Istri Gus Dur Sinta Nuriyah Dia Suami siaga

Lebahmaster.com – Kyai Haji Abdurrahman Wahid atau biasa dipanggil Gus Dur, adalah Presiden RI yang keempat. Ia jadi Presiden setelah Habibie. Namun sayang, Gus Dur jadi Presiden hanya sebentar. Ia dilengserkan ‘paksa’ lewat Sidang Istimewa MPR. Mantan Ketua Umum PBNU itu dianggap melanggar konstitusi dan dituding terlibat dalam kasus Bulogate.

Ironisnya, kesalahan Gus Dur tak pernah dibuktikan di pengadilan. Sebagai penggantinya naik Megawati Soekarnoputri yang saat itu menjadi Wakil Presiden. Namun tulisan ini bukan hendak mengupas soal kenapa Gus Dur sampai jatuh. Tulisan ini coba memotret sisi lain dari kyai yang suka humor tersebut.

Kick Andy, program talk show di Metro TV yang diasuh oleh wartawan senior Andi F Noya, pernah menampilkan Gus Dur sebagai bintang tamunya. Di acara itu juga hadir istri Gus Dur, Sinta Nuriyah, dan putri-putrinya. Hanya putri sulungnya, yakni Alissa Qotrunnada Munawaroh Rahman yang tak hadir di acara itu. Putri-putri yang lainnya hadir di acara.

Di acara Kick Andy itu pula, Gus Dur banyak buka-bukaan soal kejatuhan dirinya dari tampuk kursi Presiden. Kata Gus Dur, Amien Rais dan Megawati, adalah dua orang yang paling bertanggungjawab atas lengsernya dia dari Istana Negara. Meski begitu, Gus Dur samasekali tak menaruh dendam. Bahkan, setelah tak jadi Presiden, ia sempat datang bertamu ke rumah Megawati. Padahal, istrinya Sinta Nuriyah, melarangnya dengan alasan Megawati ikut andil dalam pelengseran Gus Dur. Tapi Gus Dur tak peduli. Meski diakui, alasan istrinya memang benar.

Andi F Noya yang memandu acara tersebut, banyak mengorek sisi lain Gus Dur. Misalnya soal hubungannya dengan Soeharto. Saat ditanya Andi tentang Soeharto, Gus Dur menjawab, bahwa orang yang pantas jadi musuhnya adalah Soeharto. Tapi, itu pun dia saat Idul Fitri, masih datang sowan ke rumah Pak Harto di Cendana. Kata Gus Dur, itu artinya dia tak punya musuh.

Baca: Kisah Kang Moeslim, Menjelang Detik-detik Gus Dur Jatuh

Nah, ada sebuah cerita yang menarik yang berhasil dikorek Andi F Noya. Ketika itu, Andi bertanya pada Istri Gus Dur, Sinta Nuriyah tentang sosok suaminya itu. Sinta pun menjawab. Menurut Sinta, Gus Dur adalah suami yang ‘siaga’. Perhatian. Meski kurang romantis.

Ia pun kemudian menceritakan, saat dirinya baru melahirkan. Gus Dur, kata Sinta Nuriyah, tanpa diminta selalu yang menggantikan popok anaknya. Menggendongnya, dan mengantarkan padanya jika sang anak ingin disusui. Setelah selesai menyusui, putrinya kembali diambil Gus Dur, digendong lalu ditidurkan.

 

” Pada setiap kali lahirkan anak, setiap malam anak bangun, nangis, Mas Dur yang pertama bangun gantiin popok, lalu menyerahkannya ke saya. Saya tinggal netein (menyusui). Anak saya tidur diserahkan lagi ke Mas Dur. Oleh Mas Dur ditidurkan lagi,” tutur Sinta Nuriyah.

Menurut Sinta Nuriyah, mengurus Gus Dur gampang saja. Soal makan tak rewel. Gus Dur makan apa saja. Tapi kata dia, ada satu yang menjengkelkan dari seorang Gus Dur.

” Yang menjengkelkan kalau soal urusan kesehatan. Susah diaturnya,” kata Sinta.