Cara Ini Mampu Untuk Membuat Karyawan Semakin Loyal

28

 

Sebuah bisnis jika ingin tumbuh pesat tidak bisa dilakukan sendiri. Selain membutuhkan modal bisnis yang besar,  juga membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Melihat pertumbuhan populasi Indonesia saat ini memang ada banyak tenaga kerja yang dapat diserap tetapi mencari yang berkualitas seperti mencari jarum di tumpukan jerami. Selain kesulitan menemukan sumber daya manusia yang berkualitas dari sisi karyawan, ada juga banyak yang mengundurkan diri karena mereka kecewa dengan pekerjaan atau lingkungan perusahaan mereka.

Anda tentu tidak ingin karyawan Anda yang memiliki kinerja berkualitas pindah ke perusahaan lain, bukan? Bukan hanya gaji yang dapat membuat karyawan Anda menjadi karyawan yang loyal, tetapi beberapa hal berikut ini :

  • Bos yang ramah

Poin pertama yang perlu Anda perhatikan agar karyawan Anda loyal adalah menjadi bos yang ramah. Pahami karakter karyawan Anda sehingga Anda dapat memberikan tekanan yang sesuai. Seorang bos, tentu saja, tidak boleh acuh tak acuh atau selalu bertindak bossy tanpa mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh karyawannya.

Jika mereka mengalami kesulitan dalam pekerjaan Anda, Anda dapat membantu memberikan arahan atau berdiskusi bersama sehingga karyawan juga termotivasi untuk menemukan solusi. Ketegasan juga diperlukan tetapi Anda harus tahu dalam kondisi apa Anda harus mendisiplinkan bawahan Anda. Ciptakan suasana keluarga untuk memperkuat kerja tim sehingga pekerja lebih senang bekerja.

  • Penghargaan itu penting

Karyawan Anda tentu ingin dihargai untuk pekerjaan mereka dan ini adalah kesempatan bagi Anda untuk membuat mereka merasa betah bekerja di perusahaan yang Anda pimpin. Jangan lupa untuk memberikan bonus untuk kinerja mereka yang memuaskan. Anda juga dapat memberikan tunjangan besar sebagai tanda kepedulian Anda terhadap kesejahteraan pekerja. Tunjangan atau bonus ini nantinya dapat digunakan oleh pekerja untuk membayar rumah atau sebagai modal saat pensiun.

 

  • Fasilitas Kantor Baik

Satu hal lagi yang penting untuk membuat karyawan Anda loyal untuk bekerja di perusahaan yang Anda pimpin adalah dengan menyediakan fasilitas kantor yang memadai. Untuk pekerja dari luar kota, Anda dapat menyediakan tempat tinggal atau transportasi. Anda juga dapat menyediakan fasilitas pusat kesehatan, klinik kesehatan, dan tempat makan bagi karyawan. Ada juga perusahaan yang memanjakan karyawan mereka dengan menyediakan pusat permainan atau bersantai di perpustakaan.

  • Jenjang Karir

Memiliki jalur karier yang cemerlang tentu saja menjadi impian semua karyawan dan juga pekerja Anda. Sebagian besar karyawan pasti akan tinggal di perusahaan lama mereka jika mereka memiliki jalur karier yang jelas dan sesuai dengan pilihan karier mereka. Anda dapat memberikan promosi untuk beberapa karyawan yang dianggap produktif dan memiliki kinerja yang tidak dipertanyakan lagi. Tindakan ini juga akan berdampak pada karyawan lain untuk lebih antusias meningkatkan kinerja mereka.

  • Waktu Kerja yang Tepat

Poin terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah waktu kerja karyawan yang efektif. Bagi karyawan yang sudah memiliki keluarga, tentu saja waktu sangat berharga, jadi jangan terlalu menuntut untuk menyelesaikan pekerjaan pada satu waktu. Tentu saja ada pekerjaan yang mendesak dan ada juga yang tidak. Anda juga perlu mempertimbangkan waktu mereka untuk keluarga terutama bagi wanita yang sedang hamil. Pemberian cuti hamil juga harus diberikan tidak hanya sebelum melahirkan tetapi juga sesudahnya.

Cukup mengikuti poin di atas dapat membuat pekerja Anda betah bekerja di perusahaan yang Anda pimpin sekarang. Ingat bahwa hubungan karyawan dengan perusahaan bersifat timbal balik sehingga kita harus saling menghormati