Filosofi Ketidakbahagiaan Hidup Ala Jaya Suprana

Jaya Suprana

Lebahmaster.Com – Bagi pendiri Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri), Jaya Suprana, bukan kebahagian yang diperlukan. Tapi ketidakbahagian. Filosofi ketidakbahagian itulah, kata dia, yang merubah peradaban dan sejarah dunia.

 

Kebahagian menurut saya tak baik. Semua pergerakan kebudayaan bukan digerakan oleh kebahagian, “ kata Jaya.

 

Ia ambil contoh, revolusi Perancis, tak akan terjadi, kalau rakyat Perancis bahagia. Revolusi pecah, karena rakyatnya tak bahagia. “ Proklamasi Indonesia juga tak akan terjadi, kalau Hatta dan Soekarno merasa bahagia dengan kondisi rakyatnya. Karena mereka tak bahagia melihat bangsanya, maka terjadilah proklamasi,” katanya.

 

Kadang kebahagian bisa menjadi candu, kata dia. Maka benar kata Karl Marx, bahwa agama itu opium, karena agama sering dijadikan alat oleh penguasa, seolah-olah dengan agama rakyat bisa bahagia. “ Saya akan buka rahasia nih, dalam waktu dekat akan saya luncurkan, sebuah buku karangan saya berjudul, pedoman menuju ketidakbahagian,” ucapnya.

 

Demikianlah Pendapat ataupun filosofi ketidakbahagiaan menurut Jaya Suprana, sedangkan menurut anda ketidakbahagiaan itu seperti apa dalam kehidupan ini?

 

Note opini dari admin  : Kita semua masing-masing memiliki pendapat untuk mendefinisikan arti kebahagaan dan ketidakbahagiaan itu sendiri, tapi walaupun demikian sering terjadi perbedaan pendapat jangan sampai perbedaan itu membuat kita saling mengadu domba apalagi sampai terjadi perpecahan yang menyebabkan munculnya hal-hal yang tidak baik, berpendapat adalah Hal semua orang, mendengarkan dan menghargai pendapat juga merupakan salah satu sikap bijak yang harus selalu dilatih dalam kehidupan ini.

 

kita tidak akan bisa menemukan solusi ide jika tidak ada yang mau mengeluarkan pendapat untuk sebuah pembahasan dalam permasalahan. 🙂 right?

 

Dalam kebahagiaan terdapat hikmah kebaikan begitu juga pada ketidakbahagiaan didalamnya tersimpah hikmah kebaikan bagi setiap manusia.

Baca Juga Artikel Lainnya berikut :

Adam Zeng Xuezhong, Bos ZTE yang Membuat Perusahaan Itu Mendunia