Fakta Unik Kaum Jomblo, Bagian Si Introvert yang Perlu Kamu Tahu

1805

Jomblo – Apa sih introvert itu? Introvert adalah salah satu jenis kepribadian manusia. Ada 3 jenis kepribadian manusia secara umum menurut Carl Jung, Dokter Psikologi Swiss yaitu Introvert (kepribadian tertutup), Ekstrovert (Kepribadian terbuka) dan Ambievert (Campuran Kepribadian tertutup dan terbuka). Tapi kali ini yang akan penulis bahas hanyalah kepribadian tertutup (introvert). Mengapa? Karena tahukah kamu ternyata ada fakta-fakta unik dari orang yang berkepribadian introvert.

Fakta Unik Kaum Jomblo Dan Introvert
Foto via www.eharmony.com

Orang dengan kepribadian introvert cenderung tertutup, pendiam dan penyendiri. Tapi bukan berarti dia menutup diri dari lingkungan sosial. Kebanyakan orang berpikir bahwa orang yang pendiam atau sedikit bicara, suka menyendiri, tidak menyukai keramaian merupakan orang yang pemalu. Padahal tidak semua yang memiliki sifat demikian adalah pemalu, tapi bisa jadi dia berkepribadian introvert. Berkepribadian introvert bukan berarti pemalu. Ada fakta unik dibalik orang berkepribadian introvert. Berikut ini fakta yang perlu kamu ketahui dari si introvert:

1. Tertutup
Ya, orang yang mempunyai kepribadian introvert cendrung tertutup. Ia lebih memilih meyimpan segala sesuatu sendiri, dan tidak menceritakan pada orang lain. Namun, apabila si introvert menemukan orang yang nyaman dan dipercaya dia bisa berubah menjadi terbuka dan menyenangkan jika diajak bercerita. Orang yang mempunyai kepribadian introvert cenderung sedikit berbicara sehingga sering dijuluki “si pendiam”. Dia hanya akan berbicara seperlunya saja.

2. Pemikir
Si introvert adalah pemikir, ia cenderung berpikir terlalu lama dan detail dalam mengambil keputusan. Sehingga sering kali ia terlihat lamban dalam merespon setiap pertanyaan dan pengambilan keputusan.

3. Suka menulis dan tidak suka berbicara
Orang dengan kepribadian introvert ini lebih suka menulis daripada berbicara. Sebab segala sesuatu yang sulit untuk diungkapkan lewat kata-kata akan lebih mudah diungkapkan lewat tulisan. Dalam hal komunikasi, kebanyakan si introvert lebih suka berkomunikasi dengan menulis pesan melalui SMS, WA, BBM daripada berkomunikasi melalui telepon. Ia cenderung tidak banyak berkata saat berkomunikasi lewat telepon, tapi ketika menuliskan pesan, akan banyak kata-kata yang tertuang dalam pesan tersebut. Coba perhatikan orang-orang disekitarmu, jika dia lebih banyak mengungkapkan kata-kata lewat tulisan, bisa jadi dia berkepribadian introvert.

4. Tidak banyak teman dan menikmati kesendirian
Sifat tertutup dan tidak banyak bicaralah yang membuat si introvert cenderung tidak mempunyai banyak teman. Ia lebih memilih diam daripada banyak bicara basa-basi mencari teman. Hal ini membuat orang dengan kepribadian introvert menikmati kesendiriannya, tidak terganggu dengan suasana sepi. Justru introvert cenderung tidak menyukai keramaian.

5. Peka dan Selektif
Mereka yang mempunyai kepribadian introvert lebih peka terhadap orang-orang disekitarnya. Dia akan memperhatikan hal-hal kecil yang terjadi disekelilingnya. Dan ia juga selektif dalam memilih teman maupun pasangan. Biasanya si introvert tidak mudah berteman dengan siapa saja. Karena sifatnya yang pemikir, ia akan berpikir mana teman yang membuatnya nyaman dan bisa dipercaya dan mana yang tidak. Dia akan menjadi setia kepada sahabat yang ia percaya.

6. Pendengar yang baik
Ya, si introvert memang bukan pembicara yang handal, tapi ia pendengar yang baik. Ia lebih suka mendengarkan orang berbicara daripada dia sendiri harus berbicara di depan umum. Ia akan merasa tidak nyaman dan tidak lancar jika harus berbicara di depan umum. Buat kamu yang suka curhat, penulis menyarankan sebaiknya kamu mencari teman dengan kepribadian introvert. Dia pasti akan setia mendengarkan curhatanmu.

7. Suaranya kecil
Introvert cenderung mempunyai suara kecil dan lembut. Mengapa demikian? Karena ia jarang berbicara, jarang teriak-teriak, cenderung pendiam. Sehingga pita suaranya kurang terlatih.

8. Jomblo
Kebanyakan orang yang mempunyai kepribadian introvert susah mendapatkan pasangan yang akhirnya lama menyandang status jomblo. Mengapa demikian? Karena si introvert cenderung tertutup, sedikit berbicara sehingga kesulitan dalam berkomunikasi saat mencari teman atau pasangan. Selain itu introvert adalah orang pemikir dan selektif, karena terlalu lama berpikir dan selektif dalam memilih pasangan itulah ia lama menyandang status jomblo. Tapi tidak semua yang berkepribadian introvert berarti jomblo.

Itu dia beberapa info tentang si introvert. Apakah kamu mempunyai teman yang mempunyai kepribadian tertutup (introvert)? Atau bahkan kamu sendiri termasuk si introvert? jika kamu termasuk si introvert? salam sahabat introvert. karena penulispun juga berkepribadian introvert . Semoga informasi ini bermanfaat.

Menulis adalah caraku Berbicara” ~Tuki~ Twitter @tukhiee