Budget Pas-Pasan ? Ini Tips Terbaik Untuk Memilih Handphone Gaming Murah

Handphone gaming memang banyak sekali dijajakan di pasaran. Apalagi semenjak mulai maraknya game online dan game digital, produksi handphone yang dikhususkan untuk gaming semakin banyak. Yang asalnya game hanya dimainkan di perangkat komputer atau konsol game, kini handphone pun sudah ditambahfungsikan menjadi ponsel untuk bermain game. Bahkan harganya juga semakin terjangkau, ada beberapa tipe handphone gaming dibawah 2 jutaan .

Loading...

Bagi gamers sejati, tentu kehadiran ponsel untuk bermain game jadi kesenangan tersendiri. Namun, Anda juga harus perhatikan bagaimana memilih handphone gaming terbaik. Kualitas dan spesifikasi ponsel yang baik akan menambah keseruan tersendiri saat bermain game. Untuk itu, berikut ini adalah tips memilih hp gaming  terbaik yang berkualitas tinggi.

Tentukan SoC-nya

Salah satu hal yang paling penting ditentukan saat akan memilih handphone gaming terbaik adalah tentukan SoC-nya. Soc atau System on Chip yang bisa dibilang merupakan otak dari sebuah smartphone. Bagiannya pun berbeda-beda, seperti prosesor, GPU, modem hingga komponen lainnya yang nanti akan mengatur pemrosesan data.

Perlu diperhatikan juga antara prosesor dengan chipset. SoC bisa dikatakan chipset, namun prosesor tidak bisa dikatakan chipset. Sebab prosesor inilah merupakan bagian dari Chipset. Untuk contoh misalnya pada chipset seperti Qualcomm Snapdragon 835, atau jika prosesor itu seperti dual core dan seterusnya. Dan yang harus diperhatikan, untuk ponsel game, jangan tergiur dengan jumlah core yang tinggi.

Memilih Chipset

Jika Anda sudah mengetahui apa itu chipset, SoC dan sebagainya, maka selanjutnya adalah chipset manakah yang bagus dan membantu performa saat bermain game? Kalau Anda memiliki cukup dana, bisa memilih handphone gaming flagship dengan jenis chipset Qualcomm Snapdragon 835 yang menjadi ukuran tertinggi saat ini. Namun jika terbatas, untuk chipset snapdragon 821 atau 820 itu pun cukup mumpuni untuk mendukung Anda bermain game.

BACA JUGA : DERETAN HANDPHONE GAMING DENGAN HARGA TERJANGKAU

Tentukan RAM dan Memori Internal Ideal

Tips memilih handphone gaming terbaik selanjutnya adalah jangan salah pilih RAM dan memori internal. Demi kenyamanan Anda saat bermain game, sebaiknya pilihlah smartphone dengan batas minimal RAM sekitar 3 GB atau 4 GB. Ukuran RAM ini nantinya yang akan membantu Anda dalam menyimpan file agar bisa diakses oleh prosesor dan sebagainya.

Sedangkan untuk memori internalnya, pilihlah yang minimal berukuran 16 GB atau 32 GB. Jangan sampai Anda membeli smartphone dengan jumlah memori internal hanya 8 GB saja, tentu akan menghambat performa game.

Perhatikan GPU

GPU juga termasuk salah satu bagian yang penting ketika akan memilih ponsel gaming terbaik. GPU ini akan bertugas untuk mengolah grafis beserta efek-efek game dan sebagainya. Jika handphone Anda memiliki GPU yang kencang dan tajam, tentu permainan game Anda pun akan semakin seru dan menyenangkan. Namun jika Anda sudah memilih Chipset yang bagus, maka GPU-nya juga pasti bagus.

Kapasitas Baterai dan Ukuran Layar

Hal lain yang perlu diperhatikan juga soal baterai. Agar permainan Anda tidak terhambat ponsel yang lowbat, maka pastikan bahwa kapasitas baterai cukup besar, apalagi jika didukung dengan fitur fast charging, tentunya akan semakin menambah performa saat bermain game. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah ukuran layar, lebih baik resolusinya sudah quad HD atau minimal 1080p. Jika ukuran fisik layarnya, bisa disesuaikan selera dari mulai 5,2 inci sampai 6 inci.

Nah, jika Anda sedang mencari handphone gaming dengan kualitas mumpuni, jangan lupa untuk memerhatikan beberapa tips memilih hp gaming tersebut untuk meningkatkan performa saat Anda bermain game.

 

BAGIKAN