Gempa Bumi Goncang Garut Berkekuatan 5,6 Berskala Richter Getarannya Sampai Jakarta

1272

Gempa Bumi Berkekuatan 5,6 Skala Richter Akankah Berdampak Stunami

Gempa Garut Sukabumi

Sukabumi – Gempa bumi berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR) sora tadi telah mengguncang Kota Garut, Cianjur, Sukabumi, dari beberapa info diketahui bahwa getaran dahsyat Gempa Bumi tersebut terasa sampai bandung bahkan Jakarta.

Dari keterangan yang dijelaskan pada situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Sabtu (5/9/2015), gempa Bumi garut tersebut terjadi pada pukul 03.08 WIB.

Gempa berpusat pada koordinat 8.23 LS dan 107.31 BT. semenatara titik gempa berada 109 Km barat daya Garut, Jawa Barat. Pusat gempa terjadi pada kedalaman 10 Km.

Saksi dampak dari goncangan gempa yang terasa hingga kebandung dan Jakarta, mereka benar – benar merasakan ada getaran dilantai rumah mereka.

Barusan terasa banget getarannya. Ini lantai kamar sampai bersuara kayak retak gitu,” kata seorang warga Bandung, Estu Mahanani, pukul 03.00 WIB.

Astagfirullah gempa bumi,” kata Yuyun Yuningsih, warga Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, sambil ia bergegas lari keluar dari dalam rumah.

Kesaksian lain juga dituturkan oleh warga gunungpuyuh, warga semuanya merasa sangat panik atas kejadian getaran gempa bumi tersebut. “Memang beberapa detik, tapi kencang banget getarannya. Ternyata tidak saya saja, keluarga dan tetangga pun merasakan gempa itu,” ujar noky.

Getaran yang terasa hingga kejakarta diawali dengan getaran yang lumayan keras kemudian ada lagi getaran gempa susulan namun lebih ringan dari yang pertama terasa.

Sampai saat ini masih belum ada keterangan jelas apakah gempa Bumi garut menimbulkan korban jiwa maupun rumah yang rusak akibat getaran dahsyat gempa tersebut. Berdasarkan keterangan penjelasan ahli juga mengatakan kalau gempa Bumi di garut tidak berpotensi terjadinya Stunami disana.

Kita semua berharap semoga Gempa Bumi di garut ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa dan merusak hunian warga, serta bagi mereka yang berada disana serta merasakan kejadian ini bisa diberi ketengan dan ketabahan menghadapi fenomena alam yang kurang bersahabat ini.

Artikel Lain : Ini Yang Harus Dilakukan Bila Terjadi gempa