Jajaran Tokoh Peraih Penghargaan Achmad Bakrie Award 2015

Peraih Penghargaan Achmad Bakrie 2015

LebahMaster.Com – Pada Jumat, 21 Agustus bertempat di Jakarta Theatre, hajatan penganugerahan Achmad Bakrie Award kembali digelar. Achmad Bakrie Award sendiri adalah ajang pemberian penghargaan yang diberikan kepada beberapa tokoh yang dinilai punya sumbangsih berharga bagi bangsa di berbagai bidang yang digelutinya.

 

Siapakah yang dinobatkan dewan juri sebagai penerima Penghargaan Achmad Bakrie 2015? Peraih Achmad Bakrie Award 2015 adalah Azyumardi Azra, intelektual Islam dan mantan Rektor UIN Syarif Hidayatulloh, Ahmad Tohari, sastrawan, Kharudin Djenod, teknolog, Suryadi Ismadji, saintis, Tigor Silaban, dokter, Suharyo Sumowidagdo, peneliti.

 

Azyumardi Azra, oleh Dewan Juri dianggap sebagai pemikir sosial yang punya sumbangan berharga terutama dalam mengembangkan khazanah pemikiran, khususnya tentang dunia Islam. Sementara Ahmad Tohari, dinilai sebagai sastrawan terkemuka Indonesia yang memperkokoh tradisi sastra realisme di Tanah Air. Sedangkan Kharudin Djenod, dianggap sebagai teknolog yang memiliki andil besar dalam mengembangkan industri kemaritiman di Indonesia. Kaharudin sukses mengembangkan sistem metode mutakhir desan kapal lain yang kini diakui dunia internasional.

 

Suryadi Ismadji sendiri dinilai sebagai saintis yang mampu memperkaya khazanah pengetahuan biokimia melalui riset yang berbasis pada keanekaragaman hayati lokal. Sedangkan Tigor Silaban, adalah seorang dokter yang mengabdi tanpa pamrih, terutama dalam mengangkat harkat martabat masyarakat Papua. Terakhir, Suharyo Sumowidagdo, dianggap sebagai ilmuwan muda Indonesia yang punya tempat di dunia penelitian dunia. Suharyo ikut serta dan berperan aktif dalam eksperimen global, khusus dalam penelitian tentang partikel Higgs Boson di Conseil Européene pour la Recherche Nucléaire (CERN) atau European Organization for Nuclear Research.

 

Sementara itu, Ardi Bakrie mewakili keluarga Bakrie mengatakan, hajatan Achmad Bakrie kali ini mengambil tema yang berbau patriotisme : Bangga Menjadi Indonesia. Ia berharap, pemberian penghargaan  Achmad Bakrie Award 2015, bisa menumbuhkan rasa bangga bangsa Indonesia, bahwa di negeri ini banyak anak negeri yang punya sumbangsih besar bagi ilmu pengetahuan juga bagi bangsa.

 

Dan semoga para peraih Achmad Bakrie bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak muda Indonesia,” kata Ardi.

 

Baca Juga :

Hebat, Wanita Tanpa Lengan Ini Mahir Menerbangkan Pesawat

Sri Mulyani Kembali Masuk 100 Wanita Paling Berpengaruh Di Dunia