Pola Pikiran Yang Menghambat Perkembangan dan Karir Diri Sendiri

Cara Berpikir Positif
Pola pikir yang salah merupakan musuh terbesar terhadap perkembangan karir dan bisnis seseorang, itu sebabnya mereka yang bisa sukses sangat memperhatikan sekali cara mereka berpikir, entah seperti apa yang mereka lakukan dalam memogram pikiran mereka sehingga bisa berpikir dengan cara yang positif.

Para entrepreneur sukses mereka juga ada yang membangun pola pikir mereka dengan menggabungkan kemampuan anlisis mereka dengan penalaran bersama kemampuan sikap Optimisme, kreativitas dan pemecahan masalah serta keterampilan yang mereka miliki.

Lalu, apakah mereka juga pernah mengalami berpikiran negative, tentu saja tidak itulah sebabnya mereka bisa berbagi trik mengatasinya karena mereka mampu mengendalikan diri ketika pikiran negative mulai menyerang dirinya. bagaimana cara mereka mengatasi pola pikir negative tentunya dengan mengenali pola pikir yang bisa membunuh kesuksesan karir mereka berikut ini :

1. “Saya tidak bisa.”
Pola pikir yang selalu memvonis diri “Tidak bisa “ akan membutuh mental sukses seseorang sehingga pada akhirnya orang tersebut menjadi tidak mau melakukan sesuatu karena selalu berpikiran dirinya tidak bisa. Sehingga setiap kali dihadapkan dengan tantangan baru dirinya menjadi penakut dan tidak mau melakukannya karena selalu berkata kalau dirinya tidak bisa.

2. “Saya bukan ahli.”
Saya yakin pikiran seperti “ saya Bukan ahli” sering muncul dipikiran seseorang, sekarang kamu harus tahu bahwa pikiran tersebut. Perlu anda pahami bahwa pikiran yang mengatakan Bahwa “ Saya Bukan ahli” bisa menghambat kemajuan langkah sukses dan perkembangan karir anda kdepannya. Pahamilah bahwasanya mereka yang sudah mampu meraih kesuksesan saat ini tidaklah terlahir dengan membawa keahlian khusus, semua keahlian yang mereka miliki sekarang itu semua karena mereka rajin melatih diri. Keahlian bisa dibangun seiring berjalannya waktu men tidak semerta – merta bisa anda kuasai begitu saja. Ini bukan masalah ahli tapi masalah kemauan dan kecintaan anda terhadap sebuah perkerjaan yang ada dihadapan kamu.

Dalam menjalani proses menuju ahli diperlukan panjang waktu, kita tahu bahwa untuk menjadi seorang yang ahli agar bisa intens dibutuhkan waktu sekurang – kurangnya selama 2 tahun menjalani proses pelatihan. Sukai pekerjaan anda, lakukan dengan sepenuh hati dengan begitu anda bisa mengambil banyak pelajaran dan membentuk diri menjadi seorang ahli.

3. “Ini Sudah ada Yang melakukannya.”
Ini hal yang sudah sangat lumrah sekali sering kita temukan dan dapatkan dari seseorang yang kita minta untuk melakukan sesuatu, alas an yang sering keluar adalah kata “ ini sudah pernah ada, ini sudah dilakukan “. Saya juga pernah mengalami pola pikir seperti ini, namun suatu hari seorang Dosen Entrpreneur saya dikampus menyadarkan saya dari pikiran negative ini, waktu itu beliau meminta saya untuk menulis sebuah buku tentang cara membuat website, Persis apa sekali apa yang saya katakana saat itu “ sudah banyak yang nulis pak” , beliau langsung mematahkan alas an saya “ buku karya kamu belum ada “. Kata – kata ini langsung memberikan energy baru bagi saya untuk selalu mau berkarya walaupun pernah ada yang membuatnya. Karena karya dari saya dengan bahasa saya yang berbeda belum pernah ada.

Memanda dalam persaingan bisnis Ide yang baru dan cemerlang sangat di perlukan anda menjadi yang pertama, tetapi pendiri PayPal Peter Thiel memiliki pemikiran berbeda, “Lebih baik menjadi yang terakhir.” Anda lebih baik menjadi peniru dan terakhir dari pada tidak sama sekali karena terpengaruh oleh pikiran negative : sudah ada yang melakukannya”.

4. “Saya tidak tahu orang yang tepat.”
Kehebatan dan kemajuan karir atau bisnis memang tidak terlepas dari bagaimana anda menemukan banyak jaringan atau relasi dalam membangun bisnis anda. Namun, jangan bunuh karir diri anda dengan berpikir bahwa anda tidak bisa menemukan orang yang tepat untuk menjadi partner, karena ini akan mempersempit perkenalan anda dengan orang lain.

Teruslah memperluas jariangan anda, perbanyak kenalan. Karena banyaknya kenalan, banyak teman merupakan modal atau asset luar biasa bagi anda. Semakin banyak anda mendapatkan teman maka modal anda dalam membangun bisnis akan semakin besar karena dari sekian banyak orang yang anda kenal pasti aka nada yang mau berpartner dengan anda. Justru orang yang setiap harinya selalu berkurang satu persatu temannya maka dirinya mengalami kagagalan secara berlahan. Ingatlah pepatah barat mengatakan “ Money In The List” ulang berada di dalam lsit anda. Maksudnya adalah uang akan dengan mudah anda dapatkan denganbanyaknya jaringan yang anda kumpulkan.

5. “Saya perlu uang untuk menghasilkan uang.”
Mungkin anda masih berpikiran bahwa uang segalanya dalam hidup ini, tapi anda perlu tahu bahwasanya seorang pakar Investasi “ Waren Buffet “ pernah berkata “ saya tidak akan memberikan modal kepada anda apabila saya melihat anda tidak memiliki skill atau kemampuan dalam mengelola uang saya “. Kata – kata ini sangat mengandung makna yang luar biasa. Anda bisa meningkatkan skill pada bidang yang benar – benar menjadi minat dan bakat anda lalu temukan investor yang mau membantu anda dalam mendapatkan modal.

Jika anda selalu berpikir uang dan uang baru mau melakukan sesuatu maka anda akan membunuh diri, karena jika tidak ada uang anda jadi pengecut dan merasa tidak bisa berbuat apa – apa.

Jika anda ingin sukses dan berkembang karirnya maka jadikan kekurangan uang tersebut sebagai motivasi terbesar bagi diri anda untuk berkerja keras agar bisa mendapatkan bayaran yang besar dari apa yang anda lakukan.

Itulah kelima racun pembunuh karir diri anda, jika anda bisa memerangi pola pikir negative diatas maka akan mudah bagi anda untuk cepat meroket menuju puncak kesuksesan diri anda. Semoga sukses.

Baca :

Hindari 7 Hal Penyebab Kesuksesan Anda Akan Tertunda