Increase Knowladge : Inilah Asal Usul Bakso

1712

Menguak Asal Muasal Makanan Bakso

Asal Usul Bakso
Asal Usul Bakso

Asal usul bakso akan kita bahas kali ini semoga bisa menambah wawasan kita agar tidak Cuma bisa menikmati makanan yang banyak di gemari oleh banyak orang ini, tentunya dengan enaknya suatu makanan akan menjadi lebih enak lagi kalau kita mengetahui asal muasal makanan enak sejenis bakso ini.

Tanpa panjang lebar langsung saja kita bahas asal usul bakso berikut ini :

Pada Masa akhir Dinasti Ming di awal abad ke – 17 di Fuzhou, hidup seorang pria bernama Meng Bo yang tinggal di sebuah desa kecil disana. Meng Bo memiliki kepribadian yang sangat baik dan juga berbakti kepada kedua orang tuanya.

Karena begitu baktinya Meng Bo terhadap sang Ibu, kabar tersebutpun sampai menyebar keberbagai pelosok di ketahui oleh warga. Seiring berjalannya waktu dan ibunya semakin tua, maka tibalah masa sulit bagi sang ibu Meng Bo, dimana ibunya sudah tidak mampu lagi mengunyah daging yang sangat ia sukai. Hal ini di karenakan gigi ibunya sudah melemah karena usia tuanya.

Meng Bo Sangat tahu sekali ibunya sangat suka makan daging, sehingga ia terus berpikir bagaimana caranya agar sang ibundanya tetap bisa menikmati daging meskipun giginya sudah tidak mampu lagi untuk mengunyah daging. Hingga tibalah suatu hari, ia melihat tetangganya sedang menumbuk beras ketan untuk dijadikan kue mochi. Melihat hal itu, munculah ide dalam benak Meng Bo. ia langsung pergi ke dapur dan mengolah daging dengan cara yang digunakan tetangganya dalam membuat kue mochi. Setelah ia berhasil mengolah daging menjadi empuk, kemudian Meng Bo membentuknya menjadi bulatan-bulatan kecil sehingga ibunya dapat memakannya dengan mudah. Kemudian ia merebus adonan itu, Sehingga dari masakan adonan daging tersebut keluarlah aroma yang sangat begitu menggoda.

Setelah semua proses dari pengolahan sampai siap saji, sang Meng Bo kemudian menyuguhkan daging yang sudah empuk itu kepada Ibunya tercinta. Menikmati olahan daging meng Bo tersebut ibunya sangat merasa gembira sekali karena meskipun sudah tua namun ia tetap bisa terus menikmati daging kesukaannya tersebut.

Ternyata inti dari sekilas kisah Meng Bo inilah yang menjadi Asal Muasal bakso yang sampai sekarang bisa kita nikmati di berbagai tempat dan juga rasa. Berkat bakti sang Meng Bo yang begitu cerdas memberikan yang terbaik bagi sang ibunya tersebut dengan mengolah daging menjadi empuk dan juga disertai resepnya tersebut kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk pada saat itu dari kota Fuzhou. Sejak saat itu para penduduk berdatangan kepada Meng Bo untuk belajar cara mengolah daging menjadi empuk dan enak. Seperti yang sekarang kita kenal dengan istilah Bakso.

Jadi pada Intinya makanan enak yang sekarang kita kenal sebagai Bakso adalah berasal dari Fuzhou yang pertama kali di kembangkan oleh Meng Bo, walaupun pada masa itu namanya munkin tidak disebut sebagai bakso. Sumber: The Epoch Time Edisi 175

Baca : Cerpen : JAMBU – JanjiMu Busuk