Hari Minggu, Mandailing Natal Di Guncang Gempa 6 SR

918

Gempa Bumi Sumatera

LebahMaster.Com , Gempa, mandailing Natal – Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho melaporkan, bahwa pada Minggu, 8 November 2015, pukul16:34:57 WIB, telah terjadi gempa yang mengguncang Mandailing Natal, Sumatera Utara. Kekuatan gempa tercatat 6 skala Richter.

 

 

Gempa bumi terjadi di Mandailing Natal, Provinsi Sumatra Utara. Pusat gempa, 85 kilometer Barat Daya, Mandailing Natal, Sumatera Utara,” kata Sutopo, di Jakarta, Minggu, 8 Novemver 2015.

 

 

Terkait korban, Sutopo mengungkapkan, laporan terakhir yang ia terima, belum ada korban jiwa. Pun kerugian material masih nihil. Gempa sendiri, berkekuatan 6,0 skala richter. Pusat gempa, terletak di 96 kilometer kilometer, dengan lokasi 0.57 Lintang Utara (LU), 98.71 Bujur Timur (BT).

 

 

Kondisi mutakhir, gempa terasa kuat di Kabupaten Mandailing Natal selama 5 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Belum ada dampak kerusakan,” katanya.

 

 

Ditambahnnya, gempa juga terasa cukup kuat di Kabupaten Nias Selatan, selama kurang lebih 5 detik. Masyarakat disana pun sempat panik. Namun untungnya, belum ada dampak kerusakan. Pusat gempa berada di laut. Gempa ini tidak berpotensi tsunami. Gempa juga dirasakan di Sumutara Utara, Sumatera Barat.

 

 

Berdasarkan peta gempa dirasakan intensitas gempa III-IV MMI di Mandailing Natal, II-III MMI di Tapanuli Selatan, II-III MMI di Padang, III MMI di Gunung Sitoli, II MMI di Pulau Samosir, II-III MMI di Mentawai, dan III-IV di Padang Sidempuan,” tuturnya.

 

 

Saat ini, lanjut Sutopo, Posko BNPB masih terus melakukan komunikasi dengan BPBD untuk memperoleh laporan. Petugas BPBD juga masih melakukan pendataan di lapangan.