Cara Mendidik Anak Supaya Nurut
Cara Mendidik Anak – Ilustrasi Image

Cara mendidik anak tentunya sudah banyak anda dengar, baca dan juga ikuti pelatihannya, namun demikian tidak ada salahnya apabila kita terus belajar tips mendidik anak supaya mau mendengarkan perintah kita sebagai orang tuanya.

Cara mendidik anak supaya mau mendengarkan apa yang diperintahkan orang tuanya dalam hal yang baik dan bermanfaat bagi mereka memang bukanlah perkara mudah, meskipun tak mudah dalam mendidik anak bukan berarti sebagai orang tua harus lepas tangan begitu saja lalu membiarkan mereka hidup bebas lepas bergaul diluar sana.

Memanjakan anak secara berlebihan juga tak baik bagi masa depan anak, hal seperti ini sering menjadi masalah utama bagi para orang tua di jaman sekarang. Anda tidak boleh membiarkan hal ini terjadi terus-menerus. Ketika anda menuruti seluruh keinginannya maka anak akan menjadi manja.

Untuk membantu anda dalam mendidik anak maka, berikut ini adalah cara mendidik anak yang baik agar anak-anak mau menuruti nasehat anda.

1. Mendengarkan pendapat mereka
Walaupun anda sebagai orang tua anda yang memberi perintah namun tidak berarti anda tidak mendengarkan pendapat mereka. Mungkin mereka akan mengeluh capek belajar atau tidak nyaman ketika berada di sekolah.

Salah satu hal yang penting dalam mendidik anak menjadi anak penurut adalah mau mendengarkan. Tunjukkan sikap bahwa anda siap untuk mendengar berbagai keluhan yang keluar dari mulut mereka.

2. Menatap mata
Perasaan seseorang bisa dilihat dari pancaran matanya. Tataplah mata anak anda ketika anda memberikan perintah. Sehingga anak akan melihat bahwa anda tidak marah pada mereka. Selain itu ketika anda menatap mata mereka anda tahu apakah mereka mendengarkan perintah anda.

3.Introspeksi diri
Secara tidak sadar anda sebagai orang tua lupa bahwa anak-anak sering mengingkari janji. Dari seluruh teori hal ini sering diabaikan oleh orang tua. Bagaimana bisa anak mendengarkan nasehat orang tua jika anda sendiri tidak konsisten dengan ucapan anda.

Jika sudah seperti ini kata-kata tidak akan mengubah mereka. Anda hanya ingin memarahinya karena tidak menurut. Sebaiknya anda tidak melewati hal yang sangat penting ini.

4. Memanggil nama mereka
Tidak ada yang menyarankan ketika mendidik anak harus dengan teriakan. Hal ini dikarenakan, dengan berteriak, anda akan membangunkan emosinya. Anda juga tidaj mau diteriaki oleh orang lain bukan?

Ketika akan memanggil mereka, pastikan anda memanggilnya dengan nama. Ketika iya sudah menoleh dan berjalan mendekati anda anda bisa mengatakan apa yang anda inginkan.

Baca: 4 Solusi Alergi Anak Sederhana Agar Masa Kecilnya Aman

Itulah empat cara mendidik anak yang cukup efektif untuk mendidik anak menjadi anak yang penurut. Namun, jangan pernah melakukannya disertai dengan emosi karena nanti sang Anak akan membaca bahwa anda sedang memarahinya. So, Jadilah sosok orang tua yang mampu membuat si kecil nyaman layaknya temannya. Semoga bermanfaat bagi semua orang tua yang rindu akan anaknya menjadi anak yang penurut dan berperilaku baik.