Hukum Mencicipi Makanan bagi Orang yang Sedang Berpuasa

Mencicipi Masakan Saat sedang Berpuasa
Hukum Mencicipi Masakan saat sedang Berpuasa

Apakah boleh mencicipi makanan saat sedang memasak sementara kita sedang berpuasa?..pertanyaan ini mungkin juga menjadi pertanyaan di pikiran anda yang belum tahu, untuk agar keraguan anda akan boleh tidaknya mencicipi makanan saat sedang memasak sementara sedang berpuasa kami hadirkan tulisan yang berisi pertanyaan dan jawaban langsung dari Ulama Syeikh Ibnu Jibrin.

Pertanyaan mengenai mencicipi makanan dan jawaban ini benar – benar telah ditanyakan langsung kepada beliau, dan telah dibukukan juga dalam Fatwa ash-Shiyam, disusun oleh Rasyid az-Zahrani.

Berikut pertanyaan dan jawaban mengenai permasalahan boleh atau tidak mencicipi makanan saat sedang berpuasa.

Pertanyaan yang di ajukan:
Apakah seorang juru masak boleh mencicipi masakannya untuk memastikan ketetpan rasa masakan tersebut, sementara ia sedang dalam keadaan berpuasa?…

Jawaban Syeikh Ibnu Jibrin :
Beliau mengatakan : “ Tidak apa-apa mencicipi makanan jika diperlukan yaitu dengan cara menempelkannya pada ujung lidahnya untuk mengetahui rasa manis, asin atau lainnya, namun tidak ditelan, tapi diludahkan, dikeluarkan lagi dari mulutnya. Hal ini tidak merusak puasanya. Demikian menurut pendapat yang kami pilih. Wallahu a’lam “

Syaikh Ibnu Jibrin, Fatawa ash-Shiyam, yang disusun oleh Rasyid az-Zahrani, hal 48.

Itulah jawaban yang Shohih mengenai boleh tidaknya mencicipi makanan yang sedang dimasak oleh seorang juru masak untuk memastikan apakah masakannya sudah pas atau belum rasanya. Intinya Diperbolehkan hanya sebatas mencicipi dan tidak menelannya.

Semoga Ulasan singkat mengenai hukum mencicipi makanan saat sedang berpuasa bagi juru masak ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang hokum dalam berpuasa.

Baca : HUKUM MENGGUNAKAN PASTA GIGI SAAT BERPUASA ?