Ilmuan Indonesia Kelas Dunia yang Tak Kalah Cerdas dengan Bj Habibie

1334

Yogi Ahmad Erlanggan Ilmuan Indonesia

lebahmaster.com – Saat disebutkan nama Ilmuan Indonesia sekelas Bj Habibie anda tentunya sudah sangat tahu dan langsung menganggukan kepala ketika ditanya apakah kenal beliau, sosok cerdas tingkat dunia penemu aerodinamika, termodinamika, nuklir dan lainnya. Tapi bagaimana dengan ilmuan satu ini, mungkin anda perlu browsing di internet atau paling tidak mengkerut kening terlebih dahulu saat disebutkan nama Yogi Ahmad Erlangga.

 
Itulah kenyataannya saat ini sebenarnya benih – benih ilmuan Indonesia yang cerdas nan jenius sudah sangat banyak sekali hanya saja mereka seperti kutu dalam sekam kadang keliatan , kadang terdengar namanya, kadang bahkan sama sekali tak pernah muncul sama sekali di jajaran nama orang hebat di Indonesia, tapi mereka justru menjadi orang paling dihargai dan hormati diluar negeri sana. Apa alasannya? Entahlah…

 
Saatnya bagi kita semua tahu banyak dan tau lebih tentang mereka yang juga ikut andil dalam mengharumkan dan membanggakan nama bangsa Indonesia, salah satunya ialah Beliau Yogi Ahmad Erlangga. Beliau juga termasuk salah satu ilmuan indonesia yang telah disebutkan diatas, mereka yang dikenal di negara luar tapi justru tak dikenal sama sekali di negara asalnya sendiri.

 

 

Yogi Ahmad Erlangga adalah Pria asli anak bangsa indonesia yang lahir di Tasikmalaya Jawa Barat, beliau merupakan seorang ilmuwan alumni ITB yang memecahkan persamaan Helmholtz menggunakan matematika numerik secara tepat. Metode yang ditemukan oleh Yogi Ahmad ini untuk menginterprestasi data pengukuran gelombang akustik yang bisa mempercepat pemrosesan data seismik untuk survei cadangan minyak bumi.

 

 

Penemuan beliau Tentunya bukan Sekedar Iseng belaka melainkan penelitian ini dilakukan dalam rangka riset untuk menyelesaikan pendidikan S3-nya di Belanda. Dan lebih hebatnya lagi mengetahui bahwa Yogi Ahmad melakukan riset tersebut Perusahaan Kelas dunia Shell dan SenterNovem, bersedia untuk mendanai riset pria yang berumur 41 tahun ini.

 

 

Dibalik Riset Yogi Ahmad Erlangga Ada Apa?
Mengapa perusahaan kelas dunia mau memberikan dukungan dana untuk riset Yogi Ahmad? Ada apa dibalik riset yang beliau jalani?.. Ini Yang perlu kita ketahui Bahwasanya Berkat risetnya, pemrosesan data seismik seratus kali lebih cepat dibandingkan dengan metode yang melibatkan pengukuran 2 dimensi yang telah lama digunakan sebelumnya. Dari keberhasilan riset itu Yogi juga membuat ribuan insinyur bisa bekerja lebih cepat untuk menemukan minyak bumi dengan tingkat akurasi yang tinggi.

 

 

Tidak Hanya sebatas yang disebutkan diatas, berkat temuan persamaan Helmholtz yang dipecahkan oleh Yogi juga bisa menggambarkan berbagai jenis gelombang. Selain gelombang akustik seperti dalam kasus minyak bumi, penemuannya juga bisa mengukur gelombang elektromagnetik untuk laser, penyimpanan data pada Disc Blu-ray, hingga radar penerbangan.

 

 

Betapa hebatnya Ilmuan Indonesia satu ini, dimana mereka mengembangkan ilmu dan karyanya? Siapa yang akan memetik manfaat lebih dulu dari keberhasilan beliau secara nyata? Tentunya mereka… Negara yang rela dan mau memberikan dukungan penuh untuk kelancaran riset yang beliau lakukan.. Indonesia memang dapat tapi hanya sebatas nama baik dan kebanggaan tetap hasil dari praktik mereka suguhkan di negeri tetangga… Sumber Referensi Tulisan : ITB.ac.id, phys.org

 

Baca : Perjuangan Pak Aziil Anwar, Menumbuhkan Mangrove di Lahan Kritis