupan firman Allah Subhanahu wata’alla,

“Makan dan minumlah dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf:31)

Karena berlebih-lebihanitu sendiri tidak baik, sementara kesederhanaan merupakan gaya hidup yang bijaksana. Jika mereka memiliki kelebihan, tentu akan lebih utama jika disedekahkan.

Fatawa ash-Shiyam, Syaikh Ibnu Utsaimin, hal 25

Intinya, dari jawaban Syeikh Ibnu Utsaimin di atas, berbuka puasa dengan hidangan yang berlebihan tidaklah mengurangi Pahala Puasa seseorang dan boleh, akan tetapi berlebihan dalam berbuka merupakan hal yang tidak baik untuk dilakukan, karena Allah Ta’ala tidak menyukai orang – orang yang berlebih – lebihan, sebagaimana yang tertera dalam Ayat Al Qur’an di atas. Semoga Bermanfaat.

Read : TEMPAT PENDIDIKAN TERBAIK UNTUK ANAK