Hindari ! 4 Percakapan Pembunuh Semangat Berikut Ini

2715

Percakapan Sederhana Namun Berbahaya

Ucapan Yang Membinasakan Orang Lain
Lebahmaster.Com – Percakapan Sederhana Namun cukup berbahaya Bagi Kehidupan orang lain, Suatu hari saya mendapatkan pesan di WA cukup panjang karena di bagi menjadi beberapa potongan kalimat yang berbeda – beda makna namun tujuannya satu, yaitu mengingatkan kepada kita untuk tidak dengan mudahnya melontarkan ucapan yang terdengar sepele tapi ternaya sangat besar pengaruhnya bagi kehidupan orang lain.

Berikut diantara potongan kalimat – kalimat sederhana namun sangat berbahaya yang semestinya bisa menjadi bahan renungan bagi kita semua:

#1. Suatu hari saudara laki – laki bertanya saat berkunjung kerumah saudari perempuannya setelah melahirkan: “ hadiah apa yang di berikan suamimu setelah engkau melahirkan?… “ Tidak ada hadiah apa – apa”.. jawab si wanita tersebut singkat.

Saudara laki – lakinya berkata lagi : masa sih?… apa engkau tidak berharga disisi suamimu, aku sendiri sering banget ngasi hadiah ke istriku, walaupun tanpa alas an istimewa”

Stelah percakapan mereka, siang itu ketika suaminya lelah pulang dari pekerjaannya menemukan istrinya merajuk di rumah, keduanya terlibat pertengkaran, sebulan kemudian antara suami istri itupun terjadi perceraian, darimana sumber masalahnya?… dari kalimat sederhana yang di ucapkan saudara laki – lakinya tempo hari.

#2. Saat arisan berlangsung, seorang ibu bertanya : “ apakah rumahmu ini tidak terlalu sempit?”..bukankah anak – anakmu banyak ?..

Dengan pertanyaan itu : rumah yang tadinya terasa lapang sejak saat itu mulai terasa sempit oleh penghuninya, ketenanganpun hilang, keluarga ini mulai terlilit hutang karena berusaha untuk membeli rumah baru yang besar dengan cara credit ke bank.

#3. Seseorang bertanya kepada temannya : “ berapa gajimu Perbulan bekerja di kantor si fulan?…
Ia menjawab “ Cuma 1 juta rupiah”.. temannya kembali bertutur : “ Cuma 1 juta?.. sedikit sekali dia menghargai jerih payah keringatmu?…apakah segitu cukup buat memenuhi kebutuhan hidup kamu sekeluarga?…

Sejak saat itu yang di Tanya menjadi benci sama pekerjaannya, lalu ia meminta naik gaji pada atasannya..tapi sayangnya si atasan kantor menolak dan justru mem PHK dirinya, kini ia malah tidak lagi memiliki penghasilan dan menjadi pengangguran.

#4. Seseorang bertanaya kepada si kakek tua :” kek. Berapa kali anakmu mengunjungimu dalam sebulan?...” si kakek menjawab :” Sebulan sekali “..

Yang bertanya kembali menimpali “ wah keterlaluan sekali anak – anakmu ya mu kek, di usiamu yang udah senja ini seharusnya mereka lebih sering dating berkunjung”.

Mendengar penuturan penanya : hati kakek mulai menjadi sempit, padahal tadinya ia sangat ridho sekali terhadap anak – anaknya, iapun kemudian jadi sering menangis dan makin memperburuk kesehatan dan kondisi badannya, ia mulai berpikir membenci anak – anaknya “.

Sahabatku yang baik, itulah contoh dari hal sepele namun bisa menimbulkan bahaya luar biasa bagi orang lain, apalah untungnya bagi kita bertanya tentang hal – hal di atas?…

Marilah kita belajar untuk tidak terlalu mencampuri urusan kehidupan orang lain, mengecilkan dunia mereka, menanamkan timbul rasa tak rela pada apa yang telah mereka miliki, mengkirisi penghasilan dan keluarga mereka. Apa untungnya bagi kita?…bukankah sebaliknya justru malah akan menjadikan diri kita menjadi agen kerusakan di muka bumi ini dengan cara demikian. Ibarat kata “ apabila ada BOM yang meledak, mari intropeksi diri, bisa jadi itu disebabkan diri kitalah yang menyalakan sumbunya “.

Semoga sepercik Inspirasi ini bisa menjadi bahan renungan bagi kita semua, untuk hidup lebih baik dan bijak di muka bumi ini. Demikianlah tulisan mengenai percakapan sederhana yang mampu membunuh semangat dan kebahagiaan orang lain ini. Semoga menambah wawasan kita semua. Aamiin.

Baca :

ANDA PILIH KEHILANGAN MASA DEPAN ATAU MASA MUDA?