Hikmah Di Balik Sakit Dalam Islam

Hikmah di Balik Sakit Menurut Islam
Hikmah di Balik Sakit Menurut Islam – Iamge Ilustration

Sakit!!! Kata ini sangat pendek. Tapi nggak sependek badan gue ya. Karena masih tinggian gue darinya :v #Eh? Hehe. Yappp bener sekali kata “sakit” ini bagaikan musuh bagi orang-orang yang enggan ia hampirin. Saat mendengar kata ini kebanyakan orang sangat takut apabila ia telah membayang-bayangi si pemilik tubuh. Wahhh sebegitunyakah perawakan pendek dari kata sakit ini, justru membuat orang takut??? 😮 Ahhh gue rasa itu manusianya aje yang terlalu lebay. Hhiii #pisss

Akhir-akhir ini banyak sekali gue dapatkan kabar tentang orang-orang yang sakit. Baik dari lingkungan rumah, anak teman kerja gue (ceileeehhh udeh kerja ni yen? :D… Hmmmm#^$*@^@*#*-_\), keluarga, teman dan di media sosial pun ada berita dari publik figur, juga dari kalangan pejabat negara. Berita-berita orang sakit itu sering sekali gue dapati. Terlebih lagi dengan diri ini sendiri, sudah seminggu ini gue ngerasain badan agak kurang fit (widihhh curhat bukkk…) hehe. Nggak juga sih 😀

Banyak yang mengeluh di saat sakit datang. Apakah lo salah satunya??? Kira-kira seperti inilah dumelannya :3 “Mengapa sakit ini harus aku yang alami?”, “Kenapa sakit ini tidak sembuh juga…?”, “Yaaa Allah tolong aku, aku sudah tidak kuat dengan penyakit ku ini…”, “Tuhan.. Cabut saja nyawa gue jika penyakit ini nggak sembuh-sembuh juga…” Wahhhh sadis bener perkataan yang terkahir ini, masa minta di cabutin nyawanye sama Allah… Astaghfirullah…

Gaesss, kita ini memang milik Allah. Saat Allah telah menakdirkan kita untuk pergi dari duniaNya. Ya, mudah saja bagi Allah menugaskan malaikat pencabut nyawa untuk mengambil ruh kita dan membiarkan jasad kita terbujur kaku. Tapi kalau kata Allah belum waktunya kita pergi dari dunia ini, separah apapun penyakit kita. Ya kita tidak akan pergi dari dunia ini sampai Allah bener-bener menakdirkan kita untuk pergi nantinya. Bro n sist perlu di inget, hidup dan mati kita itu adalah takdir Allah, sudah di catat di lauhul mahfuz saat pertama kita baru akan hadir di dalam kandungan ibunda. Hidup, mati, rezeki, jodoh dan perkara-perkara lainnya yang terjadi pada kita itu, semuanya kita sudah buat kontrak sama Allah…(Mulai serius nih…:D) Ahaha. Kagak juga. 😛

Jadi janganlah mengeluh saat sakit apalagi sampe lo lo pade ngeluari kata yang kagak mengandung hikmah, itu malah akan menjadi doa yang buruk untuk diri kalian sendiri. Kagak bersyukur namanya tuh.

Yuhuuu. Bener sekali… Disaat kita sakit pastilah nafsu makan kita berkurang, nggak ada gairah, raut wajah nggak terbentuk lagi, gue juga sudah ngalaminya, tapi ada suatu hikmah di balik sakitnya kita. Yaitu Allah angkat dosa-dosa yang pernah kita lakukan. Allah mendatangkan 4 Malaikat untuk menjaga kita saat kita sakit. Kagak percaya??? Nih ada haditsnya.

Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila seorang hamba yang beriman menderita sakit, maka Allah memerintahkan kepada para malaikat agar menulis perbuatan yang terbaik yang dikerjakan hamba mukmin itu pada saat sehat dan pada saat waktu senangnya.” Ujaran Rasulullah SAW tsb diriwayatkan oleh Abu Imamah al Bahili.

