Ini Dia Jutawan yang Kaya Raya Karena Gosip dan Hoax

667

Sukses menjadi Jutawan Karena Gosip dan Hoax

Mario Lavandeira Sukses Jadi Jutawan

Lebahmaster.com – Banyak yang bilang orang yang suka gosip itu adalah orang yang kurang kerjaan. Orang suka gosip dinilai ‘tukang sebar berita tak benar’. Tukang fitnah. Penyebar kabar burung dan lain-lain. Tapi, meski dipandang miring, banyak yang suka dengan acara berisi gosip. Lihat saja, acara infotainment yang mengulas gosip para selebritis, laris manis. Ratingnya selalu tinggi.

Tentu, jika rating tinggi, penontonnya pasti banyak. Dan ini menarik pengiklan. Tidak heran, bila acara gosip tak pernah mati di televisi. Gugur satu, tumbuh seribu, mungkin itu istilah yang tepat bagi tumbuh kembangnya acara-acara gosip di layar kaca.

Seiring hadirnya internet, gosip pun kian jadi gaya hidup. Berbagai situs dengan tema gosip lahir. Apalagi setelah munculnya Facebook dan Twitter. Gosip semakin tak terpisahkan dari dunia maya. Bahkan ikut mewarnainya.

Banyak yang kemudian menangguk untung dengan kegiatan bergosip ria. Bahkan, ada yang sampai kaya raya karena pandai bergosip. Salah satu yang kemudian mendadak jadi jutawan karena gosip, adalah Mario Lavandeira.

Mario lahir 23 Maret 1978 di Florida Amerika Serikat. Setelah lulus dari New York University, Mario sempat merasakan beragap profesi. Dia, sempat mencoba jadi aktor. Kemudian jadi aktivis LSM. Mario anak dari imigran Kuba itu juga pernah jadi jurnalis freelance. Dia juga sempat bekerja sebagai bartender di sebuah klub malam khusus kaum gay. Mario sendiri kelak mengakui jika dirinya juga seorang gay.

Pada 2004, Mario membuat blog bernama PageSixSixSix.com. Berbekal kemampuan menulisnya saat jadi jurnalis lepas, Mario memulai hidupnya sebagai blogger. Ternyata, tulisan-tulisan di blognya banyak disukai orang. Banyak yang membacanya. Pengunjung blognya melonjak. Tak pelak, itu kemudian mengatrol popularitas blognya.

Isi blognya itu sendiri kebanyak soal gosip-gosip para artis. Isi blog itu pula yang kemudian membuat blognya dijuluki The Insider. Meski banyak dibaca orang, tapi blognya juga banyak dibenci. Terutama oleh para artis Hollywood yang jadi sasaran gosipnya. Blognya dibenci para selebritis, karena acapkali isinya adalah hal-hal yang kontroversial.

Mario kemudian mengubah nama blognya. Nama PageSixSixSix.com, ia ganti jadi PerezHilton.com. Sejak ganti nama, blog Mario kian terkenal. Pengunjung terus meningkat. Pada Juli 2007, tercatat pengunjung blognya mencapai 8,82 juta orang. Sebuah pencapaian luar biasa untuk ukuran sebuah blog pribadi.

Walau sudah ganti nama, tapi isi blog Mario tak berubah. Ia banyak mengunggah gosip-gosip negatif tentang para artis. Jadang isinya terlalu bombastis dan banyak yang tak sesuai kenyataan. Tapi, tetap saja blognya banyak yang baca.

Salah satu isi blognya yang kontroversial adalah saat Mario menuliskan di blognya, bahwa Fidel Castro telah meninggal dunia. Saat itu, blognya satu-satunya media yang mengabarkan pemimpin Kuba itu telah meninggal. Berita meninggalnya Castro, diunggah Mario di blognya pada bulan Agustus 2007.

Ketika itu, tak ada media-media papan atas yang termakan berita Mario. Walau begitu, Mario tetap ngotot, pada waktunya nanti Departemen Pertahanan Amerika Serikat akan mengumumkan kematian Castro. Ternyata berita matinya Castro hanya berita bohong alias hoax. Sebab pada bulan September 2007, Fidel Castro justru muncul di sebuah tayangan televisi di Kuba.

Baca Juga: Ternyata Pemeran Soeharto di Film G30 S PKI Hanya Aktor Cadangan

Walau kontroversi, blog PerezHilton.com, tetap banyak diakse orang. Buktinya, pada bulan April 2009, blog Mario jadi salah satu situs yang paling banyak dibaca pengunjung internet di dunia. Blog PerezHilton.com menduduki peringkat 491 dunia dan peringkat 143 di Amerika Serikat. Peringkat itu berdasarkan statistik yang dibuat Alexa.

Karena kepopuleran blognya itu, Mario banyak diundang untuk tampil sebagai pembicara. Ia juga banyak tampil di media-media Amerika. Bahkan, pernah jadi juri pada acara kontes Miss Amerika Serikat 2009. Situs retireat21.com, kemudian memasukan Mario dalam deretan pengusaha muda terkaya di dunia. Kekayaannya menurut situs retireat21.com ditaksir mencapai 3 juta dollar Amerika. Atau jika dirupiahkan ketika itu sebanyak kurang lebih 30 milyar. Pelajaran dapat ditarik dari cerita tentang si Mario adalah janganlah menghalalkan segala cara hanya untuk meraih kepopuleran dan kekayaan. Apalagi dengan cara-cara salah, semisal menyebar berita bohong. Jadilah Jutawan yang diraih dengan cara terbaik.

Sumber :

Buku Berjudul, ” 40 Anak Muda Terkaya Dunia. ditulis oleh Oryza Aditama, terbitan Wahana Totalita Publisher.

Baca Juga: 10 Tips Wanita Sukses dalam Berkarir