Cara Membersihkan Layar Smartphone

Setiap hari bagi pemilik ponsel smartphone selalu melakukan aktivitas di layar baik dengan mengetuk maupun dengan sentuhan lainnya. Entah untuk kebutuhan berkomunikasi jarak jauh, menonton film, maupun tuntutan pekerjaan. Akibat kegiatan multitasking yang kita lakukan tersebut, tak jarang ditemui layar smartphone menjadi berdebu dan berminyak akibat penggunaan yang terlalu sering dan dalam keadaan yang sembarangan. Jika hal tersebut dibiarkan tanpa perawatan maka akan menyebabkan kerusakan bagi layar smartphone maupun bisa juga menjadi sumber penyakit bagi pemiliknya.

Layar smartphone yang kotor tentu akan membuat kita lebih sulit untuk mengoperasikannya, karena minyak yang menempel akan mendistorsi kinerja sensor layar sentuh. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, rutin membersihkan layar smartphone adalah hal yang wajib dilakukan. Tak sedikit pengguna yang kurang tepat dalam cara pembersihannya, sehingga hanya akan menyebabkan masalah baru pada layar. Pastikan, sebelum membersihkan layar sentuh dari kotoran, minyak, atau debu, layar smartphone dalam kondisi nonaktif atau mati. Selain itu, kain yang digunakan juga harus dari serat yang lembut.

Berikut, lebahmaster telah merangkum beberapa cara membersihkan layar smartphone yang baik dan benar agar selalu terawat dengan tepat.

1. Hindari kebiasaan buruk ini pada layar smartphone kamu

Smartphone memiliki layar sentuh yang bersifat sensitif, untuk membersihkannya pun tak bisa dilakukan sembarangan dan butuh pengetahuan. Ada beberapa kebiasaan buruk yang hingga sat ini tak sedikit orang yang masih menerapkannya, padahal cara-cara tersebut sangat tak dianjurkan untuk ditiru. Diantara kebiasaan yang harus dihindari adalah penggunaan bahan kimia, seperti alkohol, windex, dan amonia. Penggunaan bahan-bahan tersebut hanya merusak layar smartphone. Kecuali, dalam takaran yang sangat sedikit dan campuran yang pas.

Tak hanya bahan kimia, bahkan bahan-bahan pembersih yang umumnya dikira aman juga tak lolos rekomendasi untuk digunakan membersihkan layar smartphone. Penggunaan kertas tisu, kain abrasif, serta handuk kertas ternyata tak layak untuk membantu kita membersihkan layar, karena bahan-bahan tersebut mampu menggores layar smartphone. Penggunaan media air sebagai pelumas juga tak dianjurkan untuk berlebihan. Yang tak kalah penting, ketika proses pembersihan berlangsung, jangan menekan layar terlalu kuat, berikan penekanan secukupnya dan perlakukan secara lembut.

2. Gunakan lap kacamata

Bahan yang paling direkomendasikan untuk membersihkan layar smartphone adalah serat microfiber. Kain jenis ini bisa kita jumpai pada paket kacamata. Selain itu, kita juga bisa membelinya di toko-toko material maupun supermarket.

Baca: Inilah 3 Smartphone Dengan Kamera Tercepat

Banyak kelebihan yang ditawarkan serat kain jenis ini. Selain mampu menyerap air dengan sangat baik, microfiber memiliki tekstur yang lembut dan tak membutuhkan banyak cairan sebagai pelumas. Meskipun memiliki harga murah dan mudah ditemukan, masih jarang pengguna yang sadar untuk menggunakan bahan jenis ini. Namun, jika kepepet lantaran dalam keadaan mendesak, membersihkan layar smartphone juga aman dilakukan menggunakan kapas lembut atau kain katun dari kaos yang kamu kenakan. Namun tetap memperhatikan kebersihan dari bahan tersebut.

3. Perhatikan Tekniknya

Langkah yang dapat dilakukan untuk membersihkan layar smartphone adalah siapkan kain microfiber bersih. Selanjutnya, matikan perangkat, atau minimal kunci perangkat agar aman dan kotoran dapat terlihat dengan jelas. Lanjutkan dengan mengusapnya satu arah secara perlahan. Dianjurkannya membersihkan dengan satu arah (vertikal atau horizontal) tak lain agar kotoran yang telah terangkat tak kembali lagi keposisi semula.

Ada juga yang menyarankan untuk membersihkan dengan cara memutar kain microfiber membentuk lingkaran. Meskipun benar adanya, namun perlu dicatat karena cara ini dapat menimbulkan bekas pada layar dan berbahaya. Gunakan air secukupnya sebagai pelumas hanya jika dibutuhkan. Jangan lupa, setelah itu keringkan dengan kain kering.

Demikianlah cara membersihkan layar smartphone yang baik dan benar agar ponsel kesayangan kamu bisa awet dan selalu terlihat mulus.