Gaya Hidup Traveling DI Indonesia

Pariwisata merupakan suatu keseluruhan elemen-elemen terkait yang didalamnya terdiri dari wisatawan, daerah tujuan wisata, perjalanan, industri dan lain sebagainya yang merupakan kegiatan pariwisata. Pada dasarnya Indonesia umumnya memiliki kekayaan bahari yang berlimpah, yang mencakup kehidupan sekitar 28 ribu species flora, 350 species fauna, 110 ribu species mikroba, serta sekitar 600 species terumbu karang. Keanekaragaman terumbu karang di Indonesia mencapai 600 species dari 400 genera, jauh lebih kaya dari yang dikandung Laut Merah yang hanya memiliki 40 species. Laut Indonesia memiliki ratusan titik harta karun.

Di era modern ini, kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat lebih banyak dan semakin beragam jenisnya. Untuk menunjang berbagai aktivitas tersebut transportasi dan tempat wisata memainkan peranannya untuk menunjang kebutuhan masyarakat masa kini dan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain. Dan saat ini semakin banyaknya daerah- daerah yang mulai membangun tempat-tempat wisata di tambah dengan keanekaragaman tempat wisata yang sudah ada sejak dulu kareana kekayaan alam. Dengan tersedianya tempat pariwisata dan transportasi maka masyarakat dapat dengan mudah mengakses berbagai daerah baik dalam jarak dekat maupun jarak yang jauh.

Baca: Tempat Wisata Terpopuler di Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2017

Tour, jalan-jalan adalah salah satu kata yang cukup sering disebut oleh anak zaman sekarang pada saat ini. Hal ini menunjukkan zaman sekarang orang-orang kalangan menengah ke atas lebih memilih gaya hidup seperti tour, jalan-jalan. Hal yang mungkin dapat menjelaskan pergeseran praktik yang terjadi saat ini sebagai bagian dari instrumen gaya hidup. Pola konsumsi masyarakat berubah dari konsumsi kebutuhan non leisure ke tahap mengisi kegiatan waktu luang atau (leisure activities). Menurut Darmin, masyarakat sedang mengalami masa perubahan dalam tahap konsumsi ke arah rekreasi (jalan-jalan). Saat ini komoditas berupa rekreasi dan gaya hidup mulai dianggap lebih penting.  “Kita di masa kecil dan remaja, baju baru dianggap penting dan membanggakan, namun sekarang itu tidak demikian.”

Perkembangan minat masyarakat indonesia untuk melakukan traveling, dan berwisata tersebut ditandai dengan semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan selama hampir lima tahun terakhir. Selain itu semakin gencarnya kegiatan pembangunan, penambahan, renovasi dan pengelolaan fasilitas prasarana yang ditunjang dengan meningkatnya kualitas pelayanan obyek wisata seperti obyek Wisata Air Terjun, Pegunungan, dan hutan-hutan telah di perindah dan di buat seunik mungkin untuk menarik perhatian para pengunjung terutama di kalangan anak muda  sebagai daerah tujuan wisata unggulan. Kebutuhan hidup orang Indonesia tak lagi seputar pangan, sandang dan papan. Setelah menabung, orang Indonesia memilih traveling alias jalan-jalan sebagai prioritas keduanya.

Kesimpulannya saat ini masyarakat Indonesia lebih senang untuk melakukan perjalanan dan berwisata ke tempat-tempat yang bergaya alam bebas  dan berkeliling dari satu tempat-ke tempat lainnya. Saat ini masyarakat juga cenderung melakukan uji adrenalin di alam bebas, seperti pegunungan, air terjun, di laut dan di udara. Dengan perubahan trend seperti ini, industri pariwisata Indonesia memiliki peluang besar untuk tumbuh di masa depan. Terlebih dengan meningkatnya minat konsumen Indonesia untuk berwisata dan makin menariknya Indonesia bagi wisatawan asing.

Penulis & Pengirim artikel: Musdalifah-Stei Sebi

Baca Juga: Tips Aman dan Nyaman Membawa DSLR Saat Traveling

SHARE
Previous articleKISAH KEAJAIBAN DI BALIK DOA SESEORANG
Next articleJumlah Jamaah Haji dan Umroh Indonesia semakin Meningkat
Kirim tulisanmu ke lebahmaster.com - suarakan inspirasi dan aspirasimu yang bersifat membangun. jadikan setiap kata dalam tulisanmu penuh manfaat bagi banyak orang. Tulisan Sahabat adalah space khusus untuk memuat tulisan hasil dari aktivitas jurnalistik para sahabat pembaca yang dikirim ke lebahmaster, baik dengan mendaftar terlebih dahulu maupun dikirim ke email: redaksi@lebahmaster.com