Ini Dia, Cara Mencegah Kebakaran Rumah Dengan Mudah

1535

Cara Mencegah Kebakaran Rumah

Cara mencegah kebakaran rumah bukanlah hal yang sulit dan tidak harus keluar biaya banyak selama anda sangat perduli dengan keselamatan rumah idaman yang dimiliki, karena untuk menjaga keamanan rumah dari ancaman kebakaran bisa dimulai dari memperhatikan hal – hal kecil sejak awal sebelum musibah kebakaran itu terjadi.

Berikut ini ada beberapa hal menarik dan sederhana yang bisa ditepakan untuk mencegah kebaran rumah kita:

1. Posisikan Tabung Gas dengan baik
Tabung gas sering menjadi sebab terjadinya kebakaran, bahkan tak jarang dari kabar berita yang sering kita dengar diberbagai media pemicu kebaran paling banyak terjadi dari keteledoran dalam penggunaan tabung gas.solusinya ialah jauhkan posisi tabung gas dari kompor, karena kita tidak tau saat memasak biasa terjadi percikan api baik dari masakan saat menggoreng, isi tabung gas sangat sensitive sekali terhadap percikan api itu sebabnya sangat mudah sekali terjadi kebakaran.
Anda juga perlu tahu bahwasanya berat gas sangat kuat daripada udara, untuk itu sebaiknya anda membuat lubang ventilasi dibawah lemari tempat penyimpanan tabung gas agar ada celah mengeluarkan uapan kecil dari tabung gas.

2. Perhatiakn Peralatan Listrik dirumah
Jangan sampai ada sambungan kabel yang terisolasi tidak benar, adanya kerusakan pada saluran kabel listri dapat menimbulkan percikan api dan bahkan bisa menjadi sebab kebakaran rumah, selain itu jangan terlalu teledor saat menggunakan setrika, pemanas air dari teko, dan peralatan listrik lainnya, pastikan juga semua aliran listri baik dari lampu penerang dimatikan jika anda tidur dan berpergian keluar rumah.

3. Posisikan benda pemicu api berada jauh dari lingkungan rentan kebakaran
Benda seperti Minyak bensin, minyak tanah, korek api, tabung gas dan botol parfun serta bahan yang mudah meledak lainnya saat kondisi suhu panas, tempatkan benda – benda tersebut dengan baik dana man terlebih dari jangkauan anak kecil di rumah anda.

Selain itu, jika Anda berencana bepergian untuk waktu yang lama, sebaiknya lepaskan tabung gas dari kompor. Banyak kejadian pemilik rumah pulang setelah rumah hangus terbakar akibat kelalaian ini.

Baca Juga : Kebiasaan Baik Ini Pemicu Kebersihan Rumah idaman Anda

4. Anda perok? Waspadalah terhadap bara rokok anda
Rokok walaupun kecil namun baranya bisa menjadi pemicu kebakaran dirumah, terlebih jika rokok tersebut sejenis kretek yang tidak gampang padam dengan sendirinya, jika dibuang puntungnya disembarangan tempat bisa saja menjadi api besar yang sipa melahap rumah anda.

5. Jika memungkinkan Sebaiknya Anda menyediakan Alat Pemadam Kebakaran
Saat ini alat pemadam kebakaran sudah banyak penjualnya, jika anda punya uang lebih maka tidak ada salahnya membeli alat pemadam kebakaran demi mengantisipasi kejadian diluar dugaan, lebih baik mencegah dari pada nantinya menyesal padahal anda mampu membelinya.

Demikianlah beberapa kiat menjaga kemanan rumah kita dari ancaman kebakaran yang akan merugikan diri dan keluarga serta menghilangkan semua harta yang ada dirumah secara Cuma – Cuma, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Mengintip Pesona Citrara, Perumahan Idaman di Tangerang