7 Cara Mencari Tahu Apakah Gaji Anda Sudah Sesuai Standar

758

Apakah Gaji Anda sudah Sesuai Standar Pekerjaan Yang Diamanahkan?

Cara Mencari Tahu Apakah Gaji Anda Sudah Sesuai Standar
Cara Mencari Tahu Apakah Gaji Anda Sudah Sesuai Standar

Gaji adalah salah satu motivasi untama bagi seseorang untuk mau menerima dan menjalankan pekerjaan di temapat ia bekerja, jika gaji tidak sesuai dengan standar apakah perusahaan bisa mempertahankan karyawan terbaiknya untuk tetap terus setia berkerja memajukan perusahaan dengan hati bahagia?…

Bagi anda yang saat ini masih berpikir tentang gaji anda apakah sudah sesuai standar atau belum, artikel ini kami rangkum untuk anda agar bisa mengetahui sejauh mana gaji anda seimbang dengan pekerjaan yang diemban selama ini.

Perhatikan beberapa poin dibawah ini untuk mengetahui apakah gaji anda sudah sesuai standar atau belum. Seperti dilansir dari laman situs business Insider, Rabu (26/10/2016), berikut beberapa tanda bahwa anda tidak digaji sesuai standar:

1. Membandingkan Gaji Pada Posisi Serupa Secara Online

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah anda sudah digaji sesuai standar pekerjaan yang dilakukan adalah dengan mencari informasi pekerjaan serupa pada situs penyedia lowongan kerja dan bandingkan gaji yang ditawarkan oleh perusahaan lain disana, apakah lebih tinggi atau lebih rendah dari gaji anda sekarang.

Gaji Anda tidak sesuai standar akan kelihatan jika pada situs pencari kerja memberikan gaji yang lebih tinggi dari gaji anda saat ini.

2. Mengamati Gaji Rekan Kerja anda

Sesekali Anda juga bisa mengamati rekan kerja di kantor tempat anda bekerja, perhatikan apakah mereka dengan baik. Apakah mereka yang juga memiliki kemampuan dan kinerja serupa dengan anda digaji lebih tinggi atau tidak.

Jika rekan kerja anda yang memiliki kemampuan dan hasil kinerjannya serupa dengan anda tapi ia digaji lebih tinggi itu artinya gaji anda tidak sesuai standar.

3. Tanggung jawab Bertambah apakah Gaji juga bertambah

Jika anda merasa tanggung jawab anda pada perusahaan dimana anda bekerja semakin bertambah tapi gaji masih tetap sama ini pertanda gaji anda tidak sesuai standar.

Dalam Hal ini anda harus berani membicarakannya dengan atasan anda dengan cara yang baik untuk bisa mendapatkan tambahan gaji yang sesuai dengan tanggung jawab yang diemban.

4. Naik gaji tapi tidak jauh berbeda dengan gaji awal

Jika anda mendapatkan kenaikan gaji tapi ternyata masih tak jauh beda dengan gaji awal ketika baru masuk sementara tanggung jawab bertambah besar itu artinya anda tidak digaji sesuai standar.

5. Perusahaan Sering Melakukan Pergantian Karyawan

Jika anda melihat pada perusahaan dimana anda bekerja suka gonta – ganti karywan dengan cepat, bisa jadi salah satu faktornya adalah karyawan tidak betah dan alas an utamanya ialah karena tidak mendapatkan gaji sesuai standar. Karena gaji merupakan salah satu motivasi tertinggi bagi karyawan untuk betah bekerja pada perusahaan tertentu.

Bagi kamu yang berniat melamar pada perusahaan sejenis ini cobalah berpikir kembali dan mempelajari alasan dibalik karyawannya selalu cepat bergonta ganti.

6. Perusahaan Banyak menuntut Tapi tidak memberikan Penyeimbang pekerjaan anda

Ada juga perusahaan yang sangat menuntut pekerjanya bekerja dengan baik dan diberikan tanggung jawab yang semakin banyak, tapi disi lain mereka tidak memberikan penyeimbang dalam hal ini gaji tidak diberitahukan akan ditambah.

Jika anda menemukan hal seperti ini, konsultasikan juga pad abos anda. Jangan sampai anda stress karena tuntutan kerja yang juga makin bertambah sementara gaji anda masih sama dan tidak ada perubahan.

7. Jam Kerja Anda lebih Banyak

Beda perusahaan bisanya juga beda aturan jam kerja, kamu bisa membandingkan dalam hal jam kerja ini, selain memperhtikan jam kerja rekan sekantor anda apakah sama dengan anda pada posisi yang sama dan gajinya apakah lebih tinggi dari anda.

Jika rekan kerja diberikan jam kerja lebih sedikit tapi gajinya sama dengan anda atau ternyata justru lebih tinggi, itu artinya gaji anda tidak sesuai dengan standar.

Itulah tanda – tanda yang bisa anda perhatikan ditempat kerja untuk mengetahui apakah gaji anda sudah sesuai standar atau belum.

Baca: Ini Dia Tempat Kerja Yang Memberikan Gaji Tinggi Walau Kamu Fresh Graduate

Bukan berarti jika anda digaji tidak susuai standar harus segera resign dari kantor, melainkan semuanya perlu anda konsultasikan dulu pada pihak bos anda agar mengetahui alas an mengapa gaji anda tidak sesuai standar. Bisa juga gaji ditentukan oleh khasil kinerja kita dan artinya jika demikian kinerja perlu ditingkatkan.

Satu hal yang penting adalah dengan tetap mensyukuri pekerjaan yang ada, jangan mudah memutuskan untuk resign sebelum benar-benar memastikan ada tempat kerja lain yang siap menerima anda untuk bekerja lagi agar tidak kesulitan mencari kerjaan lagi. Bekerjalah seolah-oleh anda melakukan pekerjaan untuk perusahaan anda sendiri agar hasil kerja juga bagus yang tentunya nanti akan berpengaruh pada Kenaikan gaji anda.

Baca Juga: Tips Mengubah Sikap Menjadi Lebih Baik