Horee, Kedepan Tak Ada Lagi Mama Minta Pulsa

1078

Kedepan Tidak akan ada lagi SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Pelaku Modus Penipuan Mama Minta Pulsa

LebahMaster.com , SMS Penipuan mama Minta pulsa – Dalam sebuah diskusi yang digelar di Hotel Neo+ di Sentul, Jawa Barat, Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh , mengungkapkan, bahwa Single Identity Number akan jadi basis dalam penerbitan dokumen kependudukan di Indonesia. Sistem Single Identity Number ini, akan jadi basis bagi penerbitan berbagai dokumen warga negara, misalnya untuk pembuatan SIM, KTP, Akte Kelahiran, NPWP, dokumen perbankan dan lain-lain.

 

 

Tidak hanya itu, kata Zudan, data kependudukan berbasis Single Identity Number juga, akan terintegrasi dengan instansi seperti Bareskrim Polri, Imigrasi dan Pajak, bahkan operator seluler. Kata dia, ini untuk memudahkan pencatatan riwayat peristiwa yang dialami serta dilakukan warga negara. Ia contohkan, misalnya seseorang itu pernah melakukan tindak pidana, atau tak membayar pajak, maka lewat sistem Single Identity Number, semua bisa dilacak.

 

 

Atau misalnya seseorang itu, tanggal sekian pernah ditilang polisi atau dia pernah melakukan ke Suriah, ke Irak, catatan perjalanan dari imigrasi semua akan termuat dalam data kependudukan yang berbasiskan Single Identity Number,” tuturnya.

 

 

Nah, kata Zudan, kedepan juga pihaknya akan memberlakukan sistem Single Identity Number untuk pendaftaran kartu seluler yang dikeluarkan operator telekomunikasi di Indonesia. Minggu depan, kerjasama itu akan diteken bersema dengan Dirjen Postel Kominfo. Jadi nanti, kata Zudan, semua operator selalur dalam layanan kartu selulernya, wajib mendaftarkan Single Identity Number bagi para pelanggannya. Dengan begitu, kartu seluler tak disalahgunakan. Dan, bila kemudian ada penyalahgunaan, gampang melacaknya. Tinggal dilacak via Single Identity Number-nya, maka pelakunya bakal ketahuan.

 

 

Jadi kedepan tak ada lagi kejadian misalnya mamah minta pulsa. Kalau ada lagi, kita bisa cek nomornya, lalu akan keluar Single Identity Numbernya. Begitu juga kalau ada yang ancam-ancam pakai nomor tanpa identitas, tetap akan ketahuan. Jadi hati-hati nanti,” urainya.

 

Note : Kendati demikian kita tetap harus terus waspada terhadap modus penipuan sms, tidak hanya bentuk sms yang berisikan mama minta pulsa saja, karena para penipu juga akan selalu mencari celah dalam menjalankan misi penipuan mereka, entah apakah dengan cara lain dalam bentuk rangkaian kata bahasa lain. Tetaplah waspada ! jangan mudah percaya Sms yang datang bila tidak jelas asal usulnya.