Hari Jadi Kota Sintang Pada 10 Mei 2016 Bakal Tonjolkan Budaya Lokal

1199

Hari Jadi Kota Sintang Ke-654 Jatuh pada 10 Mei 1362 Masehi

Tugu Adipura Simpang Lima Kota Sintang
Salah satu Icon Kota Sintang Ialah keberadaan Tugu Adipura Simpang Lima yang berada di Nol Km.

LEBAHMASTER.COM, SINTANG – Peringatan hari jadi Kota sintang ke 654 Tahun yang akan digelar pada 10 Mei 2016 mendatang akan menjadi tonggak sejarah tersendiri bagi kota yang berada di pulau kalimatan barat ini. karena pada peringatan hari jadi kota sintang nantinya akan digelar berbagai macam acara yang bertujuan untuk membangkitkan dan menonjolkan budaya lokal.
sebagaimana yang telah disampaikan oleh Kepala Bagian (Kabag) Humas Dan Protokoler Setda Sintang, Kurniawan, S.sos. M. Si beberapa acara akan digelar dalam peringatan hari jadi kota sintang seperti lomba budaya dan kesenian, ritual adat, ziarah, sayembara, pemilihan bujang dara, pementasan teater, pameran budaya, seminar, kirab budaya, lomba sampan, serta napak tilas sejarah Kota Sintang.

 
Sementara itu untuk pada upacara puncak hari jadi Kota Sintang nantinya akan digelar hiburan rakyat dan pertandingan remi bok. dari sisi kepanitiaan acara tersebut akan melibatkan Dewan Adat Dayak, Majelis Adat Budaya Melayu, Puspawaja, Majelis Adat Budaya Tionghoa serta elemen lainnya.

 
Kita akan peringati hari jadi Kota Sintang setiap tahun untuk membangkitkan budaya lokal,” terang Kurniawan.

 
Pada Peringatan Hari Jadi Kota Sintang nanti, Ketua Seksi Seminar, AM Iswadi, menyampaikan, bahwasanya seminar akan dilaksanakandi Gedung Pancasila dan akan mengundang seorang Tokoh Melayu Sarawak selain Tokoh Melayu Kalbar.

 
Seksi Upacara Syarief Muhammad Taufik, menyampaikan , pada pelaksanaan upacara Puncak, 10 Mei 1362 Masehi nanti “ akan ada 1.500 orang yang berasal 19 komponen yang menjadi peserta upacara. Ada yang berpakaian masing-masing etnis. Seluruh Sultan se Kalbar juga kita undang. Upacara direncanakan dilaksanakan di Stadion Baning Sintang karena dianggap lebih layak dari sisi parkir, mampu menampung jumlah peserta yang banyak dan tidak mengganggu pelajar SLTP yang sedang mengikuti Ujian Nasional” ujarnya.

 
Seperti yang diketahui bahwa Kota sintang dengan mayoritas warganya terdiri dari tiga suku yaitu Dayak, Melayu dan Tionghoa dan pada acara hari jadi nanti budaya dari ketiga etnis ini akan ditampilkan dalam bentuk berbagai pertunjukan. untuk menuju acara puncak hari jadi kota sintang ini sebenarnya berbagai kegiatan sudah mulai dilakukan sejak 25 April lalu dan akan terus berlangsung sampai pada 10 Mei 2016 Nanti.

 
Kota Sintang Dimana?

Sekedar informasi tambahan bagi teman – teman yang baru dengar nama Kota Sintang, Kabupaten Sintang adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Kalimantan Barat. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Sintang. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 32.279 km² dan berpenduduk sebesar ± 500.000 jiwa. Kepadatan penduduk 16 jiwa/km2 yang terdiri dari multi etnis dengan mayoritas suku Dayak, Melayu dan Tionghoa.