Dalam hadist yang lain Rasulullah bersabda:

Apabila seorang hamba mukmin sakit, maka Allah mengutus 4 malaikat untuk datang padanya.

Allah Swt. memerintahkan :

Malaikat pertama untuk mengambil kekuatannya sehingga menjadi lemah.

Malaikat kedua untuk mengambil rasa lezatnya makanan dari mulutnya.

Malaikat ketiga untuk mengambil cahaya terang di wajahnya sehingga berubahlah wajah si sakit menjadi pucat pasi.

Malaikat keempat untuk mengambil semua dosanya, maka berubahlah si sakit menjadi suci dari dosa.

Tatkala Allah akan menyembuhkan hamba mukmin itu, Allah memerintahkan kepada malaikat 1, 2 dan 3 untuk mengembalikan kekuatannya, rasa lezat, dan cahaya di wajah sang hamba.

Namun untuk malaikat ke-4, Allah tidak memerintahkannya untuk mengembalikan dosa-dosanya kepada hamba mukmin tersebut.

Maka bersujudlah para malaikat itu kepada Allah seraya berkata: “Ya Allah mengapa dosa-dosa ini tidak Engkau kembalikan?”

Allah menjawab: “Tidak baik bagi kemuliaan-Ku jika Aku mengembalikan dosa-dosanya setelah Aku menyulitkan keadaan dirinya ketika sakit. Pergilah dan buanglah dosa-dosa tersebut ke dalam laut.”

Dengan ini, maka kelak si sakit itu berangkat ke alam akhirat dan keluar dari dunia dalam keadaan suci dari dosa, sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Sakit panas dalam sehari semalam, dapat menghilangkan dosa selama setahun.”

“Tiada seorang mukmin yang ditimpa oleh lelah atau pe­nyakit, atau risau fikiran atau sedih hati, sampai pun jika terkena duri, melainkan semua penderitaan itu akan di­jadikan penebus dosanya oleh Allah.” (HR Bukhari-Muslim).

“Jika sakit seorang hamba hingga tiga hari, maka keluar dari dosa-dosanya sebagaimana keadaannya ketika baru lahir dari kandungan ibunya.” (HR Ath-Thabarani).

“Penyakit panas itu menjaga tiap mu’min dari neraka, dan panas semalam cukup dapat menebus dosa setahun.“(HR Al-Qadha’i).

Nah gaesss. Sakit ini adalah sunatullah loh, ketentuan dari Allah swt. yang ditimpakan pada manusiaNya. Sudah menjadi hukum alam. Malah yang nggak pernah sakit itu yang harusnya khawatir. Karena Alllah nggak berikan bonus terhapusnya dosa-dosanya saat itu. Sedang pada orang yang sakit, Masya Allah… Allah begitu ringan untuk mengampuni dosa-dosanya yang pernah ia perbuat dan mengembalikannya pada fitrah lagi.

Jadi kagak perlu lah kita jadi pengeluh di saat sakit. Tetap sabar, ikhlas dan selalu posisikan diri untuk selalu semangat. Walau kenyataannya nggak semangat, hehe. Tapi kita paksaain tuh diri untuk jadi semangat. Karena gerak kita sesuai dengan keyakinan hati dan mindset kita gaesss. Karena hanya kitalah yang mampu mengendalikan diri kita. Bukan orang lain.

Dalam keadaan sakitpun kita harus tetap bersyukur karena datangnya sakit itu adalah bukti kasih sayang Allah pada kita. Buktinya Allah mengutus 4 malaikat untuk selalu menjaga kita dalam keadaan sakit. Iya toh? Iyalah… 😀

Penulis & Pengirim: Yeni Herlinda
Follow IG: @yeniherlinda.yh
Follow Twitter: @yeniher_

Baca Juga: Obat Sakit Pinggang Sebelah Kanan Di Apotik Dengan Resep Dokter