5 Cara Mencegah Diabetes agar Hidup Lebih Sehat

880

Cara Mencegah Diabetes Melitus Agar Hidup Lebih Sehat dan Normal Kembali

Cara Mencegah Diabetes
Penyakit Diabetes – Cara Mencegah Diabetes Melitus

Cara mencegah Diabetes agar hidup lebih sehat merupakan hal penting untuk diketahui oleh kita semua tanpa terkecuali, karena penyakit diabetes seperti yang sempat kami bahas pada artikel Gejala Penyakit diabetes, merupakan penyakit dimana seseorang yang menderita diabetes terkadang tidak sadar kalau ternyata selama bertahun – tahun ia mengindap diabetes melitus.

 

Sebelum Kita lebih lanjut membahas cara mencegah Diabetes atau cara mencegah penyakit Gula darah ini, Ada baiknya jika mengenal terlebih dahulu apa saja gejala penyakit diabetes yang sudah diketahui oleh para dokter serta apa penyebab penyakit diabetes ini bisa menyerang seseorang.

 

Penyakit Diabetes merupakan penyakit jangka panjang yang disebabkan karena kadar Glukosa darah atau Gula darah mengalami peningkatan melebihi batas normal dikarena insulin didalam tubuh juga mengalami kekurangan. Penyakit diabetes juga sering disebut dengan penyakit kencing manis atau penyakit Gula.

Gejala Penyakit diabetes melitus pada seseorang yang bisa dikenali adalah sebagai berikut:

  • Gejala Syaraf Pusat: Penderita selalu Mudah haus
  • Merasa Selalu lapar
  • Cepat lelah, lesu dan terkadang suka pinsan tiba-tiba.
  • Secara sistematik Gejala diabetes pada penderita terlihat dari berat badannya yang menurun tanpa sebab.
  • Pandagan Mata penderita menjadi Kabur atau tidak bisa lagi melihat dengan jelas.
  • Mengeluarkan Bau Napas Aseton.
  • Pada sistem pencernaan: Ada gejala Mual, Muntah, dan Nyeri pada perut.
  • Penderita diabetes menjadi lebih sering Kencing dan Air seninya manis.

Ketahuilah bahwa penyakit diabetes terbagi menjadi dua jenis, Yaitu Tipe 1 dan diabetes Tipe 2. Kedua jenis diabetes mellitus ini jika menyerang atau diderita seseorang dapat disebabkan oleh Hal berikut Ini:

1. Penyebab Penyakit Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 ini disebabkan karena yang seharusnya sistem imun berfungsi untuk melawan virus dan bakteri yang masuk kedalam tubuh tapi malah berbalik menyerang Hormon insulin. Inilah yang menyebabkan penderita kekurangan hormon insulin di dalam tubuhnya.

2. Penyebab Penyakit Diabetes tipe 2

Penyebab Penyakit Diabetes tipe 2 dan diabetes tipe 2 dikarenakan sel menjadi resisten terhadap Insulin, hingga pankreas tidak mampu lagi menghasil cukup insulin untuk tubuh.

3. Penyebab Diabetes Gestational

Meskipun diabetes dibedakan menjadi dua jenis seperti disebutkan diatas, diabetes melitus juga ada yang disebut dengan Diabetes Gestational, Penyakit kencing manis satu ini biasa menyerang pada ibu hamil.

 

Pada Masa kehamilan Plasenta berfungsi untuk memproduksi hormon yang berperan menopang kehamilan.Hormon tersebut akan membuat sel lebih resisten terhadap insulin. Seiring dengan proses pembesaran plasenta pada masa kehamilan bulan kedua dan ketiga, maka hormon tersebut semakin banyak dihasilkan.

 

Saat Ibu hamil menderita diabetas Gestational atau penyakit Gula Darah atau kencing manis, maka ini desbabkan karena pankreas tidak merespon insulin atau tidak mampu merespon karena kebanyakan, akhirnya gluskosa menumpuk pada darah dan tidak diserap oleh sel.

