Dari PNS Rendahan Hingga Bintang Mahaputera Utama

1626

Penghargaan Bintang Mahaputera Untuk Alex Noerdin

Bintang Mahaputera Alex Noerdin
Dari PNS Rendahan Hingga Bintang Mahaputera Utama

Bintang Mahaputera Utama, Bagi semua warga Negara, dianugerahi Bintang Mahaputera Utama, tentu adalah impian. Terutama, mereka para pejabat publik. Sebab, penghargaan Bintang Mahaputera, adalah penghargaan kasta paling tinggi yang diberikan pemerintah Indonesia bagi mereka dari kalangan sipil yang dianggap berjasa bagi negara dan bangsa.
Salah satu anak bangsa yang berbahagia dan berbangga mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputera Utama adalah Alex Noerdin, putera ‘Sungai Musi’ yang kini menjadi Gubernur Sumatera Selatan. Alex, menambah deretan para Gubernur lainnya yang sebelumnya juga mendapatkan penghargaan serupa seperti Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Bali, Made Mangku Pastika dan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zainul Majdi. Makin berbangga, karena bintang itu akan langsung disematkan Presiden RI, bertepatan dengan peringatan Kemerdekaan Indonesia.
” Penghargaan ini dengan perjuangan yang tidak instan,” kata Alex, dalam sebuah wawancara dengan media.
Alex mengaku tak menyangka, bakal dicatat oleh sejarah, menjadi salah satu dari sekian anak bangsa yang dihargai pemerintah Indonesia atas kiprahnya selama ini. Ia pun mengenang jejak pengabdiannya dari mulai menjadi pegawai plat merah atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) hingga sekarang menjadi orang nomor satu di bumi Sriwijaya untuk periode kedua kalinya.
” Semua capaian itu tidak instan. Butuh waktu yang lama. Saya ingat mengawali karir mulai PNS golongan rendah,” kata dia.
Baginya, penghargaan yang ia terima, adalah capaian yang sangat luar biasa. Ia tak menyangka, bila dapat penghargaan setinggi itu. Tentunya, hanya ucap syukur yang bisa ia panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta hatur terima kasih tak terhingga kepada semua rakyat di Sumatera Selatan yang telah memberinya mandat untuk memimpin bumi Sriwijaya untuk kedua kalinya.
Alhamdulillah, itu pencapaian yang bisa dibilang luar biasa,” kata Alex yang mulai memimpin Sumatera Selatan sejak tahun 2001 tersebut.
Merujuk pada Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda jasa, dan Tanda Kehormatan, khususnya Pasal 25 dari UU tersebut, dijelaskan bahwa syarat umum penerima penghargaan adalah Warga Negara Indonesia atau seseorang yang berjuang di wilayah Indonesia, memiliki integritas moral dan keteladanan, berjasa terhadap Bangsa dan Negara, setia dan tidak mengkhianati Bangsa dan Negara, berlakuan baik dan tidak pernah di penjara.

Dalam UU itu juga disebutkan syarat penerima Bintang Mahaputera Utama. Mereka yang mendapat penghargaan tertinggi itu adalah orang-orang yang berjasa berjasa luar biasa diberbagai bidang yang bermanfaat bagi kemajuan, kesejahteraan, kemakmuran bangsa dan Negara. Syarat lainnya dari penerima Bintang Mahaputera adalah pengabdian dan pengorbanan di bidang socsal, politik, ekonomi, hukum, budaya, ilmu pengtahuan dan teknologi dan beberapa bidang lain yang besar manfaatnya bagi bangsa dan Negara. Selain itu darmabakti dan jasanya diakui secara luas di tingkat nasional dan internasional.
Alex memang bukan Gubernur yang sepi akan penghargaan. Bahkan saat mulai menjabat sebagai orang nomor satu di Sumatera Selatan, Alex langsung membuat gebrakan. Salah satu gebrakan yang paling fenomenal dan kini di tiru kepala daerah lainnya adalah program sekolah dan berobat gratis. Alex bisa dikatakan kepala daerah pelopor. Gebrakannya dianggap berhasil, sejak ia mulai menjadi Bupati di Kabupaten Musi Banyuasin, salah satu kabupaten di Sumsel.
Karena prestasinya itulah, Alex kemudian dipercaya rakyat Sumsel untuk menjadi Gubernur, setelah terpilih dalam pemilihan kepala daerah di provinsi tersebut. Pria kelahiran Palembang 9 September 1950 yang memulai karirnya dengan menjadi staf di Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) dengan pangkat Golongan II/B pada tahun 1980 itu, berhasil membuat Sumsel go internasional. Di era Alex, berbagai event kelas nasional dan internasional pernah dilangsungkan di bumi Sriwijaya.
Hajatan besar yang sukses di gelar di Sumsel antara lain penyelenggaraan Sea Games pada tahun 2011. Selepas hajatan Sea Games tercatat ada lima kejuaraan dunia, tujuh kejuaraan Asia, empat kejuaraan tingkat Asia Pasific yang diselenggarakan di Bumi Sriwijaya.

Terakhir, event besar yang sukses di gelar di Sumsel adalah menjadi tuan rumah International Solidarity Games (ISG) tahun 2013, sebuah hajatan pesta olahraga negara-negara muslim. Seabrek penghargaan pun pernah diraih Alex, antara lain Manggala Karya Kencana, Tokoh Penggerak Kepemudaan Nasional dan Daerah, Adi Manggala Krida serta berbagai belasan penghargaan tingkat nasional lainnya yang diberikan oleh Presiden RI. Alex juga pernah mendapat penghargaan dari Pemerintah Amerika Serikat, atas keberhasilan membangun sektor Pendidikan dan kesehatan di daerahnya

.
” Semua penghargaan ini saya dedikasikan untuk rakyat Sumsel,” ucap Alex.

Artikel By : Agus Supriyatna / @rakeyanpalasara

 

Artikel Terkait :

Mimpi Alex, Berharap Lahir Rosihan Anwar van Sungai Musi