Cerpen : JAMBU – JanjiMu Busuk

1920

Cerita Pendek – Janjimu Busuk

By : Dani Ramadhan

Jambu Janjimu Busuk
LebahMaster.Com – Pada suatu ketika Gevin datang ke rumah Duma bersama temannya yang bernama Pijar. Inilah awal dari pertemuan Pijar dan Duma , pada pandangan pertama pijar dia merasakan ada getaran cinta yang masuk ke dalam lubuk hatinya. Pijar memberitahukan kepada gevin bahwa dia menyukai wanita yang bernam duma itu. Dan akhirnya Gevin memberitahukan perasaan Pijar itu kepada Duma.Duma pun menanyakan tentang Pijar ini kepada Gevin yang menurut Gevin Pijar ini ialah anak yang baik dan sopan. akhirnya Duma merespon dengan positif tentang perasaan Pijar tersebut.

Pijar ini ialah seorang karyawan yang masih training di perusahaan tambang yang bekerja di Kalimantan Timur. Saat dia menyatakan cintanya dengan Duma, dia belum menjadi karyawan tetap di perusahaan yang ada di Kalimantan tersebut.Duma takut seandainya dia menikah dengan Pijar dia mau makan apa sedangkan Pijar masih training belum menjadi karyawan tetap. Pijar pun berjanji akan datang dan langsung mendatangi rumah duma bila kelak dia menjadi karyawan tetap di perusahaan di kalimantan.

Janji yang dikatakan oleh Pijar inilah yang membuat hati Duma seolah-olah sedang terbang menikmati indahnya. hari demi haripun berganti , minggu berganti minggu, tahun berganti tahunpun telah ia lewati.4 tahun pun berlalu Duma menunggu kedatangan seorang pangeran cinta yang akan dijemput dan dibawa menuju pernikahan nan suci. Akhirnya Duma pun mengutarakan niatnya untuk menanyakan tentang kejelasan hubungan dirinya dengan Pijar. setelah merasakan gejolak cinta yang cukup membara dia menginginkan adanya kejelasan tentang hubungan mereka dari mulut Pijar, Pijar pun memberikan janji kepada Duma bahwa bulan depan yakni tanggal 27 februari Pijar akan akan mengutarakan kesungguhannya untuk melamar Duma dan langsung datang ke rumah duma pada tanggal 27 februari tersebut. Duma pun sungguh bahagia. Akhirnya sang pangeran yang ia impikan memenuhi janjinya dan membawa hubungan mereka menuju kursi pelaminan. maka Duma pun memberitahukan kabar bahagia ini kepada keluarganya dan keluarganya pun bahagia mendengar kabar yang diberitahukan oleh Duma.

Hari demi haripun berlalu begitu lama ketika Duma menunggu Tanggal pernikahan yang dijanjikan oleh Pijar yang mengatakan bahwa dia akan datang ke rumahnya untuk melamarnya. ketika menjelang hari pernikahan dengan Pijar tiba-tiba Duma kehilangan kontak dengan Pijar. Duma pun bingung seperti anak ayam yang kehilangan induknya. hati Duma yang kebingungan mengatakan kenapa Pijar saat waktu pernikahan mulai dekat dia malah susah untuk dihubungi. Karena kesal dengan tingkah laku Pijar Duma pun mencoba untuk bertanya kepada Gevin yang merupakan sahabatnya si Pijar itu, tapi jawaban nya tak sesuai yang diharapkan oleh Duma. Akhirnya Duma pergi ke kalimantan untuk menemui Pijar di tempat ia bekerja . Setelah tiba di perusahaan pijar bekerja ternyata pijar sudah tak kerja lagi di perusahaan tersebut.Dumapun bertambah bingung. kenapa Pijar tak menghubungi dia kalau dia sudah tak kerja lagi di perusahaan lama tempat dia bekerja. Itulah pertanyaan yang datang di dalam benak Duma dan akhirnya dengan keyakinan yang sangat kuat dia memberanikan diri untuk mendatangi rumah Pijar. ketika bertemu ibunya Pijar, ibunya menjawab dengan tidak tau dimana posisi pijar bekerja pada saat ini. Dumapun berpikirsejenak “mana mungkin seorang ibu tidak tau dimana anaknya bekerja sekarang, apa mungkin ibunya menrahasiakan dima pijar sekarang”. akhirnya Duma meminta kepada ibunya pijar untuk memberitahukan no hp pijar dan jawabannya pun tidak sesuai yang diharapkan oleh Duma. Akhrinya Duma pun pulang ke rumahnya dengan perasaan yang telah hancur lebur.

cinta Duma pun seakan luluh lantah. Setelah tiba di rumah, Duma pun menangis di dalam pelukan ibunya. Duma menangis histeris sekali karena cinta yang ia harapkan malah mengecewakannya. keluarga Duma pun memberikan semangat kepada duma bahwa dia dunia ini cowok tidak satu saja. Duma pun berusaha tabah dalam menghadapi kegagalan cintanya. Duma sungguh sangat sangat kecewa kepada Pijar, dia bahkan sering bertanya tanya di dalam hatinya” kenapa seorang pijar mengecewakan dirinya “. Akhirnya setelah beberapa lama duma ditinggalkan pijar pun berusaha untuk menghubungi duma. hp Dumapun berbunyi dan ternyata tidak disangka yang menelfon adalah Pijar. dalam telfon tersebut, Muin menjelaskan tentang kenapa dia sampai meninggalkan duma dan pergi dari perusahaan tempat dia bekerja . Dia tidak tau bahwa sulit bagi perempuan untuk menerima maaf dari pria yang telah menghianatinya.

walaupun Pijar sudah meminta maaf bekali-kali kepada Duma atas kelakuannya tetap saja dia tidak mau menerima maafnya.Dia pun berfikir seharusnya Pijar datang kerumahnya dan meminta maaf kepada keluarga Duma tentang kelakuannya yang telah melukai hati duma dan keluarganya.

sampai akhir pertemuannya dengan pijar pun dia tetap belum bisa menerima perilaku Pijar yang telah membuat hatinya terluka. Duma pun belum dapat membuka hatinya terhadap orang lain karena rasa sakit hati yang telah menimpanya. semoga cerpen jambu, janjimu busuk ini menghibur ya

Cerpen lain : Kisah : Anak Desa Yang Beruntung