Indonesia Ibarat Potongan Serpihan Surga

1723

Indonesia Bagaikan serpihan Surga

LebahMaster.Com – Bagi KH Jamawi Imron, Pengurus Pondok Pesantren, Subulussalam, Indonesia adalah negeri yang indah. Hal itu dikatakan kyai yang juga penyair NU itu dalam acara berbuka puasa bersama, di kantor PBNU, kemarin.

” Ada pepatah Libanon, mengatakan barang siapa, didalam dirinya tak punya rasa keindahan, dia tak bisa merasakan dan melihat wujud alam semesta itu sebagai sesuatu yang indah,” kata dia. 

Pun ketika memandang Indonesia, sebagai sebuah negeri. Maka bagi orang yang tak punya rasa keindahan, ia pun tak akan bisa melihat Indonesia sebagai sesuatu negeri yang indah. Ia pun menyitir sebuah kisah. 

Ditepi laut, ada daun nyiur yang melambai-lambai menyambut nelayan datang melaut. Buih laut menepi ke tepi pantai. Seorang syekh yaitu, Syekh Mahmud Syaltut, pernah berkomentar, komentarnya dengan hati yang penuh rasa keindahan. Katanya, Indonesia adalah serpihan potongan surga yang diturunkan ke bumi,” tuturnya.

Sebelum Syekh Mahmud Syaltut, belum ada yang mengatakan Indonesia itu indah.

Kemudian baru ada penyanyi menyanyikan, orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu jadi tanaman,” kata dia. 

Maka, kata dia, di hari kemerdekaan ini, keindahan itu harus dilengkapi dengan ahlakul karimah. Ahlak yang diperlukan untuk memakmurkan tanah air yang indah.

Jika Allah sudah memberikan tanah air yang indah, tentu kita tak boleh merusak tanah air. Kita harus tahu bagaimana merawat tanah air. Janganlah tanah yang kita pijak, tempat untuk berkelahi, memfintah dan mencari musuh. Kalau begitu maka bumi Indonesia akan stres, air akan ditumpahkan ke daratan,” urainya.