HUKUM MENGGUNAKAN PASTA GIGI SAAT BERPUASA ?

1616

Hukum Menggunakan Pasta Gigi Di Saat Sedang Berpuasa

Pasta Gigi Saat Berpuasa
Hukum menggunakan Pasta Gigi Saat Berpuasa

Saat puasa ada sebagain orang yang risih dengan bau mulutnya, namun, jika orang tersebut tahu bahwasanya bau mulut yang terjadi saat ia puasa disi Allah Ta’ala Harumnya melebihi wanginya Harum Ketsuri.

Bagi anda kaum muslimin dan Muslimah yang masih bingung akan hal tersebut, apakah boleh menggunakan pasta gigi saat sedang berpuasa, berikut ini kami hadirkan isi Tanya Jawab seputar Pasta gigi.

Pertanyaan Kepada Syeikh Ibnu Utsaimin :
Apa hukumnya menggunakan pasta gigi di siang bulan Ramadhan bagi yang sedang melakukan Puasa?

Jawaban Syeikh :
Tidak apa-apa menggunakan pasta gigi bagi yang berpuasa jika tidak sampai ke lambungnya, akan tetapi lebih baik tidak menggunakannya, karena didalam pasta gigi itu mengandnung zat-zat yang kuat yang bisa sampai ke lambung tanpa dirasakan oleh penggunanya. Karena itulah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepaa al-Qaith bin Shabrah,

Dan mantapkanlah (hirupkanlah dalam-dalam) saat istinsyaq (membersihkan hidung dengan menghirup air) kecuali jika engkau sedang berpuasa.” (HR Abu Dawud, at-Tirmidzi, an-Nasa’I dan Ibnu Majah)

Maka yang lebih utama bagi yang sedang berpuasa adalah tidak menggunakannya. Masalahnya cukup fleksible, jika mau menundanya hingga saat berbuka, berarti telah menghindari hal-hal yang dikhawatirkan dapat merusak puasa.
Kitab ad-Da’wah (5), Syaikh Ibnu Utsaimin,(2/168)

Berikut Kami Juga hadirkan Tulisan Ustadz Firanda terkait bau Mulut Seseorang Saat Sedang Berpuasa.
Nabi bersabda :
Sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih baik di sisi Allah daripada harumnya kesturi

Bukanlah maksudnya untuk menganjurkan seorang yang berpuasa untuk memperbau mulutnya, atau tdk gosok gigi. Justru disunnahkan seorang yg berpuasa untuk bersiwak.

Namun maksud hadits ini adalah motovasi untuk berpuasa, karena bagaimanapun juga orang yg berpuasa pasti ada perubahan bau mulutnya karena puasanya. Dan baunya tersebut lebih baik di sisi Allah daripada minyak kesturi.
Dalam riwayat yg lain menunjukkan bahwa orang yg berpuasa pada hari kiamat kelak mulutnya akan mengeluarkan bau yang harum

Dan demi Dzat Yang jiwa Muhammad berada di tanganNya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih baik di sisi Allah pada hari kiamat daripada harumnya minyak misik”

Jadilah ia terkenal pada hari kiamat kelak., karena aroma semerbak yang keluar dari mulutnya.
Tatkala ia ikhlas berpuasa karena Allah, Maka pada hari kiamat ia harus tersohor sebagai balasan akan keikhlasannya.

Siapa yang ingin tersohor karena riya di dunia maka ia akan dipermalukan oleh Allah dengan dibongkar niat busuk riyaa nya.

Dan barang siapa yang ingin tdk tersohor di dunia karena ikhlas maka pada hari kiamat dia harus tersohorkan dengan pujian dan kebaikan, karena Allah yang akan menyohorkannya.

Source : Muslimah.or.id dan Firanda.com

Semoga Ulasan mengenai Hukum menggunakan pasta gigi saat sedang berpuasa ini memberikan manfaat dan menambah ilmu kaum muslimin dimanapun berada.

Read : BERLEBIHAN DALAM HIDANGAN BUKA PUASA, BOLEHKAH?