Cara Mencapai Puncak Karir

Dunia kerja penuh dengan persaingan begitu juga dengan dunia pengusaha untuk itulah mengapa sebagai Seorang entrepreneur atau seorang wirausahawan selalu dituntut untuk dapat berinovasi dan mengembangkan bisnis yang dijalaninya. Namun, kadangkala di tengah jalan, semangat selalu naik turun. Jika Anda seorang entrepreneur, Anda pasti merasakannya.

Semangat yang naik turun tersebut harus selalu distabilkan agar tidak terlanjur turun drastis dan membuat Anda jatuh. Tentu Anda tidak ingin karier Anda terpuruk kan? Pasti Anda ingin menggapai puncak karier sebagai seorang entrepreneur, kan?

Di sini, saya hanya akan membagikan cara yang pernah dibagikan oleh seorang teman. Dia seorang entrepreneur muda yang saat ini sedang terus meningkatkan bisnisnya, meskipun menurut saya, dia sudah sampai di puncak kariernya. Sepuluh cara berikut merupakan rahasia menuju puncak karier entrepreneur.

1. Percaya diri
Yang utama adalah Anda harus percaya diri. Percaya diri di sini berarti Anda percaya pada diri Anda bahawa Anda dapat melakukan bisnis atau usaha yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga harus percaya bahwa usaha yang Anda lakukan hari ini dapat menjadi jalan kesuksesan Anda. Dengan percaya diri, Anda akan semakin mantap menjalani usaha Anda. Ketika semangat Anda pasang-surut, percayalah bahwa usaha Anda adalah yang terbaik. Dengan begitu, Anda akan bersemangat lagi untuk menjalankan usaha Anda.

2. Memiliki mimpi yang tinggi
Selain percaya diri, Anda harus mempunyai mimpi yang tinggi. Tentu Anda melakukan usaha ada tujuan atau goalnya. Nah, tujuan, goal, dan mimpi itu jangan setengah-setengah. Canangkanlah mimpi yang setinggi-tingginya agar semangat Anda juga selalu tinggi. Jika Anda hanya bermimpi setengah-setengah, Anda akan cepat puas dan ketika semangat turun, Anda bisa memutuskan untuk berhenti. Itu berbahaya sekali. Akan tetapi, jika Anda punya mimpi yang tinggi, Anda tahu alasan mengapa Anda harus terus bersemangat menjalankan usaha Anda tersebut.

3. Kerja keras
Untuk mencapai mimpi yang tinggi, Anda tidak bisa hanya duduk santai dan menunggu mimpi itu terwujud dengan sendirinya. Anda harus bekerja keras. Karena Anda tahu bahwa mimpi Anda tinggi, kerja keras Anda juga harus maksimal. Ketika Anda mulai merasa lelah dengan semua yang telah Anda lakukan dan merasa tidak ada hasil yang signifikan, kembali ingatlah bahwa mungkin kerja Anda kurang keras. Anda juga harus menanamkan mindset bahwa tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras yang nyata.

4. Selalu melakukan Inovasi
Karena Anda seorang entrepreneur, Anda dituntut untuk terus berinovasi. Ciri entrepreneur adalah kreatif dan inovatif. Jika Anda tidak mau berinovasi, usaha Anda akan stagnan, Anda akan merasa bosan dan akhirnya memilih untuk mengakhirinya. Jadi, cobalah berpikir sesuatu yang kreatif, untuk kemudian menciptakan hal-hal inovatif untuk terus mendukung kemajuan dan keberagaman variasi usaha Anda.

5. Selalu menambah koneksi
Koneksi merupakan hal yang sangat penting. Jalan kesuksesan Anda dapat diketahui dari banyak atau tidaknya koneksi Anda. Mengenal banyak orang lain dengan banyak karakter dapat membuat Anda semakin mengerti bagaimana harus membangun usaha Anda. Selain menambah koneksi dengan orang seprofesi (sebagai entrepreneur), Anda juga perlu membangun relasi dengan orang-orang di luar profesi. Hal tersebut dapat menjadi jalan Anda membaca peluang dan kesempatan di masyarakat yang kemudian dapat Anda bidik dengan usaha Anda.

6. Selalu terbuka
Selain terbuka dengan orang-orang baru, Anda juga harus terbuka dengan saran, kritik, masukan, atau persaingan. Di dunia entrepreneur, Anda tidak terlepas dari yang namanya persaingan. Meskipun begitu, bersainglah dengan cara yang sehat. Jangan menutup diri. Semakin Anda membuka diri, Anda semakin menyadari banyak hal yang harus Anda lakukan sehingga Anda harus senantiasa bersemangat menjalani usaha Anda.

7. Melek teknologi
Di era ini Anda pasti setuju bahwa segala sesuatu saat ini tidak dapat terlepas dari teknologi. Jika Anda ingin menjadi entrepreneur, tetapi Anda tidak mau melek terhadap teknologi, puncak karier Anda akan semakin jauh. Oleh karenanya, Anda harus senantiasa mau belajar. Membuka diri untuk mendapat ilmu baru, mengaplikasikan teknologi baru, dan memanfaatkannya untuk kesuksesan usaha Anda.

8. Tidak takut gagal
Jangan pernah takut gagal. Mungkin ini sudah sangat sering Anda dengar dalam seminar-seminar motivasi, hehe… tapi itu sangat membantu Anda untuk terus maju. Tanamkan mindset bahwa “gagal bukanlah sebuah masalah yang besar”, kamu bisa bangkit lagi dan lagi. Trial and error adalah sesuatu yang lumrah dalam membangun sebuah usaha. Jika Anda berani melangkah, yakinlah bahwa Anda bahkan tidak akan merasakan kegagalan sebagai sebuah kegagalan, melainkan Anda akan belajar bahwa ada cara lain untuk mencapai sukses Anda.

9. Tidak latah
Ya, orang sering latah dengan usaha orang lain. Sebisa mungkin hindari sifat ini. Hal ini hanya akan membuat Anda “seperti air di atas daun talas”. Anda harus menemukan titik yang membuat Anda yakin dengan usaha Anda sehingga ketika melihat usaha orang lain lebih sukses, Anda tidak langsung latah. Dengan begitu, Anda akan konsisten memperjuangkan usaha Anda sampai puncak karier.

10. Tidak cepat puas
Seorang entrepreneur tidak boleh cepat puas terhadap apa yang telah diusahakannya. Anda harus selalu berkeinginan memajukan dan mengembangkan usaha Anda. Dengan begitu, Anda dapat terus meningkatkan semangat Anda untuk menuju puncak karier entrepreneur.

Itulah sepuluh cara mencapai puncak karir, dengan kesepuluh cara di atas, Anda dapat menstabilkan semangat yang naik turun. Semangat yang selalu stabil dan tidak turun drastic adalah kunci Anda menapaki tangga demi tangga menuju kesuksesan Anda. Jadi, tapakilah tangga-tangga itu agar Anda mencapai puncak karier sebagai seorang entrepreneur.

Baca Juga: 5 Cara Mengirim Surat Lamaran Pekerjaan Lewat Email