Ilham Habibie, Jago Bikin Pesawat Ternyata Juga Ahli IT

1901

Ilham Habibie Jago Bikin Pesawat Juga Tekhnologi Informasi

Ilham Akbar Habibie
Ilham Habibie, Jago Bikin Pesawat Ternyata Juga Ahli IT

Ilham putra mantan Presiden Republik Indonesia Bj Habibie, yang selama ini terkenal juga mahir dalam pembuatan pesawat seperti ayahnya ternyata tidak hanya memiliki kemampuan luar biasa bikin pesawat, dia juga mahir dan ahli dalam bidang tekhnologi Informasi ( IT ). Saat ini Ilham menjabat sebagai ketua TIM Peaksana di Ditiknas ( Dewan eknologi Nasional ).

Ilham dipilih sebagai pembicara pada sebuah diskusi tentang Internet Untuk pembangunan Ekonomi. Dalam acara diskusi yang bertajuk “ Expanding Internet to Support Economic Growth and Government Service Delivery” Ilham berdampingan dengan para Ahli dan master teknologi Lainnya.

Pada saat mempresentasikan program Indonesia Broadband Plan, ilham menyampaikannya dengan Bahasa Inggris yang sangat pasih sekali, ia menyebutkan ada 7 kota dan kabupaten di Indonesia yang akan berperan sebagai pilot project atau sebagai proyek percontohan pengembangan Internet di Indonesia. Beberapa kota tersebut menurut ilham adalah Meaningful broadband Initiative.

Yaitu Kota Banda Aceh, Kota Parepare‎, Kabupaten Sragen, Kota Singkawang, Kota Ambon, Kota Mataram, dan Kota Bandung,” kata Ilham di acara yang berlangsung di @America, Pacific Place, SCBD, Jakarta, Rabu (29/7/2015).

Menurut Ilham sebenarnya Di Indonesia sebenarnya sudah memiliki Infrastruktir Internet Yang memadai. Namun fiber Optik atau jaringan Pita lebar tersebut belum banyak digunakan karena harganya Masih terbilang Mahal.
Kita punya fiber ada tapi tidak digunakan karena pricing model. Di ASEAN kita cukup paling mahal. Saya tidak bisa sebutkan tapi cukup mahal. Businessman tak bisa turunkan karena mereka investasi di situ cukup besar,” jelas Ilham.

Ilham mengharapkan Internet sebagai bagian dari teknologi informasi dan komunikasi bisa diguanakan sebaik mungkin. Komisaris PT Regio Aviasi Industri yang sedang mengembangkan pesawat R80 ini juga menyebutkan bahwasanya masyarakat Indonesia merupakan pengguna atau pengakses internet yang cukup banyak jumlahnya.

‎”Yang sekarang harus dilakukan adalah membantu untuk membuat bisnis model dan menerangkan secara sentral bagaimana ICT ini bisa digunakan sebaik mungkin. Dalam hal itu, pemerintah bisa menerapkan standar yang memang akan memudahkan,” jelas Pria bernama lengkap Ilham Akbar Habibie ini.

Begitulah hebatnya putra perancang pesawat R80 yang tinggal menunggu jadwal Mengudaranya tahun mendatang, benar kata pepatah “ buah jatuh memang tidak jauh dari pohonya” . ada banyak hikmah yang bisa kita ambil dari keluarga hebat ini, sehingga kita lebih bijak dan pandai dalam mendidik generasi penerus agar lebih bermanfaat bagi banyak orang bangsa dan Agama.