Dari 2014-2016, Klub Spanyol Kuasai Sepakbola Eropa

806

Klub Sepakbola Spanyol

Klub Spanyol Hingga 2016 Masih Kuasai Sepakbola Eropa

LebahMaster.Com – Tanggal 7 Juni 2015, menjadi kenangan manis bagi Barcelona. Di tanggal itu, klub catalan itu jadi juara Liga Champion, liga kasta tertinggi klub-klub Eropa. Di Olympia Stadion Berlin, pada laga puncak Lionel Messi dkk sukses menggulung jagoan Italia, Juventus. Bahkan, Barcelona menghabisi Juventus dengan skor telak 3-1.

Gol-gol klub catalan itu diciptakan, oleh Ivan Rakitic, Luis Suarez dan Neymar. Sementara satu-satunya gol balasan Bianconeri dilesakan Alvaro Morata.

Sebelumnya, 28 Mei 2015, klub Spanyol lainnya, Sevilla juga menorehkan sejarah di Stadion Narodowy, Warsawa. Tanggal itu, dilangsungkan final Liga Eropa, mempertemukan Sevilla dengan klub Dnipro Dnipropetrovsk. Setelah bertarung sengit, skor akhir 3-2 untuk Sevilla.

Kemenangan di Warsawa, melengkapi prestasi emas Sevilla. Sebab, pada tahun 2014, Sevilla juga sukses jadi kampiun Liga Eropa. Di partai puncak, Sevilla berhasil menyingkirkan Benfica, klub asal Portugal. Kini, di tahun 2016, Sevilla kembali melaju ke babak final. Di final Liga Eropa 2016, Sevilla akan menghadapi wakil dari Inggris, Liverpool. Jika berhasil menekuk The Reds, Sevilla akan menciptakan hattrick, tiga kali juara di Liga Eropa.

Masih tahun 2014, klub dari Spanyol masih yang nomor wahid di tanah Eropa. Real Madrid, klub di Liga Spanyol keluar sebagai kampiun Liga Champion. Di final, yang digelar Estadio Da Luz, Lisbon, Real Madrid mengalahkan rival satu kotanya, Atletico Madrid dengan skor telak 4-1. Sejarah kembali terulang di 2016. Real Madrid dan Atletico Madrid kembali harus saling bunuh untuk mendapatkan predikat klub terbaik di benua biru. Stadion San Siro Milan, Italia, pada 28 Mei 2016, akan jadi saksi, siapa yang akan mengangkat trophi Piala Champion.

Jadi, dari 2014 sampai dengan 2016, sepakbola di Eropa masih milik klub Spanyol. Namun jika Liverpool sukses menekuk Sevilla, sejarah emas akan ternoda sedikit. Tapi, bila Sevilla menang, maka cerita kejayaan klub Spanyol, sempurna sudah. (by.Agus)

Baca: Sisi Lain Socrates, Legenda Sepakbola Brasil