Ini Dia, 7 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Mudah

859

Tekanan Darah Tinggi

LBMC , Yogyakarta – Tekanan darah tinggi dalam dunia medis sering disebut dengan istilah “ Hipertensi” sering juga dikatakan dengan istilah Hipertensi Arteri dimana dalam kondisi ini merupakan situasi dimana tekanan darah arteri dalam keadaan tinggi. Tahukah kamu bahwa dalam keadaan tekanan darah tinggi akan menjadikan organ jantung bekerja lebih keras lagi untuk berusaha mengedarkan darah keseluruh tubuh kita melalui pembuluh darah.

 

Tekanan darah yang dikatakan normal adalah ketika darah seseorang berkisar diantara 100 – 140 mmHg dalam keadaan ia sedang beristirahat, sementara dalam keadaan Diastolik adalah berkisar antara 60 – 90 mmHg. Sementara dalam kondisi lain saat dikatakakan darah seseorang yang dikatakan tinggi adalah ketika dalam keadaan berkisar pada 140/90 mmHg lebih.

 

Oke Sahabat LBMC semua, langsung saja kita menuju Tips menurunkan tekanan darah tinggi dengan mudah dan sederhana :
1. Mulailah untuk menurunkan berat badan
Kegemukan adalah salah satu yang sering menjadi penyebab tekanan darah menjadi tinggi pada seseorang, untuk itu apabila sobat LBMC tidak mau mengalami kenaikan tekanan darah mulailah untuk menjaga keseimbangan berat badan anda.

 

2. Konsumsi makanan yang mengandung Nutrisi
Untuk mencegah kenaikan tekanan darah , sobat LBMC bisa dengan melakukan mengontrol pola makanan seperti sayuran, konsumsilah makan yang kaya akan nutria seperti mentimun, semangka, melon dan belimbing. Buah – buahan ini sangat baik dan tepat sekali untuk mengontrol tekanan darah sobat.

 

3. Melakukan Olahraga Joging di pagi Hari
Dengan rutin berolahraga seperti jogging di pagi hari akan bisa menjaga tekanan darah sobat LBMC semua, tidak perlu melakukan olahraga dalam waktu lama cukup normal 30 – 60 menit sehari akan membuat kamu sehat dan darahpun terkontrol.
4. Mengikuti Gym Fitness
Apabila sobat LBMC termasuk yang tidak suka berolahraga diluaran maka ini alternative agar anda terus bergerak dan keluar keringat, dengan melakukan fitness rutin akan bisa menjadikan tekanan darah anda bisa terkontrol dan juga bisa menghindari kegemukan.

 

5. Bersepeda santai
Melakukan kegiatan santai seperti bersepeda akan mampu mencegah penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, sobat LBMC bisa bersepda baik dipagi hari ataupun di sore hari dengan santai minimal 30 menit setiap hari, kegiatan ini juga baik untuk menjaga kesehatan jantung sobat LBMC.

 

6. Berenang
Dengan berenang akan membuat system pernapasan anda akan lebih baik, karena disaat menyelam anda akan bernapas dan menahan napas dengan cara tersendiri, kegiatan menyelam sangat baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi sobat.

 

7. Kurangi Konsumsi garam berlebihan
Garam salah satu penyebab peningkatan darah tinggi, bagi sobat LBMC yang sedang dalam kondisi tekanan darah tinggi sebaiknya anda menghindari mengkonsumsi garam, garam sangat berperan dalam peningkatan tekanan darah. Mulailah dari sekarang jangan suka mengkonsumsi garam dengan cara berlebihan.

 

Baca Juga : CARA MERAMU SIRUP ALAMI UNTUK DEMAM BERDARAH

 

Demikianlah sobat LBMC semua cara mudah untuk mengurangi tekanan darah tinggi dengan melakukan tips sederhana yang telah kami sebutkan diatas, semoga bisa bermanfaat dan sobat LBMC semua selalu dalam keadaan sehat dan bahagia.