Gejala Serta Penyebab Penyakit Diabetes Pada Ibu Hamil

709

Mengenal Gejala dan Penyebab penyakit Diabetes Pada Ibu Hamil

Gejala Serta Penyebab Penyakit Diabetes Pada Ibu Hamil

Penyakit Diabetes melitus adalah penyakit Jangka Panjang yang disebabkan karena kadar glukosa darah yang meningkat melebihi batas Normal (Hiperglikemia) Hal ini disebabkan tubuh yang kekurangan insulin baik absolut maupun relatif.
Glukosa memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh manusia karena merupakan sumber energi utama bagi otak dan sel-sel yang akan membentuk otot serta jaringan di dalam tubuh.
Penyakit Diabetes melitus terbagi menjadi dua jenis yiatu jenis diabetes Tipe 1 dan diabetes tipe 2, Pada tipe 1 diabetes akan sangat mudah dan cepat sekali berkembang hanya dalam beberapa hari saja, sedangkan diabtes tipe 2 sering kali tidak disadari oleh penderitanya hingga bertahun-tahun karena gejala diabetes tipe 2 tidak bersifat spesifik.

 

Baca: Temuan Terbaru Penyakit Diabetes Tipe 2 Tidak Di Sebabkan Kurang Vitamin D
Secara umum penyakit diabetes dapat dikenali gejalanya dengan adanya tanda-tanda berikut ini:

  • Penderita menjadi mudah atau Sering merasa haus.
  • Sering merasa lapar yang sangat ekstrem.
  • Berkurangnya massa otot.
  • Mudah kelelahan.
  • Penderita mengalami Kabur penglihatannya.
  • Terdapat luka yang sulit dan lama sembuh
  • Berat badan menurun tanpa alasan yang jelas.
  • Sering buang air kecil, terutama di malam hari.
  • Sering mengalami infeksi, misalnya pada gusi, kulit, vagina, atau saluran kemih.
  • Terdapat keton dalam air seni. Keton adalah produk sampingan dari metabolisme otot dan lemak yang terjadi ketika produksi insulin tidak cukup.

Jumlah Penderita penyakit diabetes melitus semakin tahun semakin mengalami peningkatan, Hal ini berdasarkan data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), penyakit diabetes atau kencing manis di dunia sudah mencapai angka 422 juta kasus. Artinya dari 11 orang terdapat 1 orang yang mengidap penyakit kadar gula darah tinggi atau diabetes ini.

Penyakit diabetes juga sering menyerang para ibu hamil, karena pada masa kehamilan wanita banyak mengalami perubahan, termasuk perubahan pada kesehatan. Hal yang memprihatinkan beberapa ibu hamil tidak memperhatikan kesehatan mereka dan enggan melakukan pemeriksaan kesehatan pada dokter sehingga tidak menyadari jika dirinya terkena penyakit, termasuk jika mengindap gejala penyakit diabetes melitus gestasional (DMG).

“Diabetes melitus gestasional merupakan suatu kondisi medis di mana wanita yang sebelumnya tidak pernah terdiagnosis diabetes, namun menunjukkan peningkatan gula darah tinggi selama kehamilan,” Ujar dr. Olivia C. Walewangko, SpPD dari Rumah Sakit Evasari Awalbros, Jakarta.

Tentang hal ini, dr. Olivia juga menjelaskan, secara Normal kadar gula darah diatur oleh Hormon insulin yang membuat glukosa di dalam aliran darah masuk ke dalam sel. Namun, Ketika sedang dalam masa hamil, tubuh wanita akan memproduksi lebih banyak hormon, seperti hormon estrogen yang berfungsi untuk memic tubuh menjadi resisten terhadap kerja insulin. Itulah yang menjadi penyebabnya penykit diabetes Melitus muncul menyerang ibu hamil.

Insulin berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah, jika insulin tidak bekerja maka hal ini akan menyebabkan kadar gula darah menjadi naik dan menimbulkan gejala Diabetes melitus (DMG).
Padahal guna dari kerja insulin adalah menurunkan kadar gula darah. Akibat tidak bekerjanya insulin, maka gula darah akan meningkat sehingga terjadilah DMG. Tapi kadar gula darah ibu hamil biasanya akan kembali normal dengan sendirinya setelah bersalin,” Tutupnya.

Jadi, Penyakit diabetes melitus bisa menyerang siapa saja termasuk ibu hamil, maka dari itu jika sedang dalam masa hamil, sebaiknya rajin – rajinlah untuk melakukan periksa kesehatan pada dokter ahli agar gejala penyakit diabetes yang tidak disadari tersebut bisa dikenali dan segera dilakukan penjegahan. Semoga dimasa kehamilan bisa terhindarkan dari Penyakit diabetes.

Baca: Strategi Menjadikan Pikiran Agar lebih Berpikir Positif