Cara Membangun Loyalitas Pelanggan

Cara Membangun Loyalitas Pelanggan – Setidaknya ada dua hal yang harus dibahas terkait pelanggan bisnis kita, yakni bagaimana mendapatkannya dan bagaimana menjaganya agar senantiasa menjadi pelanggan kita. Pada sajian kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara untuk menjaga pelanggan kita agar senantiasa loyal terhadap perusahaan kita.

Dari berbagai hal yang saya pelajari dan saya terapkan, ada setidaknya tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga loyalitas pelanggan kita.

Loading...

Melibatkan Pelanggan

Cobalah libatkan pelanggan Anda agar mereka merasa bagian dari perkembangan bisnis Anda. Saya mengarahkan manajer saya untuk senantiasa mengembangkan atau memperbaharui menu makanan yang ada di restoran saya. Sebelum menu baru keluar, menu tersebut harus melewati beberapa tahap.

Salah satunya tahap penilaian dari beberapa pelanggan kami. Biasanya kami mengundang beberapa member restoran saya untuk mencicipi secara gratis menu baru tersebut. Tidak semuanya, hanya beberapa. Selalu berbeda dalam tiga kali pertambahan menu baru yang sudah kami lakukan.

Banyak hal yang bisa didapatkan dari tahap ini seperti komunikasi yang tidak biasa dengan beberapa pelanggan, masukan pelanggan terhadap menu baru, hingga masukan pelanggan terhadap bisnis secara menyeluruh.

Nah, mungkin Anda juga bisa melibatkan pelanggan Anda dalam hal pengembangan bisnis Anda seperti rencana pengembangan produk baru, setiap acara-acara bisnis Anda, dan sebagainya

Memahami Pelanggan

Urusan memahami orang memang bukan perkara mudah. Begitu juga memahami pelanggan. Semakin sulit jika pelanggan kita semakin banyak. Namun, memahami pelanggan harus senantiasa kita lakukan agar pelanggan senantiasa loyal kepada kita sesulit apapun itu.

Cobalah bekali karyawan Anda dengan skill agar mereka mampu memahami apa yang dibutuhkan pelanggan Anda. Menurut saya, pengusaha yang baik adalah pendengar yang hebat. Cobalah untuk senantiasa memberikan sesuatu yang melebihi dari ekspektasi pelanggan Anda.

Memberikan Kejutan

Beberapa orang senantiasa merasa spesial jika kita memberi kejutan. Untuk Anda yang sudah menikah, sesekali memberikan kejutan untuk istri Anda akan membuat istri Anda senantiasa bahagia karena hal itu menunjukkan perhatian Anda kepadanya.

Cobalah untuk memberikan kejutan untuk pelanggan Anda. Kejutan bisa berupa hadiah saat pelanggan Anda membeli produk bisnis Anda.

Pengusaha yang baik adalah pendengar yang hebat. Cobalah untuk senantiasa memberikan sesuatu yang melebihi dari ekspektasi pelanggan Anda.

Itulah setidaknya tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun loyalitas pelanggan Anda. Masih banyak cara lain yang bisa Anda gunakan. Semoga tiga cara ini bermanfaat untuk Anda dan bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda masing-masing

BAGIKAN