Cari Hunian di Ibukota dengan Harga yang Masuk Akal? Pilih di Perbatasan Saja!

Sejak dahulu kala, Jakarta selalu menjadi kota terfavorit dalam pencarian hunian. Status Ibukota Negara, keberadaan kawasan perkantoran dan bisnis, serta kelengkapan dari fasilitas penunjang kehidupan sehari-hari adalah alasan utama mengapa DKI Jakarta sangat favorit di mata pencari properti

 

Namun, ironi dari harga rumah dijual di Jakarta hari ini yang sudah tidak masuk akal lagi alias sangat tinggi membuat banyak orang mengeneralisasikan bahwa membeli rumah dijual di Jakarta adalah angan-angan semata.

 

Sebenarnya, hal tersebut tidak bisa dikatakan pula benar, masih ada pilihan lain untuk menemukan harga-harga rumah dijual di Jakarta yang bisa dikatakan masuk akal. Pilihan tersebut adalah dengan mengalihkan pilihan ke perumahan-perumahan di perbatasan kota Jakarta.

 

Ada banyak pilihan wilayah yang menyediakan harga hunian di perbatasan kota Jakarta. Namun ketika berbicara tentang lokasi rumah dijual di Jakarta favorit di perbatasan, beberapa area ini jawabannya.

 

Bintaro

Terletak di wilayah Jakarta Selatan, sejak dahulu Bintaro telah menjadi kawasan perumahan favorit yang diburu oleh pemukim yang beraktivitas di Ibukota. Memiliki luas 450,5 hektare, kawasan perumahan besutan salah satu kontraktor nasional tersebut menawarkan pilihan rumah dijual di Jakarta yang bervariasi. Luasnya area perumahan Bintaro membuat kawasan pemukiman tersebut saat ini terbagi dalam dua kotamadya, Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan.

Disebut sebagi pionir dari kawasan perumahan dengan fasilitas terlengkap di Selatan Jakarta, Bintaro menawarkan nuansa pemukiman modern dan asri yang tidak terlalu jauh dari hiruk pikuk ibukota. Semenjak awal pembangunannya, Bintaro menawarkan perumahan dengan desain hunian berkelas yang ditunjang dengan aksesibilitas prima dari pusat Ibukota. Hanya beberapa menit dari hunian, Anda langsung dapat menemukan beragam fasilitas penunjang kehidupan sehari-hari seperti pasar, tempat perbelanjaan mal, fasilitas pendidikan (sekolah dan universitas), rumah sakit, serta fasilitas transportasi massal untuk menuju ke perkantoran di pusat Ibukota.

Untuk tipe cluster baru yang banyak dikembangkan di Bintaro saat ini saja, harga yang ditawarkan tergolong fantastis. Anda minimal menyiapkan budget senilai 800 juta untuk memboyong satu unit cluster berdesain minimalis dan modern di sana.

 

Cibubur

Sama seperti halnya Bintaro di Jakarta Selatan, ada juga sebuah kawasan perumahan yang menjadi pionir di perbatasan Jakarta lainnya yang sampai saat ini terus mengembangkan proyek-proyek rumah dijual di Jakarta. Wilayah populer pencarian properti hunian tersebut diketahui yakni Cibubur. Dalam sebulan saja, beragam perumahan yang ditawarkan di Cibubur baik primary house atau secondary sekiranya diminati oleh 4.200 individu pencari properti.

Berlokasi di Jakarta Timur, kawasan Cibubur adalah salah satu wilayah pencarian properti hunian favorit di perbatasan Jakarta yang berbatasan langsung dengan kabupaten-kabupaten di Jawa Barat, Depok, Bogor, dan Bekasi. Alasan para pencari properti meminati rumah dijual di Jakarta yang berlokasi di Cibubur tersebut diketahui dikarenakan lokasinya yang strategis dan dilengkapi oleh segala macam fasilitas untuk masyarakat. Mulai dari fasilitas transportasi massal LRT yang kini sedang dikembangkan, jalan tol (JORR), tempat perbelanjaan, rumah sakit hingga bermacam tingkat sekolah hadir di wilayah tersebut.

Alasan lainnya dikarenakan dari harga jual rumah disana yang tergolong masih bersahabat dibanding wilayah-wilayah strategis lain di Jakarta. Untuk harga per meter perseginya saja, Cibubur masih menawarkan harga 12 juta rupiah per meter persegi.