 

Itulah Diantara gejala penyakit diabetes dan Penyebab Penyakit Gula Darah ini bisa menyerang kita semua, Meskipun penyakit Diabetes mellitus atau kecing manis atau Penyakit gula darah ini termasuk salah satu penyakit kronis bukan berarti kita tidak bisa melakukan pencegahan agar bisa hidup lebih sehat, terutama bagi yang belum terserang penyakit diabetes menjadi lebih penting mengetahui bagaimana Cara mencegah diabetes mellitus agar jangan sampai terkena dan mengganggu kesehatan anda.

 

Dokter endokrinologi dan metabolisme FKUI/RSCM, Suharko Seobardi pernah mengatakan, diabetesi (sebutan untuk pasien diabetes) juga bisa hidup normal dan produktif dengan menjalankan lima pilar penting atau cara mencegah diabetes yang bisa dilakukan dengan mudah.

Apa saja itu? Berikut Ulasan cara mencegah penyakit diabetes seperti yang belia sampaikan pada saat jumpa pers Jakarta Diabetes Meeting di JW Marriot, Jakarta.

1. Rajin mencari Infomrasi Seputar Diabetes

Agar terhindar dari penyakit diabetes, seseorang bisa melakukan banyak mencari informasi mengenai diabetes dan cara penanganannya, hal ini bisa dilakukan dengan banyak membaca baik di buku maupun di internet, mendengarkan siaran radio dan televisi yang membahas seputar diabetes.

2. Mengatur Pola makan Penderita maupun yang masih sehat harus mengatur pola makan menjadi lebih baik, gak perlu sampe menimbang jumlah makanan, yang paling penting adalah menakar sekirannya sudah cukup dan jangan terbawa oleh nafsu makan yang berlebihan sehingga kamu lepas kontrol.

3. Perbanyak Jadwal Aktivitas fisik

Harus rajin dan Rutin melakukan aktivitas fisik. Setidaknya melakukan Olahraga 3-4 kali seminggu, dengan durasi masing-masing 30 menit.

4. Konsumsi Obat yang tepat

Jika kamu sudah melakukan berbagai pola diatas (edukasi, pengaturan pola makan dan aktivitas fisik) namun belum berhasil, artinya kamu harus mencegah dan mengobati diabetes dengan obat diabetes yang tepat atau sesuai dengan saran dokter ahli.

5. Melakukan Pengecekan atau Pemantauan gula darah Secara Rutin

Melakukan Pengecekan dan Pemantauan gula darah harus dilakukan secara rutin, tujuannya adalah untuk melakukan evaluasi pemberian obat pada Penderita diabetes.   Jika Penderita diabetes sudah melakukan kelima cara mencegah diabetes diatas dengan baik dan benar maka tidak akan terjadi komplikasi.

Kamu juga sebaiknya mengurangi konsumsi makanan manis atau minuma yang manisnya berlebihan, seperti Gula dan lainnya. Jika Memang Harus konsumsilah manisan yang sehat atau gula yang sudah sesuai takaran untuk penderita diabetes.

Baca Juga: Gejala dan Penyebab Penyakit Diabetes Melitus Pada ibu Hamil

Itulah Cara Mencegah Diabetes agar bisa hidup lebih sehat dan bagi yang tengah menderita penyakit diabetes tentunya dengan cara mencegah penyakit diabetes atau Gula darah diatas sesuai saran dokter bisa menjadikan Hidup kamu lebih normal dan Sehat kembali, memang semuanya perlu proses untuk kembali normal dan disitulah diperlukan kesabaran untuk menerapkan cara mengatasi diabetes agar tidak sampai terjadi komplikasi menjadi lebih parah.

Artikel Lain: Kebiasaan Buruk Pengusaha yang Harus Dihindari