Fatwa Ulama: Hukum Menggunakan Wifi Tetangga Tanpa Izin Pemiliknya

1340

Fatwa Ulama: Hukum Menggunakan Wifi Tetangga Tanpa Izin

Kabar Islami – Fasilitas Penunjang Kecepatan akses internet seperti Wifi di era modern serba teknologi seperti sekarang ini memang banyak diburu keberadaannya oleh sebagain manusia yang memiliki gadget canggih yang bisa digunakan untuk berselancar di dunia internet. tak jarang terkadang karena terlalu asik berselancar di dunia maya yang begitu cepat dan mudah membuat seseorang sering lupa mengerjakan hal yang lebih penting bagi dirinya. apalagi saat menjelajahi dunia maya dengan bantuan koneksi wifi gratis yang ditemukan secara tiba – tiba dan tanpa harus login by password.

berkenaan dengan fasilitas wifi yang banyak tersebar keberadaannya diberbagai daerah secara khusus di kota – kota besar yang sudah agak maju, barangkali diantara kita sering menemukan jaringan wifi gratisan milik tetangga yang bisa digunakan tanpa harus meminta password kepada pemiliknya sehingga terkadang sengaja atau tidak akhirnya main sikat saja asal bisa digunakan dan kenceng aksesnya.

Nah, yang jadi persoalannya ialah Apakah menggunakan Fasilitas Wifi tetangga atau milik orang lain tanpa izin dibolehkan dalam pandangan Syari’at islam?…

Untuk menjawabnya, kami menemukan adanya fatwa ulama yang berkaitan dengan permasalahan ini. dimana beberapa waktu lalu pihak departemen Agama islam Dubai telah mengeluarkan Fatwa Ulama terkait penggunaan wifi milik tetangga tanpa izin terlebih dahulu, karena hal tersebut termasuk pada tindak penipuan dan pencurian Hak orang lain.

Bahkan dalam kasus ini, menggunakan wifi orang lain tanpa meminta izin, termasik juga berupa kegiatan meretas atau penggunaan ilegal yang merugikan pemilik WiFi juga merupakan dosa.
“Apakah pemilik layanan WiFi terpengaruh atau tidak, itu haram atau dilarang menggunakan layanan tanpa izinnya,” kata Ali Mashael, Ketua Departemen Agama Islam dan Aktivitas Amal di Dubai seperti dikutip pada laman situs resmi khaleejtimes.com.

Hal senada juga disampaikan oleh Seorang peneliti Islam, Syeikh Mohammed Ashmawy, beliau mengatakan bahwasanya kegiatan peretasan atau menggunakan wifi orang lain secara ilegal merupakan tindakan yang terlarang. beliau juga menyebutkan bahwa kegitan semacam itu merupakan tindakan merugikan orang lain,

Karenanya orang tidak boleh terlibat dalam pencurian WiFi tersebut,” ujar Syeikh Ashmawy.

Fatwa tentang Haramnya menggunakan wifi milik orang lain tanpa izin terlebih dahulu ini telah diumumkan melalui website resmi Departemen agama Islam Dubai pada Senin yang lalu. Dikeluarkannya Fatwa ini setelah ada seseorang yang tak disebutkan namanya bertanya mengenai hukum menggunakan jaringan WiFi orang lain tanpa izin.

Menggunakan jaringan wifi orang lain tidak ada yang salah apabila meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik wifi yang anda gunakan.

Tidak ada yang salah dalam menggunakan saluran jika tetangga Anda mengizinkan Anda, tetapi jika mereka tidak mengizinkan, Anda tidak boleh menggunakannya,” demikian pengumuman Fatwa itu.

Tentunya berbeda lagi bila wifi yang digunakan memang tersedia bebas untuk umum artinya diperbolehkan untuk diakses siapa saja yang kebetulan di suatu tempat dan itu termasuk fasilitas umum yang tidak mengharuskan untuk meminta izin, hanya saja gunakan secara bijak dan pada hal yang positif.

Itulah Sobat LMC semuanya yang baik dan bijak fatwa ulama perihal menggunakan wifi orang lain tanpa izin, mulai sekarang yuk, jangan terlalu nafsu menggunakan jaringan wifi sehingga sampai lupa aturan atau lupa minta ijin pemiliknya. agar apa yang kita lakukan dengan koneksi wifi tersebut tidak mengundang kejelakan dan hasil yang jelek pula. (Bang Tohir/O.LMC)

*** Yuk Bagikan / Share Artikel ini semoga menjadi penambah pahala kebaikan bagimu.

Baca Juga: Inilah 4 Hal Penyebab Kouta Internet Cepat Habis