Bocoran Standar Gaji Karyawan Sesuai Posisi Kerja di Indonesia

2884

Kisaran Standar Gaji Sesuai Posisi Kerja

Kisaran Standar Gaji Karyawan – banyak opini yang mengatakan bahwa gji seorang pekerja sering di tentukan oleh posisi yang ia dapatkan pada kantor atau perusahaan tertentu, sehingga anggapan yang sering uncul ialah semakin tinggi posisi kerja seseorang maka semakin besar gajinya. Hanya saja standar seperti ini memang tidak semua perusahaan sama atau cenderung berbeda. Walaupun perbedaan terjadi anatar pemberi pekerjaan dalam menentukan gaji karyawan, rasanya tidak ada salahnya bila kita sedikit mengetahui bocoran kisaran gaji karyawan yang ada di Indonesia.

 

Walaupun tidak menjamin sebagai informasi valid atau sama seperti yang kita sebutkan, tapi setidaknya kisaran gaji karyawan ini akan membantu anda dalam menentukan gaji yang anda inginkan saat ditanya ketika interview kerja terutama saat negosiasi gaji dengan perusahaan yang anda pilih. Berdasarkan apa yang kami peroleh informasinya dari beberapa sumber mengenai kisaran gaji karyawan di Indonesia, berikut bocorannya:

 

1. Gaji untuk Fresh graduate

Gaji fresh graduate atau yang baru lulus pendidikan memang rata – rata masih terbilang kecil dari pada posisi lain. Karena pada masa ini seorang pekerja masih dinilai belum memiliki pengalaman kerja yang mumpuni sehingga tanggung jawab kerja yang diberikan juga masih ringan oleh perusahaan tempat bekerja. Kisaran gaji untuk kelompok fresh graduate yakni Rp 2 – 4 jutaan perbulanya.

 

Tips jika anda ingin dipandang sebagai pekerja professional walau berstatus fresh graduate seperti yang pernah kami bahas sebelumnya yaitu semasa study perbanyak pengalaman kerja anda dengan magang dan menguasai banyak keahlian. Sehingga begitu lulus dan mendapat kerjaan anda sudah siap dengan tanggung jawab kerja yang sebanding dengan para senior anda.

 

2. Kisaran gaji sebagai Asisten manajer

Secara umum untuk mendapatkan posisi sebagai asisten manajer seseorang setidaknya sudah bekerja selama 3 – 5 tahun. Bila posisi ini memang sangat anda ingin dan setelah melalui waktu itu belum juga dipromosikan sebagai asisten manajer maka langkah terbaik mungkin anda harus mencari tempat kerja baru yang memungkin anda untuk mendapatkan posisi yang sama. Standar gaji sebagai asisten manajer di Indonesia ialah sekitar Rp 5 – 8 juta perbulan.

 

3. Posisi sebagai Manajer

Untuk bisa mendapatkan posisi sebagai manajer jika tidak menempuh jalur aman, seseorang setidaknya harus sudah bekerja selama 7 – 10 tahun pada perusahaan tersebut. Sementara itu untuk standar gaji sebagai seorang manajer adalah Kisaran Rp 10-15 juta perbulan, selain dengan gaji segitu anda juga akan mendapatkan fasilitas tambahan seperti tunjangan jabatan dan kendaraan dari kantor.

 

4. Posisi Sebagai  General Manajer

Bila anda mampu mendapatkan posisi sebagai general manajer, ini merupakan prestasi yang lumayan bagus selama karir kerja anda, standar kisaran gaji sebagai seorang general manajer ialah Rp 20 – 30 jutaan per bulannya. Anda juga akan mendapatkan tabahan tunjangan – tunjangan lainnya dari perusahaan tempat anda bekerja.

 

5. Posisi sebagai “ Kepala Divisi atau Direktur”

Posisi yang sangat keren ini akan memanjakan anda dengan kisaran gaji sebesar Rp 50 – 100 juta per bulan. Selain itu anda juga akan mendapatkan tambahan tunjangan istimewa lainnya dari perusahaan. Rasanya dengan gaji sebesar ini akan sangat aman bagi anda untuk tidak berbuat curang saat bekerja jika uang tidak membuat anda menjadi hambanya.

 

6. Owner

Owner adalah impian semua orang, tapi tidak semua orang bisa menjadi owner walaupun sangat ingin, bukan perihal menjadi owner saha melainkan juga bisa menjadi owner yang berhasil mendapatkan penghasilan besar. Dalam posisi ini anda tidak menerima gaji dari orang lain melainkan anda sendirilah yang seharusnya menentukan berapa yang akan anda raih dan anda juga yang harus mengusahakannya untuk anda dan bisnis anda. Anda akan digaji dari bisnis yang anda dirikan dan anda jalankan. Artinya untuk posisi sebagai seorang owner anda tidak ada standar gajinya dan tidak ada batasan bagi anda berapa yang ingin anda dapatkan.

 

Baca Juga : 6 Cara Menghemat Uang Buat Kamu Yang Gajinya Kecil

 

Itulah sedikit bocoran kisaran standar gaji baik karyawan maupun sebagai seorang pemilik bisnis itu sendiri, semoga dengan meningkatnya cara kerja baik anda dalam waktu singkat gaji akan memberikan yang terbaik untuk anda, akan lebih hebat bila anda berani meberikan jaminan bahwa anda sebaiknya di gaji sesui kualitas kerja anda.